Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Lambung

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Lambung

Halodoc, Jakarta – Penyakit kanker menjadi penyakit yang cukup serius dan mematikan. Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit penyebab kematian yang cukup besar khususnya di Indonesia. Banyak jenis kanker yang menyerang kesehatan kamu karena pola hidup yang kurang sehat, salah satunya adalah jenis kanker lambung.

Baca juga: 9 Gejala Kanker Lambung yang Perlu Diwaspadai

Kanker lambung terjadi ketika adanya pertumbuhan sel lambung secara abnormal dan tidak terkendali. Kanker lambung biasanya tidak menimbulkan gejala yang cukup spesifik pada awal penyakit ini menyerang kesehatan.

Biasanya, pengidap kanker lambung hanya merasakan kondisi gejala seperti penyakit maag atau penyakit lambung, seperti nyeri ulu hati atau perut kembung. Kondisi ini yang membuat pengidap kanker lambung menganggap ini hanya keluhan sakit maag sehingga penanganan dan pengobatan yang dilakukan tidak tepat.

Padahal, kanker lambung bisa diatasi jika terdeteksi lebih awal. Kanker lambung juga dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara salah satunya adalah menjalani pola hidup sehat. 

Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Kebiasaan merokok memberikan dampak buruk bagi kesehatan, seperti berkurangnya kadar oksigen dalam tubuh, melemahnya sistem imun tubuh, keracunan karbon monoksida hingga kanker lambung. Zat kimia yang terdapat dalam kandungan rokok rentan untuk meningkatkan risiko penyakit kanker pada perokok aktif.

Tidak hanya itu, menjalani pola makan yang sehat dan seimbang perlu dilakukan untuk menghindari penyakit kanker lambung. Sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi untuk menjaga kesehatan lambung. Hindari konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi dan pedas terlalu sering. 

Obesitas juga dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Sebaiknya rutin berolahraga dan menjaga berat badan menjadi lebih ideal untuk menghindari dan mencegah penyakit kanker lambung menyerang kesehatan.

Baca juga: Ini Manfaat Puasa Bagi Pengidap Kanker Lambung

Gejala Kanker Lambung

Kenali gejala yang dapat dialami oleh pengidap kanker lambung, agar kondisi ini segera ditangani dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Pada tahap awal, kanker lambung memiliki gejala yang hampir serupa dengan penyakit maag. Tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi kesehatan pada dokter jika mengalami gejala penyakit maag yang tidak kunjung reda.

Biasanya, sebagai gejala awal kanker lambung, pengidap kanker lambung merasakan gejala seperti perut kembung, nyeri pada bagian ulu hati, naiknya asam lambung, merasakan cepat kenyang ketika makan, dan mual serta muntah.

Pada stadium lanjut, gejala yang dialami lebih berat, seperti muntah darah, feses yang bercampur dengan darah, pengidap kanker lambung juga akan mengalami anemia, nafsu makan yang berkurang serta penurunan berat badan secara drastis.

Tidak hanya itu, pengidap kanker lambung stadium akhir mengalami perubahan pada perut yang menjadi buncit karena penumpukan cairan dalam perut.

Segera mengunjungi dokter dan mendapatkan diagnosis dari penyakit yang dialami. Segera kunjungi dokter gastroenterology jika kamu mengalami gangguan pencernaan dan keluhan seperti sakit maag yang berulang. Pemeriksaan lebih dini membuat penyakit dapat segera diatasi dengan tepat. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter gastroenterology di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Ini Cara-Cara Mendiagnosis Kanker Lambung