9 Gejala Kanker Lambung yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
9 Gejala Kanker Lambung yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Kanker lambung adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di lapisan perut. Usia, pola makan, dan penyakit perut dapat memengaruhi risiko kanker lambung. Gangguan pencernaan dan sensasi perut tidak nyaman atau sakit adalah sensasi awal yang biasa mengiringi kanker lambung.

Perut adalah organ berbentuk J di perut bagian atas. Ini adalah bagian dari sistem pencernaan, yang memproses nutrisi (vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, protein, dan air) dalam makanan yang dimakan dan membantu mengeluarkan bahan limbah keluar dari tubuh. 

Makanan bergerak dari tenggorokan ke perut melalui pipa berongga dan berotot yang disebut kerongkongan. Setelah meninggalkan perut, sebagian makanan yang dicerna masuk ke usus kecil dan kemudian ke usus besar.

Dinding perut terdiri dari lima lapisan jaringan. Dari lapisan terdalam ke lapisan terluar, lapisan dinding lambung adalah mukosa, submukosa, otot, subserosa (jaringan ikat), dan serosa. Kanker lambung dimulai di mukosa dan menyebar melalui lapisan luar saat tumbuh.

Baca juga: Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Akibat Tukak Lambung

Secara umum, kanker dimulai ketika kesalahan (mutasi) terjadi pada DNA sel. Mutasi menyebabkan sel tumbuh dan membelah dengan kecepatan tinggi dan terus hidup ketika sel normal akan mati. Akumulasi sel-sel kanker membentuk tumor yang dapat menyerang struktur di dekatnya. Dan sel-sel kanker dapat pecah dari tumor untuk menyebar ke seluruh tubuh.

Faktor risiko utama untuk kanker lambung adalah adalah riwayat GERD dan obesitas. Selain itu, faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker lambung yang terletak di dalam perut termasuk:

  1. Diet tinggi asin dan makanan asap

  2. Diet rendah buah dan sayuran

  3. Riwayat keluarga kanker lambung

  4. Infeksi dengan Helicobacter pylori

  5. Peradangan lambung jangka panjang

  6. Anemia pernisiosa

  7. Merokok

  8. Polip perut

Tanda dan gejala kanker lambung meliputi:

  1. Kelelahan

  2. Merasa kembung setelah makan

  3. Merasa kenyang setelah makan sedikit makanan

  4. Mulas yang parah dan konsisten

  5. Gangguan pencernaan parah yang selalu ada

  6. Mual yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan

  7. Sakit perut

  8. Muntah 

  9. Penurunan berat badan yang tidak disengaja

Baca juga: Bukan Maag, Ini Ciri Tukak Lambung

Pencegahan Kanker Lambung

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker lambung, jadi tidak ada cara spesifik untuk mencegahnya. Kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko kanker kanker lambung dengan membuat perubahan kecil pada kehidupan sehari-hari. 

  • Olahraga

Olahraga teratur dikaitkan dengan penurunan risiko kanker lambung. Cobalah untuk menyesuaikan aktivitas fisik ke dalam hari-hari hampir setiap hari dalam seminggu.

  • Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Cobalah untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan setiap hari. Pilih berbagai macam buah dan sayuran berwarna.

  • Kurangi Jumlah Makanan Asin dan Asap yang Dimakan

Kamu bisa melindungi perut dengan membatasi jumlah makanan ini.

  • Berhenti Merokok

Jika kamu merokok, berhentilah. Jika tidak merokok, jangan mulai. Merokok dapat meningkatkan risiko kanker lambung, serta banyak jenis kanker lainnya. Berhenti merokok bisa sangat sulit, jadi mintalah bantuan dokter.Tanyakan kepada dokter mengenai risiko kanker lambung. 

Kalau kamu punya masalah kesehatan, segera periksakan langsung di rumah sakit yang direkomendasikan Halodoc di sini. Penanganan tepat dapat meminimalisir risiko kesehatan jangka panjang. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store.