Ini Cara-Cara Mendiagnosis Kanker Lambung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Cara-Cara Mendiagnosis Kanker Lambung

Halodoc, Jakarta - Kanker lambung atau kanker perut adalah sebuah gangguan yang dimulai ketika sel-sel kanker terbentuk di lapisan dalam perut kamu. Sel-sel ini dapat tumbuh menjadi tumor yang biasanya tumbuh dengan lambat selama bertahun-tahun.

Kanker lambung biasanya dimulai pada sel-sel penghasil lendir yang melapisi perut. Jenis kanker ini disebut dengan adenokarsinoma. Selama beberapa dekade terakhir, tingkat kanker di bagian utama lambung telah menurun di seluruh dunia. 

Selama periode yang sama, kanker di daerah di mana bagian atas lambung bertemu dengan ujung bawah dari kerongkongan telah menjadi jauh lebih umum. Area perut ini disebut persimpangan gastroesofageal.

Jika kamu mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan dari kanker lambung, kamu dan dokter mungkin dapat menemukannya lebih awal, sehingga saat tersebut adalah momen yang paling mudah untuk diobati.

Baca juga: Ini Manfaat Puasa Bagi Pengidap Kanker Lambung

Gejala Kanker Lambung

Terdapat beberapa gejala yang terkait dengan kanker lambung. Namun, karena gejala tersebut juga terjadi dalam banyak kondisi lain yang kurang serius, kanker lambung mungkin sulit dikenali pada awalnya. Maka dari itu, banyak pengidap kanker lambung tidak terdiagnosis sampai penyakitnya sudah parah.

Gejala awal kanker lambung dapat meliputi:

  • Sensasi sangat kenyang saat makan.

  • Kesulitan menelan, dikenal sebagai disfagia.

  • Perasaan kembung setelah makan.

  • Sering bersendawa.

  • Gangguan pencernaan yang tidak hilang.

  • Sakit perut, atau sakit di tulang dada.

  • Muntah, yang mungkin mengandung darah.

Tanda-tanda dan gejala-gejala lainnya yang harus dilihat sebagai hal yang mendesak pada orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker perut, yaitu:

  • Disfagia atau kesulitan untuk menelan.

  • Gangguan pencernaan, dikombinasikan dengan penurunan berat badan yang tak terduga, muntah, atau anemia, serta kelelahan dan sesak napas.

Baca juga: Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Akibat Tukak Lambung

Diagnosis Kanker Lambung

Dokter biasanya tidak melakukan pemeriksaan rutin untuk kanker lambung. Hal tersebut dikarenakan bukan hal yang umum, jadi mendapatkan tes tambahan sering kali tidak membantu. Seseorang mungkin mendapatkan beberapa tes yang sama yang akan dilakukan jika kamu memiliki gejala dan sedang mencari diagnosis.

Untuk mengetahui apakah kamu mengidap kanker perut, dokter akan memulai dengan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan untuk melihat apakah kamu memiliki faktor risiko kanker perut atau anggota keluarga pernah mengalaminya. Setelah itu, kamu akan mendapatkan beberapa tes, termasuk:

  1. Endoskopi atau Biopsi

Biopsi adalah prosedur yang dilakukan pada bagian dalam tubuh diperiksa menggunakan endoskopi atau tabung fleksibel panjang, tipis dengan cahaya, serta  kamera video di ujungnya.

Endoskop akan diturunkan ke kerongkongan kamu dan ke dalam perut, sehingga dokter spesialis dapat mencari radang yang terjadi pada perut atau tanda-tanda kanker. Jika terdapat jaringan yang mungkin diduga kanker, sampel akan diambil untuk pengujian lebih lanjut.

  1. Pemeriksaan Barium X-ray

Pemeriksaan X-ray barium ini dilakukan dengan membuat seseorang yang akan diperiksa untuk minum cairan berkapur yang mengandung zat yang disebut barium, yang membuat perut kamu muncul di X-ray. Namun, saat ini, hal ini lebih jarang digunakan untuk mendiagnosis kanker lambung.

Organ-organ seperti perut biasanya tidak muncul pada X-ray, karena terbuat dari jaringan lunak yang tidak cukup padat untuk menghentikan sinar-X yang lewat. Namun, ketika organ-organ ini diisi dengan barium, barium dapat menghalangi sinar-X dan muncul putih pada layar sinar-X.

  1. Pemindaian Ultrasound pada Hati

Jika dokter kamu berpikir kanker perut mungkin telah menyebar ke hati kamu, maka mungkin perlu untuk melakukan USG hati. Jenis pemindaian ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar hati pada tubuh kamu.

Baca juga: Benarkah Pengidap GERD Mudah Terkena Kanker Esofagus?

Itulah beberapa cara untuk mendiagnosis kanker lambung. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!