Pola Makan Sehat untuk Mencegah Kanker Ovarium

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pola Makan Sehat untuk Mencegah Kanker Ovarium

Halodoc, Jakarta – Makanan tertentu dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker, terutama ketika dimakan sebagai bagian dari diet sehat. Diet kaya sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan (seperti, kacang atau lentil) dapat membantu memberikan tubuh berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan. 

Makan berbagai makanan sehat juga membantu mencegah penambahan berat badan dan dapat menurunkan lemak tubuh. Sejatinya kelebihan berat badan meningkatkan jumlah hormon dalam tubuh.

Dan ketika hormon-hormon ekstra itu tidak digunakan, mereka dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker, meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker rahim pada wanita. Berikut ini enam makanan yang harus kamu sertakan dalam diet sehat.

Baca juga: Beginilah Cara Mendeteksi Kanker Ovarium

  1. Kacang-Kacangan

Lentil adalah kacang kecil yang kaya serat makanan. Serat dapat mengurangi peluang terkena kanker kolorektal. Serat membantu usus memproduksi bahan kimia yang dapat menghentikan pembentukan sel tumor.

Serat juga membuat kamu kenyang lebih lama, membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Dan, itu dapat membantu menurunkan kolesterol sebagai bagian dari diet rendah lemak, serta kadar gula darah. Sumber serat besar lainnya adalah kacang, pasta gandum, gandum, dan beras merah.

Baca juga: 3 Penyebab Kanker Ovarium yang Perlu Diwaspadai

  1. Bawang Putih

Bawang putih sarat dengan mangan, vitamin B6 dan C, dan selenium. Beberapa penelitian menunjukkan nutrisi ini dapat menangkal pertumbuhan sel kanker di usus kamu. Sayuran yang pedas, baik sebagai bumbu penyedap, juga dapat membantu menurunkan risiko kanker perut, usus, dan payudara.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung, bayam dan brokoli, adalah beberapa makanan paling bergizi yang bisa kamu makan. Mereka dipenuhi dengan serat, vitamin, mineral, dan phytochemical yang mengurangi risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal. Mengonsumsi banyak sayuran hijau juga dapat membantu kamu mempertahankan berat badan tanpa lemak dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung dan diabetes.

  1. Tomat

Tomat dikemas dengan likopen, bahan kimia alami yang ditemukan pada tanaman. Zat kimia ini adalah antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko kanker payudara, paru-paru, dan lambung. Buah-buahan lain dengan likopen termasuk semangka, jeruk bali merah muda, dan sebagian besar buah-buahan dengan daging merah.

  1. Anggur

Buah manis ini berair yang mengandung antioksidan resveratrol, yang dapat menghambat pembentukan kanker payudara, hati, lambung, dan kanker sistem limfatik. Kulit anggur memiliki resveratrol paling banyak, jadi biarkan kulitnya utuh. Anggur merah dan ungu memiliki lebih banyak resveratrol daripada anggur hijau.

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Kanker Ovarium

  1. Bawang Merah

Bawang mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Ini dapat membantu melawan kanker dengan menurunkan peradangan di tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bawang merah mungkin sangat baik melindungi dari kanker hati dan usus besar.

Makanlah variasi yang sehat

Memasukkan makanan-makanan ini keseharian, bersama dengan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian lainnya, merupakan cara yang bagus untuk membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Berikut ini tips mengombinasikan pola makan:

  • Makan sayur dan buah dalam berbagai warna;

  • Pilih biji-bijian utuh;

  • Protein nabati;

  • Batasi daging merah;

  • Hindari daging olahan;

  • Batasi garam;

  • Batasi alkohol; dan

  • Hindari minuman manis dan makanan padat energi

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai pola makan sehat untuk mencegah kanker ovarium, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.