30 July 2018

Tips Meluangkan Waktu Berdua Bagi Pasangan Super Sibuk

waktu berdua bagi pasangan sibuk

Halodoc, Jakarta – Bagi pasangan suami istri, meluangkan waktu berdua adalah suatu keharusan agar hubungan tetap harmonis. Namun, bagaimana kalau kamu dan pasangan masing-masing punya jadwal yang super sibuk hingga tidak lagi mendapat banyak quality time berdua?

Banyak pasangan suami istri yang hubungannya menjadi dingin atau renggang, lantaran keduanya tidak pernah meluangkan waktu untuk bersama. Tidak heran bila akhirnya terjadi perselingkuhan bahkan perceraian. Nah, jangan sampai hal itu terjadi. Berikut beberapa trik yang bisa kamu dan pasangan lakukan agar tetap bisa punya waktu berdua di tengah jadwal pekerjaan yang super sibuk.

Baca juga: 5 Tips Agar Pernikahan Langgeng

1. Sesuaikan Jadwal Kamu dan Pasangan

Bila kamu dan pasangan sama-sama bekerja, cobalah sesuaikan jadwal kalian berdua. Carilah waktu luang yang sama di jadwal masing-masing dan manfaatkan waktu tersebut untuk mengembalikan kemesraan di antara kalian berdua. Untuk mencari waktu luang ini, kamu bisa memberitahukan jadwal masing-masing dan rencana kegiatan yang ingin dilakukan di luar jadwal  tersebut, misalnya janji makan dengan teman, perlu membetulkan laptop, dan lain sebagainya. Kamu dan pasangan juga perlu berkompromi terhadap jadwal kalian. Utamakanlah acara kamu dengan pasangan. Misalnya, bila ada kegiatan tidak terlalu penting, kamu bisa menggantinya ke hari lain, dan mengisi waktu tersebut bersama pasangan.

2. Kencan Singkat

Bila kamu dan pasangan tidak punya waktu seharian penuh untuk makan bersama, nonton film bioskop dan nongkrong di café tidak apa-apa. Kalian bisa memangkas waktu kencan kalian dan menggantinya dengan kencan singkat di tengah-tengah kesibukkan. Misalnya, sebelum berangkat kerja, saat jam makan siang kantor atau sehabis pulang kantor. Ingat, yang paling penting bukan lah kuantitas waktu melainkan kualitas waktu yang kalian miliki.  

3. Tentukan Waktu untuk Berduaan

Tentukanlah dengan pasangan berapa kali kalian harus memiliki waktu berduaan, misalnya setiap hari, seminggu tiga kali atau bila tidak memungkinkan, seminggu satu kali. Tentukan dengan detail setiap hari apa dan kapan kalian akan “berkencan” dan usahakan untuk menepatinya dengan komitmen.

Baca juga: Sebelum Tidur, Lakukan 5 Hal ini Bersama Pasangan

4. Manfaatkan Teknologi

Bila pasangan ternyata harus dinas ke luar kota selama beberapa minggu, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki waktu berduaan dengannya. Kamu bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menjaga agar hubunganmu tetap dekat dan mesra. Misalnya, dengan janjian “bertemu” melalui video call atau facetime setiap malam.

5. Kerja Bersama

Bila waktu berduaan tidak tercapai lantaran kesibukkan pekerjaan, kenapa enggak mengerjakan pekerjaan bersama saja? Duduk berhadap-hadapan di café untuk menyelesaikan pekerjaan di komputer masing-masing ternyata bisa meningkatkan kualitas hubungan kalian, lho. Walaupun kamu dan pasangan jadi tidak bisa banyak mengobrol, namun setidaknya kamu bisa memahami ritme kerja dan kebiasaan pasangan saat sedang fokus bekerja. Siapa tahu kamu jadi semakin jatuh cinta melihat pasangan yang sedang fokus bekerja.

6. Hargai Waktu Saat Sedang Bersama

Karena kalian sudah bersusah payah mengatur waktu untuk bisa berduaan, jadi jangan sia-siakan waktu yang kalian miliki bersama. Saat sedang bersama pasangan, matikan semua gadget yang kamu miliki dan fokuskan perhatian hanya pada pasangan. Kamu dan pasangan bisa membicarakan apa saja, mulai dari obrolan yang ringan, kabar kehidupan sehari-hari, sampai curhat tentang masalah yang sedang dialami.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan

Kalau kamu punya masalah seputar kehidupan seksual, bicarakan saja dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.