Rajin Minum Air Putih Bisa Cegah ISK, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Rajin Minum Air Putih Bisa Cegah ISK, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Semua orang tahu secara pasti apabila minum air putih dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh. Hal tersebut disebabkan 70 persen tubuh manusia terdiri dari air, sehingga kekurangan air dapat menyebabkan terganggunya beberapa fungsi tubuh. Per harinya, setiap orang harus mencukupi paling tidak 3 liter untuk menjaga kesehatan.

Namun, banyak orang yang bingung apakah benar dengan rajin minum air putih dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih? Umumnya, orang hanya mengetahui manfaat rajin konsumsi air putih terhadap kulit dan ginjal. Maka dari itu, untuk mengetahui cara pencegahan infeksi saluran kemih yang mudah dilakukan, berikut ulasannya!

Baca juga: Anyang-Anyangan Jadi Tanda Infeksi Saluran Kemih?

Rutin Minum Air Putih Cegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah gangguan yang menyerang sistem kemih dan lebih umum terjadi pada wanita. Kebanyakan kasus yang terjadi, penyakit ini menyerang saluran kemih bawah, yaitu kandung dan uretra. Alasan wanita lebih berisiko terhadap ISK adalah uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan oleh pria, sehingga infeksi lebih mudah terjadi.

Namun, disebutkan bahwa seseorang yang rutin minum air putih, maka risiko untuk mengidap infeksi saluran kemih juga akan menurun. Risiko untuk mengidap ISK dapat menurun setengahnya jika kebiasaan baik tersebut dilakukan. Jumlah air yang masuk ke tubuh sangat memengaruhi bagian kelamin seseorang tersebut.

Terdapat alasan tersendiri seseorang yang minum lebih banyak air putih dianggap efektif mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Hal tersebut dapat terjadi karena tempat bakteri berada dan konsentrasi bakteri yang masuk ke kandung kemih melalui Miss V akan menurun. Berarti, kesempatan bakteri untuk menempel pada sel-sel lapisan saluran kemih akan lebih sedikit.

Untuk seseorang yang telah mengidap ISK, kebiasaan mengonsumsi air putih secara rutin tersebut juga harus dibarengi dengan konsumsi antibiotik. Hal yang paling penting dilakukan adalah memastikan setiap hari tubuhmu mendapatkan asupan air sekitar 3 liter. Dengan lebih sering buang air kecil, bakteri yang ada di sekitar area tersebut akan berkurang.

Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait minum air putih yang dapat mencegah infeksi saluran kemih, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk menikmati kemudahan akses kesehatan.

Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Sampai Tuntas

Benarkah Konsumsi Jus Cranberry Juga Dapat Cegah ISK?

Ada suatu rumor yang mengatakan apabila seorang wanita yang mengonsumsi jus cranberry pada awal-awal gejala infeksi saluran kemih dapat mencegah gangguan tersebut. Faktanya, rumor tersebut ternyata tidak tepat adanya. Hal utama yang dapat dilakukan jika mengalami gejala-gejala awal ISK adalah dengan meningkatkan asupan air.

Ternyata, tingkat keasaman yang terkandung dalam buah cranberry dapat memperburuk gejala yang timbul. Buah tersebut dapat menghambat bakteri yang menempel untuk keluar dari lapisan kandung kemih. Selain itu, jus dari buah tersebut mengandung banyak gula yang tidak memberikan manfaat kesehatan pada tubuh.

Maka dari itu, hal yang harus dilakukan sebagai pencegahan dari infeksi saluran kemih selain rutin minum air putih adalah:

  • Jangan pernah menahan buang air kecil ketika sudah ingin.
  • Membiasakan diri untuk buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual.
  • Hindari penggunaan produk perawatan pada kelamin agar iritasi yang memicu infeksi dapat dicegah.

Baca juga: Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Kamu Tahu dan Waspadai

Dengan mengetahui minum air putih secara rutin dapat mencegah terjadi infeksi saluran kemih, diharapkan kamu lebih sering melakukannya. Selain mencegah gangguan pada area kelamin, kamu juga mempunyai kemungkinan besar untuk mencegah penyakit lainnya yang dapat terjadi berkat seringnya mengonsumsi air putih.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Yes, Drinking More Water Helps Prevent UTIs.
Live Science. Diakses pada 2020. Drinking More Water Really Does Ward Off UTIs.