Rajin Pakai Sunscreen Bisa Cegah Kena Melanoma

Melanoma, tahi lalat, rajin pakai sunscreen

Halodoc, Jakarta - Melanoma merupakan suatu masalah kesehatan yang dimulai dari kulit manusia dan dapat menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kondisi ini bisa saja terjadi pada seluruh area tubuh kamu. Meski begitu, wajah, tangan, kaki, dan punggung lebih sering mengalami kondisi ini daripada area tubuh lainnya. Untuk menghindari terjadinya hal ini, apakah rajin memakai sunscreen bisa cegah penyakit melanoma?

Baca juga: Ciri Orang yang Bisa Terkena Melanoma

Melanoma, Salah Satu Jenis Kanker yang Menyerang Area Kulit

Melanoma merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh dan berkembang pada melanosit, yaitu sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin sendiri berfungsi sebagai penyerap dari sinar UV dan melindungi kulit dari bahaya kerusakan. Melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan dan lebih dari satu warna. Untuk membedakan antara tahi lalat dan melanoma, kamu bisa membandingkannya dengan daftar ABCDE.

Baca juga: Sama Kanker Kulit, Ini Bedanya Melanoma dan Karsinoma Sel Basal

Gejala yang Muncul pada Pengidap Melanoma

Kanker kulit yang satu ini biasanya akan timbul dan berkembang pada area kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari, seperti area wajah, lengan, dan kaki. Bahkan, kanker ini juga dapat menyerang pada bagian tubuh yang jarang terpapar sinar matahari, seperti telapak tangan, kuku, dan telapak kaki. Agar lebih mudah membandingkan tahi lalat normal dan melanoma, berikut daftar ABCDE yang perlu kamu ketahui:

  • A atau asymmetrical, yaitu tahi lalat yang mempunyai bentuk tidak beraturan.

  • B atau irregular border, yaitu tahi lalat yang mempunyai pinggir yang tidak teratur.

  • C atau changes in color, yaitu tahi lalat yang mengalami perubahan warna atau tahi lalat yang memiliki warna yang berbeda saat baru muncul.

  • D atau diameter, yaitu pertumbuhan tahi lalat yang lebih dari 6 milimeter.

  • E atau evolving, yaitu tahi lalat yang terus mengalami perubahan, baik dari ukuran, warna, hingga bentuk.

Penampilan melanoma memang sangat bervariasi dan tidak selalu muncul seperti tahi lalat normal pada umumnya. Tahi lalat normal umumnya akan berwarna coklat atau hitam dengan bentuk pinggiran yang jelas. Bentuknya pun cenderung oval atau bulat dengan ukuran maksimal 6 milimeter.

Baca juga: Tanda Tahi Lalat Ciri Kanker Melanoma

Rajin Pakai Sunscreen Bisa Cegah Kena Melanoma, Benarkah?

Memakai sunscreen bisa jadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya melanoma. Pemakaian sunscreen ini sebaiknya dilakukan 15 menit sebelum kamu terpapar sinar matahari langsung, dan kembali dioleskan sebanyak dua jam sekali. Jangan lupa untuk memakai sunscreen dengan kandungan SPF minimal 15. Selain sunscreen, beberapa hal yang dapat kamu lakukan guna mencegah terjadinya melanoma, antara lain:

  • Gunakan pakaian yang dapat melindungi kamu dari sinar matahari, jika kamu berada diluar ruangan dalam jangka waktu yang lama.

  • Periksa kondisi tahi lalat yang menurut kamu tidak normal. Karena jika kamu didiagnosis positif mengidap melanoma, penanganan yang tepat dapat membantu proses penyembuhan dengan tepat.

  • Hindari keluar rumah pada pukul 10.00-14.00 karena matahari sedang panas-panasnya dan dapat merusak kulit.

  • Hindari hal-hal yang dapat melemahkan sistem imun, seperti seks bebas.

Untuk berjaga-jaga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa memeriksakan kulit secara teratur, atau saat menemukan perubahan yang tak biasa pada tahi lalat. Jika gejala-gejala melanoma ringan muncul, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah komplikasi yang berbahaya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Yuk,  download aplikasinya segera!