Sebelum Mulai Diet Golongan Darah, Ketahui 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Sebelum Mulai Diet Golongan Darah, Ketahui 4 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Memiliki berat badan yang ideal adalah impian dari banyak orang. Tidak hanya dapat meningkatkan rasa percaya diri, berat badan yang ideal juga membuat seseorang terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang disebabkan oleh obesitas.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, mulai dari berolahraga hingga menjalankan salah satu program diet. Banyak program diet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kesehatan kamu agar hasilnya maksimal, salah satunya adalah diet golongan darah. Sebelum kamu memulai diet golongan darah, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui. Ini ulasannya.

Baca juga: Diet Golongan Darah, Efektifkah?

Ketahui Beberapa Hal Mengenai Diet Golongan Darah

Diet golongan darah merupakan cara diet yang menyarankan orang-orang untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan jenis golongan darah yang dimiliki. Diet golongan darah dikembangkan oleh Dr. Peter D’Adamo, dokter naturopati dan penulis Eat Right 4 Your Type.

Beliau mengatakan bahwa tiap jenis golongan darah mencerna tiap jenis makanan yang berbeda-beda. Kesalahan pola makan dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh, seperti metabolisme tubuh yang melambat hingga menyebabkan munculnya penyakit tertentu. Setiap makanan yang dikonsumsi juga akan bereaksi berbeda sesuai dengan golongan darah, seperti:

1. Golongan Darah A

Menurut D’Adamo, seseorang yang memiliki golongan darah A tidak terlalu baik banyak mengonsumsi makanan yang berjenis daging, susu perah, kacang merah maupun gandum. Ada beberapa makanan yang baik dicerna oleh pemilik jenis golongan darah A, seperti buah, sayuran, seafood, padi-padian dan biji-bijian. Hal ini disebabkan karena seseorang yang berjenis golongan darah A memiliki kekebalan tubuh yang lebih sensitif dibandingkan jenis golongan darah yang lain. Tidak ada salahnya untuk konsumsi makanan seperti kedelai, sayuran dan nanas untuk membantu kamu menurunkan berat badan.

Baca juga: Diet Golongan Darah, Ini Caranya

2. Golongan Darah B

Pemilik golongan darah B tentu boleh berlega hati karena jenis golongan darah lebih mudah mengonsumsi makanan jenis apa pun, kecuali jagung, soba, gandum dan kacang-kacangan. Jika pemilik golongan darah B ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk memperbanyak jenis makanan seperti sayuran hijau, telur, hati dan teh.

3. Golongan Darah AB

Bagi pemilik golongan darah AB, sebaiknya hindari mengonsumsi beberapa  makanan, seperti daging merah, kacang merah, jagung, dan soba. Namun beberapa makanan, seperti seafood, sayuran hijau dan susu murni dapat membantu pemilik golongan darah AB lebih cepat menurunkan berat badan.

4. Golongan Darah O

Golongan darah O merupakan golongan tinggi protein sehingga pemilik golongan darah O baik mengonsumsi beberapa makanan, seperti daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan. 

Risiko Diet Golongan Darah

Namun, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan tim medis atau dokter terlebih dahulu ketika kamu berencana akan melakukan diet golongan darah. Kamu bisa kunjungi rumah sakit terdekat atau gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai risiko yang mungkin timbul dari diet golongan darah.

Baca juga: Rahasia Bentuk Tubuh Ideal dengan Diet Golongan Darah

Meskipun menarik, diet golongan darah perlu diperhatikan penerapannya dan mempertimbangkan kondisi kesehatan seseorang. Umumnya, diet golongan darah dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kesehatan optimal. Kondisi ini juga rentan membuat seseorang alami kekurangan gizi karena pembatasan nutrisi dan gizi yang masuk dalam tubuh. 

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. Does The Blood Type Diet Work for Weight Loss?
Dr Lam Coaching. Diakses pada 2019. Blood Type Diet
Healthline. Diakses pada 2019. The Blood Type Diet