5 Cara Diet Golongan Darah AB

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
diet golongan darah

Halodoc, Jakarta - Pengaturan pola makan untuk diet ternyata bisa dilakukan berdasarkan golongan darah. Dalam menjalani diet golongan darah ini terdapat beberapa jenis makanan yang dianjurkan dan dihindari. Tentunya, aturan ini akan berbeda untuk setiap golongan darah. Begitu pula untuk golongan darah AB.

Orang yang memiliki golongan darah AB dinilai memiliki asam lambung yang cenderung rendah. Maka dari itu, menu yang tepat untuk diet pemilik golongan darah AB adalah makanan laut, susu, tahu, serta sayuran berwarna hijau.

Di samping itu, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari jika kamu ingin menjalani diet golongan darah AB. Di antaranya adalah daging-dagingan, termasuk daging asap dan daging olahan, minuman berkafein, serta minuman beralkohol.

Baca juga: Rahasia Bentuk Tubuh dan Diet Golongan Darah

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan diet golongan darah, menurut teori Peter D’Adamo, adalah kandungan lektin dalam makanan. Makanan yang mengandung lektin yang tidak tepat dapat menyebabkan efek negatif saat dikonsumsi, misalnya penggumpalan sel darah merah.

Agar dapat memaksimalkan penurunan berat badan yang diinginkan, konsumsilah makanan yang disarankan berikut ini. Selain itu, sebaiknya hindari juga mengonsumsi makanan yang diproses atau karbohidrat sederhana. Jangan lupa pula untuk mengimbanginnya dengan olahraga secara teratur setiap hari.

1. Konsumsi Daging

Pemilik golongan darah AB memiliki asam lambung yang cukup untuk mencerna makanan dan melakukan metabolisme pada protein hewani. Beberapa makanan yang perlu dihindari adalah daging sapi, ayam, dan babi. Beberapa jenis daging yang baik untuk golongan darah AB adalah daging domba, kelinci, dan ayam kalkun. Begitu pula dengan ikan laut yang juga baik untuk golongan darah AB.

Golongan darah AB akan bermasalah dengan daging ayam, karena daging ini menyebabkan munculnya penyakit autoimun pada golongan darah AB. Maka dari itu, sebaiknya pemilik golongan darah AB membatasi konsumsi daging ayam.

Baca juga: Ketahui Makanan Diet Golongan Darah A untuk Tubuh Sehat dan Ideal

2. Produk Susu

Kelebihan lendir rentan dialami orang bergolongan darah AB. Itulah yang membuat mereka gampang mengalami masalah pernapasan, infeksi telinga, atau sinus. Oleh karena itu, sebaiknya orang dengan golongan darah AB mengurangi produk susu seperti butter, keju Amerika, susu murni, atau keju parmesan. Hindari pula telur bebek, es krim, dan blue cheese. Sementara itu, beberapa produk susu yang boleh dan baik dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah AB adalah susu kambing, keju dari susu kambing, dan yoghurt.

3. Kacang dan Biji-Bijian

Golongan darah AB sebaiknya menghindari beberapa jenis kacang dan biji-bijian seperti hazelnut, biji labu, biji bunga matahari, dan wijen. Beberapa jenis kacang dan biji-bijian seperti walnut, kacang tanah, lentil, dan kedelai baik untuk dikonsumsi oleh pemilik golongan darah AB.

4. Buah-Buahan

Hampir semua jenis buah-buahan baik untuk golongan darah AB. Namun, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari. Buah-buahan yang harus dihindari pemilik golongan darah AB adalah mangga, pisang, alpukat, kelapa, belimbing, jeruk, dan jambu. Sebaiknya pemilik golongan darah AB benar-benar menghindari buah jeruk, karena dapat mengiritasi lambung. Sedangkan, buah yang baik dikonsumsi adalah ceri, anggur, kiwi, lemon, nanas, semangka, plum, cranberry, dan grapefruit. Grapefruit sebaiknya banyak dikonsumsi, karena mengandung alkali yang baik bagi kesehatan pencernaan.

Baca juga: Penyakit yang Sering Menyerang Menurut Golongan Darah

5. Sayuran

Pemilik golongan darah AB boleh mengonsumsi semua jenis sayuran. Hanya sedikit sayuran yang sebaiknya dihindari, yaitu jagung, jamur, paprika, acar, dan lobak. Sayur-sayuran yang harus dihindari ini biasanya meningkatkan asam pada lambung.

Itulah beberapa cara diet golongan darah AB yang perlu kamu ketahui. Dengan mengonsumsi makanan di atas, tubuh akan lebih sehat dan berat badan pun akan terjaga dengan baik. Namun perlu diingat, kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. Maka itu, sebelum melakukan diet ada baiknya kamu berdiskusi dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Ayo, download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!