• Home
  • /
  • Rahasia Bentuk Tubuh Ideal dengan Diet Golongan Darah

Rahasia Bentuk Tubuh Ideal dengan Diet Golongan Darah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Rahasia Bentuk Tubuh Ideal dengan Diet Golongan Darah

Halodoc, Jakarta - Berbagai macam metode diet dikembangkan guna membantu orang-orang yang ingin memiliki berat badan ideal, salah satunya adalah diet golongan darah. Diet jenis ini dikembangkan dengan cara memadukan pola makan dengan tipe golongan darah. Setiap golongan darah akan mencerna kandungan lektin secara berbeda.

Baca juga: Diet Golongan Darah, Ini Caranya

Jika kandungan lektin pada makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan golongan darah, maka berbagai masalah pencernaan bisa saja muncul. Beberapa masalah tersebut, meliputi perut kembung, melambatnya metabolisme tubuh, peradangan, bahkan kanker. Karena hal tersebut, diet golongan darah dikembangkan. Jadi, masing-masing golongan darah tahu apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dalam pola dietnya.

Pola Makan Diet Golongan Darah

Seperti metode diet lainnya, diet golongan darah akan membagi makanan ke dalam tiga kategori, yaitu makanan bermanfaat, netral, dan harus dihindari. Makanan bermanfaat merupakan makanan yang dianggap baik bagi kesehatan tubuh. Makanan netral merupakan makanan dikonsumsi sebagai asupan untuk tubuh. Sedangkan makanan yang harus dihindari merupakan makanan yang dianggap sebagai racun. Berikut pola makan yang baik bagi pelaku diet golongan darah:

  • Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah O memiliki saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang baik. Mereka juga memiliki daya tahan tubuh alami yang kuat untuk melawan infeksi. Bagi mereka yang bergolongan darah O, asupan makanan yang disarankan adalah daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, susu, keju, yoghurt, dan makanan dengan kandungan protein tinggi lainnya.

Mereka juga disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan selama diet. Sayuran yang cocok untuk dikonsumsi golongan darah O adalah daun seledri, kembang kol, dan jagung. Sedangkan jenis buah-buahan yang cocok dikonsumsi adalah pisang, kelapa, alpukat dan stroberi.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

  • Golongan Darah B

Diet untuk golongan darah B dilakukan untuk mengembalikan fungsi kekebalan tubuh secara alami, melancarkan metabolisme tubuh, serta untuk membersihkan darah dari kandungan lektin. Bagi mereka dengan golongan darah B, makanan bermanfaat yang baik dikonsumsi, yaitu gandum atau olahan gandum, snack beras, ikan, dan daging kambing.

Sedangkan makanan netral yang bisa dikonsumsi golongan darah B adalah sayuran hijau, telur, daging, dan produk olahan susu rendah lemak. Jenis sayuran hijau yang cocok dikonsumsi golongan darah B adalah brokoli, buncis, sawi, dan labu. Sedangkan jenis buah-buahan yang cocok dikonsumsi golongan darah B saat diet adalah melon, kurma, pir, dan jambu biji.

  • Golongan Darah A

Diet untuk golongan darah A ditujukan untuk menghindari stres, agar berat badan dapat lebih cepat turun. Mereka dengan golongan darah A disarankan untuk tidak mengonsumsi daging sama sekali. Tidak perlu khawatir, karena asupan kalori bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi roti gandum.

Selain itu, metabolisme golongan darah A cukup rendah, maka mereka perlu mengonsumsi makanan, seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, telur, sayur-sayuran, buah, dan biji-bijian. Jenis sayuran yang cocok untuk diet golongan darah A, yaitu sayur bayam, buncis, dan wortel. Sedangkan buah-buahan yang cocok untuk diet golongan darah A adalah stroberi, kiwi, kurma, dan buah delima.

  • Golongan Darah AB

Golongan darah AB merupakan golongan darah yang mudah beradaptasi dengan berbagai jenis makanan. Meski begitu, mereka juga perlu menghindari berbagai makanan dengan kandungan lektin. Makanan yang sesuai untuk diet golongan darah AB adalah ikan tuna, ikan sarden, tahu, produk olahan susu, kacang tanah, kacang hijau, serta sayuran hijau, seperti brokoli, daun seledri.

Baca juga: Turun Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Lakukan Hal Ini

Jangan sembarangan memilih diet, karena akan berujung pada kesehatan tubuhmu. Untuk mengetahuinya secara pasti, diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Perlu kamu ketahui, sampai sejauh ini belum ada penelitian ilmiah apakah diet golongan darah ampuh dilakukan. Pasalnya, sebagian ahli gizi tidak merekomendasikan untuk membatasi kategori makanan pada masing-masing golongan darah. Jadi, ada baiknya kamu bijak sebelum melakukan diet, ya!

 

Referensi:

Health.harvard.edu. Diakses pada 2020. Diet not working? Maybe it’s not your type

WebMD. Diakses pada 2020. The Blood Type Diet.

The Healthy. Diakses pada 2020. The Perfect Diet for Your Body Type.