Selain Mengatasi Osteoarthritis, Ini 7 Manfaat Lain Temulawak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
selain-mengatasi-osteoarthritis-ini-7-manfaat-lain-temulawak-halodoc

Halodoc, Jakarta – Temulawak sudah digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Tionghoa sejak lama. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah curcuma xanthorrhiza memang berkhasiat dalam membantu mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah osteoarthritis, yaitu penyakit sendi degeneratif yang ditandai dengan gejala nyeri sendi. 

Temulawak sangat bermanfaat bagi pengidap osteoarthritis, karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Tanaman berwarna kuning muda ini sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu di India untuk mengobati dan mencegah peradangan, seperti arthritis. 

Menurut studi dalam Journal of Alternative dan Complimentary Medicine tahun 2009, pengidap radang sendi lutut yang mengonsumsi ekstrak temulawak selama 6 minggu, ditemukan memiliki kondisi sendi yang lebih baik. Hal ini berkat kandungan ibuprofen dalam temulawak yang bisa membantu meredakan rasa sakit, tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan.

Namun, selain untuk mengobati osteoarthritis, temulawak juga masih punya banyak manfaat kesehatan lainnya, lho. Ini manfaat temulawak yang perlu kamu ketahui.

1. Mengatasi Masalah pada Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama adalah merangsang kinerja empedu untuk membantu memperlancar sistem pencernaan dan  meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Enggak hanya, itu, menurut para ahli temulawak juga berkhasiat dalam mengatasi sejumlah masalah pencernaan, seperti gangguan pencernaan, perut kembung, serta gas dan dispepsia.

2. Mencegah dan Mengobati Kanker

Walaupun masih sedikit penelitian yang membahas tentang manfaat temulawak yang satu ini, tapi beberapa ahli percaya temulawak baik untuk dikonsumsi pengidap kanker. Temulawak bisa membantu mengobati kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

Manfaat temulawak untuk kanker juga didukung oleh sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2001, yang mengungkapkan bahwa temulawak mampu menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center, menjelaskan bahwa temulawak bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker berkat zat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Kunyit Bisa Atasi Kanker, Begini Hasil Risetnya

3. Menjaga Kesehatan Hati

Dilansir dari Scientific Research Journal, ekstrak temulawak terbukti bermanfaat dalam melindungi hati dari hepatotoksik, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen. Hepatotoksik adalah zat kimia yang menyebabkan dampak buruk pada hati. Dengan kata lain, temulawak merupakan bahan alami yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan hati.

Baca juga: Konsumsi 8 Makanan Ini Demi Kesehatan Hati

4. Obat Antiradang

Temulawak memiliki kandungan senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Berkat kandungan antiradang inilah, temulawak bisa membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh, seperti radang sendi.

5. Obat Antibakteri dan Antijamur

Temulawak juga mengandung berbagai macam senyawa antibakteri dan antijamur. Kandungan antibakteri dalam temulawak cukup efektif untuk melawan bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella yang menjadi penyebab tifus. Sedangkan senyawa, antijamurnya cukup ampuh melawan jamur dari golongan dermatofita.

6. Obat Jerawat

Buat kamu yang sedang jerawatan, enggak usah stres, konsumsi saja temulawak. Hal ini karena temulawak memiliki kandungan yang bersifat astringent yang bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya. Selain itu, kandungan antiseptik yang dimilikinya juga bisa membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, jerawat yang membandel akan berangsur membaik dan sembuh.

Baca juga: 3 Pengobatan Alami Atasi Jerawat

7. Obat Antidiuretik

Manfaat temulawak lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah sebagai obat antidiuretik alami. Diuretik merupakan zat yang membantu membersihkan tubuh dari garam dan air, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Zat ini memicu ginjal untuk membuang lebih banyak natrium melalui urine. Kandungan diuretik dalam temulawak ini juga akan mengambil kelebihan cairan dari dalam pembuluh darah. 

Diuretik bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengobati masalah kesehatan, seperti gagal jantung, gagal hati, pembengkakan edema, dan masalah pada ginjal.

Nah, itulah 7 manfaat temulawak lainnya yang perlu kamu tahu. Jadi, yuk mulai konsumsi temulawak secara rutin. Kamu juga bisa membeli ekstrak temulawak di Halodoc, lho. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.