Selain Menggunakan Kondom, Ini Cara Mencegah Herpes Genital

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Selain Menggunakan Kondom, Ini Cara Mencegah Herpes Genital

Halodoc, Jakarta - Herpes genital adalah sebuah infeksi kulit dan lapisan tipis lembap pada banyak bagian tubuh seperti hidung, mulut, tenggorokan, dan alat kelamin. Kondisi ini juga bisa menyerang daerah di sekitar alat kelamin atau disebut selaput lendir di daerah genital. Gangguan ini disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 1 atau 2.

Dua gangguan dari virus tersebut dapat menginfeksi mulut yang menyebabkan luka dingin atau daerah genital yang menyebabkan herpes genital. Pada orang yang berusia di bawah 25 tahun, virus herpes simplex tipe 1 lebih umum menyebabkan herpes genital. Sedangkan pada orang berusia 25 tahun ke atas, herpes genital paling sering disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 2.

Penyebaran Herpes Genital

Virus herpes simplex biasanya menyebar melalui kontak dengan kulit yang melepuh. Namun, orang dengan herpes genital dapat menyebarkan virus dari area genital dan menginfeksi orang lain bahkan tanpa ada lepuh. Luka dingin di mulut merupakan sumber infeksi genital yang potensial selama kontak mulut ke kelamin atau hubungan intim oral.

Infeksi bayi dapat terjadi selama persalinan saat melalui Miss V jika ibu mengidap herpes genital, terutama jika itu adalah serangan pertama. Bayi yang terinfeksi dengan cara ini bisa menjadi sakit parah. Dokter kandungan dan bidan harus diberi tahu tentang infeksi herpes genital sebelumnya, sehingga risiko komplikasi ini dapat diminimalisir.

Baca Juga : Herpes Genital, Infeksi Menular Seksual yang Perlu Diwaspadai

Gejala Herpes Genital

Ketika seseorang terinfeksi dengan virus herpes, itu mungkin terjadi tanpa disadari pengidapnya atau disebut dengan infeksi subklinis. Karena itu, banyak orang dengan herpes genital yang tidak sadar apabila telah terinfeksi.

Gejala yang dapat timbul termasuk lepuh kecil yang menyakitkan dan pecah untuk membentuk luka atau bisul. Luka tersebut akan sembuh setelah 1 hingga 2 minggu. Serangan pertama mungkin sangat parah yang menyebabkan banyak lepuh.

Pada episode pertama, gejala seperti flu dapat terjadi, seperti merasa tidak enak badan, demam, sakit kepala, atau sakit di punggung dan kaki. Selain itu, memiliki infeksi menular seksual, seperti herpes genital, dapat meningkatkan risiko terkena infeksi HIV.

Baca Juga : Herpes Genital, Pengaruhi Kesuburan atau Tidak?

Pencegahan Herpes Genital

Herpes genital menyebar dari kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang mengidapnya, termasuk hubungan intim vaginal, anal, dan oral. Jadi cara terbaik untuk menghindari herpes dan penyakit menular seksual lainnya adalah dengan tidak melakukan kontak dengan mulut atau alat kelamin orang lain. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya gangguan tersebut adalah dengan menggunakan kondom ketika berhubungan intim.

Berikut adalah beberapa cara lainnya untuk mencegah hal tersebut:

  1. Hindari Berhubungan Intim dengan Pengidap Herpes Genital. Sebelum melakukan hubungan intim, cobalah untuk menanyakan pasangan kamu apakah ia pernah memiliki penyakit menular seksual. Kebanyakan orang yang memiliki herpes genital tidak tahu apabila terinfeksi. Jadi, tanyakan apakah orang tersebut pernah mengidap penyakit menular seksual lainnya. Orang dengan riwayat PMS lebih cenderung memiliki herpes genital.

Hal ini mungkin akan terasa aneh, tetapi penting untuk saling jujur antara satu sama lain. Pasangan kamu mungkin takut untuk mengatakan yang sebenarnya karena akan mendapat reaksi negatif. Jika pasangan kamu telah merasa nyaman berbicara tentang apapun, kamu akan mendapatkan jawaban secara langsung.

  1. Hindari berhubungan intim dengan seseorang yang memiliki luka atau lecet di bagian-bagian seperti Miss V, mulut, atau anus. Walau begitu, selalu ingat bahwa infeksi dapat menyebar meski tidak ada lecet yang jelas. Kamu dapat menggunakan kondom untuk menghindari hal tersebut.
  2. Melakukan pemeriksaan terkait penyakit yang dapat terjadi pada kelamin, terutama herpes genital.

Baca Juga : 3 Cara Atasi Masalah Herpes Genital

Itulah beberapa cara untuk mencegah terjadinya herpes genital pada seseorang. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!