05 February 2018

Sendawa Terus? Mungkin Ini Penyebabnya

Sendawa Terus? Mungkin Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Sendawa setelah makan, normalkah? Jawabannya ya. Sendawa merupakan salah satu cara tubuh mengeluarkan gas secara alami. Secara umum, kondisi ini tentu saja baik untuk kesehatan. Jika tidak dikeluarkan, maka gas di dalam perut justru dapat menyebabkan kembung dan sakit perut.

Namuni, kenapa bisa muncul gas di dalam perut? Hal ini bisa disebabkan karena kamu menelan udara saat makan atau minum, yang disebut dengan aerophagia. Ketika kamu menelan udara saat makan, gas yang terkandung dalam udara tersebut (seperti nitrogen dan oksigen) akan didorong kembali ke atas perut menuju kerongkongan dan keluar dari mulut dalam bentuk sendawa. Umumnya, udara dapat masuk ke tubuh jika kamu berbicara sambil makan, makan terlalu cepat, atau mengonsumsi minuman bersoda.

Lalu, apakah sendawa terus-menerus juga normal? Berbeda dengan sendawa setelah makan atau minum, sendawa terus-menerus bisa menjadi gejala suatu penyakit. Simak beberapa kondisi penyebab sendawa terus-menerus di bawah ini, yuk!

1. Maag

Maag atau radang lambung umumnya terjadi karena peningkatakan jumlah asam lambung di perut, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti sakit, mulas, dan perih. Kondisi ini juga bisa memicu terjadinya sendawa terus-menerus, bahkan disertai mual dan muntah.

2. Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD)

Maag dan GERD adalah dua hal yang berbeda. Jika maag adalah naiknya asam lambung, maka GERD adalah aliran balik asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan luka di kerongkongan, yang dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kanker kerongkongan. Selain menyebabkan sakit dada, mengi, nyeri ulu hati, mulut teras asam dan pahit, kesulitan menelan, bau napas tidak sedap, GERD juga dapat ditandai dengan kembung dan sendawa terus-menerus.

3. Kanker Lambung

Kanker lambung adalah sejenis kanker yang menggerogoti lambung pada bagian rongga perut, khususnya pada daerah sistem pencernaan. Umumnya, gejala kanker lambung ditandai dengan perut kembung dan sendawa terus-menerus. Hal ini dikarenakan lambung mengalami penumpukan gas yang coba dikeluarkan melalui sendawa.

4. Hernia Hiatus

Hernia hiatus terjadi ketika sebagian lambung terdorong naik ke diafragma. Kondisi ini membuat lambung mencuat ke luar melalui lubang hiatus hingga mencapai diafragma, bahkan sampai ke rongga dada. Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa panas dalam perut, sakit di dada, kesulitan menelan, dan sendawa terus-menerus.

5. Penyebab Lain

Penyebab lain yang dapat membuat kamu sendawa terus menerus adalah mengonsumsi makanan asam, minuman bersoda, cokelat atau sayuran tertentu seperti bawang merah, kecambah, dan kacang. Konsumsi obat tertentu juga dapat menyebabkan efek samping berupa sendawa terus-menerus, seperti obat diabetes, obat pencahar, dan obat penghilang nyeri.

Meskipun terlihat sepele, kamu enggak boleh anggap remeh sendawa. Kalau kamu mengalami sendawa terus-menerus dan ditandai munculnya gejala lain, kamu bisa bicara ke dokter di Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat.

Selain bicara ke dokter, kamu juga bisa cek kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.