• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Mimisan, Apakah Berbahaya?

Sering Mimisan, Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Ketika kamu mengalami mimisan, sangat mungkin untuk merasa khawatir. Meskipun mimisan bukan hal yang berbahaya, namun jangan sepelekan mimisan yang terjadi cukup sering dengan waktu perdarahan yang cukup lama. Mimisan terjadi ketika ada perdarahan pada hidung, baik dari salah satu lubang maupun keduanya.

Baca juga: Mimisan Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan seseorang alami mimisan, seperti cedera pada hidung, membuang ingus terlalu kencang, dan mengalami alergi. Namun, mimisan yang terjadi cukup sering dapat menjadi gejala adanya gangguan kesehatan. Jangan abaikan kondisi tersebut dan sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Sering Mimisan Tanda Berbahaya?

Tentunya hampir semua orang pernah mengalami mimisan. Namun, ada beberapa golongan yang lebih rentan mengalami kondisi ini, seperti lansia, wanita hamil, pengidap kelainan darah, dan anak-anak dalam rentang usia 3-10 tahun. Mimisan dapat terjadi pada salah satu lubang hidung maupun kedua lubang hidung.

Umumnya, mimisan dapat diatasi secara mandiri di rumah dengan beberapa cara, seperti duduk dengan posisi tegak, bernapas melalui hidung dengan sementara, dan mengompres pangkal hidung dengan air dingin. Mimisan yang tidak terlalu parah biasanya akan reda dengan tindakan penanganan seperti ini. 

Namun, mimisan menjadi kondisi yang cukup berbahaya jika terlalu sering terjadi. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang menandakan mimisan yang kamu alami cukup berbahaya. Melansir Web MD, segera kunjungi rumah sakit terdekat ketika mimisan setelah alami cedera pada bagian hidung, mengalami perdarahan yang cukup banyak, memengaruhi pernapasan, dan terjadi lebih dari 20 menit meskipun kamu sudah melakukan penanganan awal dengan penekanan pada pangkal hidung.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Penyebab Mimisan pada Anak

Tidak hanya pada orang dewasa, mimisan juga dapat terjadi pada anak-anak. Melansir Mayo Clinic, mimisan yang sering terjadi pada anak dibawah usia 2 tahun menjadi kondisi berbahaya dan memerlukan penanganan secara medis. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc sebagai penanganan awal mimisan pada bayi maupun anak-anak.

Itulah beberapa tanda mimisan yang cukup berbahaya dan perlu kamu ketahui. Penanganan lebih cepat membantu kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan lainnya yang lebih buruk.

Mimisan Sebagai Tanda Penyakit Lain

Ada berbagai pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan penyebab mimisan, seperti tes darah, tes pencitraan, dan juga endoskopi hidung. Pemeriksaan ini dapat memastikan penyebab seseorang mengalami mimisan. Ada beberapa gangguan kesehatan yang ditandai dengan mimisan, seperti:

1. Hemofilia

Hemofilia menunjukkan adanya kelainan pada sistem pembekuan darah. Biasanya pengidap hemofilia mengalami pendarahan pada bagian-bagian tubuh tertentu termasuk dari hidung.

2. Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu penyakit yang menimbulkan gejala mimisan karena ketika tekanan darah pengidap hipertensi tidak terkontrol maka akan menyebabkan salah satu pembuluh darah pada nasofaring akan pecah dan menyebabkan mimisan. Sebaiknya lakukan pola makan sehat dan pola hidup sehat agar tekanan darah kamu selalu terkontrol sehingga terhindar dari gejala mimisan.

3. Leukimia

Leukimia adalah jenis kanker yang menyerang sel darah dan termasuk kedalam salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan perlu ditangani secara serius. Salah satu gejala yang muncul dari penyakit ini adalah mimisan.

Baca juga: Mengapa Mimisan Dapat Terjadi Ketika Tubuh Kelelahan?

Itulah beberapa penyakit yang ditandai dengan seringnya mengalami mimisan. Tidak ada salahnya melakukan langkah pencegahan untuk menghindari mimisan, dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, menjaga kelembapan ruangan, dan hindari paparan asap rokok.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Nosebleeds
Web MD. Diakses pada 2020. When Should I Call The Doctor About Nosebleeds
Very Well Health. Diakses pada 2020. When In a Bloody Nose an Emergency?