Tangkal Hoax, Kenali 5 Fakta Penyakit Kanker Darah Leukemia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tangkal Hoax, Kenali 5 Fakta Penyakit Kanker Darah Leukemia

Halodoc, Jakarta – Kanker darah atau yang dikenal dengan leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel darah yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Sel darah putih dalam tubuh diproduksi dalam sumsum tulang belakang.

Baca juga: Kenali Leukimia, Jenis Kanker yang Diidap oleh Anak Denada

Pada kondisi normal, sel darah putih berkembang secara teratur ketika tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Ada beberapa gejala yang muncul ketika seseorang mengalami penyakit leukemia, seperti rasa lemas atau kelelahan yang berkelanjutan, kondisi demam yang disertai dengan menggigil, sakit kepala hingga muntah, produksi keringat yang berlebihan khususnya pada malam hari, nyeri pada bagian tulang serta sendi dan penurunan berat badan yang diakibatkan oleh hilangnya nafsu makan.

Biasanya pengidap leukemia juga mengalami perdarahan seperti mimisan atau memar pada bagian kulit meskipun pengidap leukemia tidak mengalami benturan. Tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan tubuh kamu jika merasakan beberapa gejala yang ada di atas.

Baca juga: Terapi Imun untuk Pengidap Kanker, Efektif atau Tidak?

Ketahui lebih banyak mengenai fakta penyakit leukemia, yaitu sebagai berikut:

1. Penyebab dasar kanker darah sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun adanya mutasi DNA menyebabkan perubahan tindakan setiap sel. Namun tidak ada salahnya mengetahui faktor yang dapat meningkatkan seseorang rentan mengalami kanker darah, seperti anak-anak yang mengalami penyakit down syndrome nyatanya lebih rentan mengalami kondisi kanker darah. Tidak hanya itu, seseorang yang pernah menjalani kemoterapi lebih rentan mengalami penyakit kanker darah.

2. Merokok dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami penyakit kanker darah. Lama kebiasaan merokok juga memengaruhi kondisi kanker yang dialami. Tidak hanya kanker darah, ada beberapa jenis kanker lain yang dapat dialami oleh perokok aktif seperti kanker paru-paru, kanker mulut, dan kanker hati. Jadi, tidak ada salahnya mulai sekarang ganti gaya hidup menjadi lebih sehat, hindari kebiasaan merokok, dan jangan lupa untuk rajin melakukan olahraga serta mengonsumsi makanan sehat.

3. Penyakit kanker darah tidak serupa dengan jenis kanker lainnya. Pada jenis kanker yang lain, kondisi stadium yang digunakan untuk menunjukan kondisi penyakit pada pasien, sedangkan penyakit kanker darah tidak mengenal kondisi stadium. Alasannya karena leukimia adalah penyakit sumsum tulang belakang maka diagnosis penyakit ini dilakukan dengan melihat faktor lain seperti jumlah sel darah, pembesaran limpa, umur, dan gender pasien.

4. Kanker darah dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Namun, penyakit kanker darah lebih sering menyerang anak-anak dan orangtua.

5. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan oleh pengidap kanker darah, seperti kemoterapi, radioterapi dan transplantasi sel induk. Kanker darah bisa diobati dengan beberapa terapi seperti terapi terfokus yang digunakan menyerang bagian rentan dalam sel kanker dan terapi biologis untuk membantu kekebalan tubuh yang menyerang sel kanker.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Anak Mengidap Leukimia, Seberapa Besar Peluang untuk Sembuh?