Si Kecil Ikut Puasa, Siapkan 5 Menu Sahur Sehat Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Si Kecil Ikut Puasa, Siapkan 5 Menu Sahur Sehat Ini

Halodoc, Jakarta – Meski cukup sulit, mengajarkan Si Kecil untuk menjalankan puasa menjadi tugas wajib orang tua. Orang tua perlu melatih Si Kecil untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas barunya, yaitu bangun untuk sahur. Membangunkan Si Kecil untuk sahur menjadi tantangan tersendiri untuk orang tua. Sebab, aktivitas sahur akan mengganggu jam tidur normal Si Kecil.

Salah satu usaha yang bisa ibu lakukan untuk membangunkannya adalah dengan memasak makanan kesukaan Si Kecil. Dengan demikian, Si Kecil mungkin akan lebih bersemangat untuk bangun dan tidak melewatkan waktu sahur.  Nah, berikut beberapa inspirasi menu sahur sehat yang bisa ibu tawarkan kepada Si Kecil agar ia bersemangat untuk menjalankan puasa.

Baca Juga: Kapan Si Kecil Boleh Puasa?

1. Sandwich Isi Ayam dan Sayur

Sandwich atau roti isi mungkin terdengar sangat sederhana untuk porsi makan sahur. Meski sederhana, roti isi ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga bisa memberikan energi yang cukup besar untuk Si Kecil.

Selain itu, sandwich sangat mudah dibuat dan praktis saat dimakan. Menu sandwich isi ayam dan sayur terdiri atas roti gandum yang diisi irisan tomat, selada, bawang bombay, mentimun, dan ayam panggang.

2. Ayam Panggang Oven

Seperti daging merah, ayam juga merupakan sumber seng yang dibutuhkan anak-anak untuk membantu pertumbuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan untuk membuat menu ini cukup mudah. Lumuri potongan daging ayam dengan air jeruk nipis, garam dan kecap. Kemudian, masak ayam yang telah dilumuri dengan air santan, kecap, saus tomat, dan daun jeruk.

Setelah matang, letakan ayam ke dalam loyang yang telah diberi alas alumunium foil, lalu olesi ayam dengan margarin. Setelah itu, oven ayam selama 40 menit. Ayam panggang oven yang bergizi siap dihidangkan untuk Si Kecil.

3. Sup Mie Ayam

Sup mie ayam mengandung tinggi sodium, tinggi protein, dan tinggi kalori. Pertama, didihkan air dalam panci sup. Sembari menunggu air mendidih, panaskan minyak dengan api sedang untuk menumis ayam sampai matang. Setelah air mendidih masukkan ayam, wortel, bawang putih, kubis, dan jahe.

Setelah dimasak sampai 2 menit, tambahkan mie instan bersama dengan 2 bumbu instannya. Setelah mie dimasukan, jangan masak terlalu lama agar mie tidak kematangan. Sajikan menu ini kepada Si Kecil selagi hangat. Ibu juga bisa menambahkan Si Kecil sedikit nasi untuk memberi kalori tambahan.

Baca Juga: 6 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

4. Nugget Ayam

Nugget menjadi makanan yang banyak digemari anak-anak sebab memiliki rasa yang gurih serta tekstur yang renyah dan daging yang lembut. Ibu membeli nugget di supermarket atau membuatnya langsung. Membeli nugget cepat saji mungkin lebih praktis, tapi membuatnya langsung akan lebih menyehatkan.

Nugget mengandung 70 kalori, 2 gram lemak, 220 miligram natrium, dan 13 gram protein. Bila disajikan dengan nasi hangat, menu ini bisa memberikan cukup kalori untuk Si Kecil yang akan menjalankan puasa.

5. Drum Stick Panggang

Selain nugget, drum stick juga digemari oleh anak-anak karena rasanya yang hampir mirip dengan nugget. Drum stick mengandung 90 kalori, 4 gram lemak, dan 11 gram protein, sedikit lebih tinggi dari nugget. Pilih bagian paha ayam untuk membuat drum stick. Sebelum memasaknya, cuci daging sampai bersih terlebih dahulu.

Setelah di cuci bersih, lumuri jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Sebelum di panggang, masak paha ayam dengan bahan yang sama, seperti membuat ayam panggang. Setelah dimasak, barulah panggang paha ayam dengan oven. Sebelum memanggang, ibu bisa mengoleskan saus barbeque agar rasanya lebih nikmat.

Baca Juga: Anak Pura-Pura Sakit Agar Tidak Puasa, Gejala Munchausen Syndrome?

Kalau kamu masih memiliki pertanyaan seputar nutrisi Si Kecil, bicara saja dengan ahli gizi Halodoc. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!