Sahur Tanpa Makan, Apa Bahayanya?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Sahur Tanpa Makan, Apa Bahayanya?

Halodoc, Jakarta - Makan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa adalah hal yang penting. Sahur diibaratkan seperti sarapan, sehingga semua nutrisi untuk mendukung aktivitas harus dipenuhi melalui makan sahur. Namun, makan saat dini hari bukan hal yang mudah bagi sebagian orang.

Mungkin karena pekerjaan yang banyak akhirnya menyebabkan seseorang tidur terlalu pulas dan akhirnya melewatkan makan sahur. Namun beberapa orang sengaja melewatkannya demi tujuan lain, seperti mempercepat penurunan berat badan selama puasa atau mereka merasa sudah kuat menahan lapar seharian. Padahal terdapat bahaya sahur tanpa makan yang wajib kamu waspadai.

Faktanya, makan sahur saat berpuasa adalah hal yang penting. Simak bahaya sahur tanpa makan yang bisa terjadi pada tubuhmu berikut:

Baca Juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

  • Pusing yang Parah

Saat tubuh mengalami kelaparan, maka kinerja organ bisa menurun. Untuk memenuhi kebutuhan energi, tubuh memenuhinya dengan cara membakar lemak perlahan-lahan. Kondisi ini menyebabkan rasa pusing muncul sehingga bisa mengganggu aktivitasmu. Kemudian konsentrasi menurun dan produktivitas menurun.

  • Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi yang cukup membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, makan sahur maka kebutuhan air putih harian bisa terpenuhi. Biasanya saat sedang sahur, kamu disarankan untuk menghabiskan 3 gelas air.

Selain itu, beberapa menu makanan mengandung air khususnya yang berkuah seperti sup ayam. Konsumsi buah kaya air seperti semangka, minum yoghurt atau jus buah.

Baca Juga: Sahur dengan 5 Makanan Ini untuk Cegah Bau Mulut

  • Sakit Perut

Jika kamu tidak mengonsumsi makanan selama 13 jam setiap harinya, maka hal ini bisa membuatmu sakit perut. Saat siang hari, tubuh merasakan lapar dan perih karena produksi asam lambung yang cukup tinggi. Jika kamu tidak sahur, maka produksi asam lambung akan naik dan membuat kamu mengalami maag atau parahnya lagi adalah kondisi bernama GERD.

  • Menurunnya Kesimbangan Tubuh

Bahaya sahur tanpa makan selanjutnya adalah membuat keseimbangan tubuh menurun. Hal ini terjadi karena kamu mengalami vertigo yang muncul akibat sakit kepala yang teramat berat. Jika keseimbangan tubuh menurun perlahan-lahan, maka hal ini membuatmu sulit melakukan aktivitas. Selain itu, berjalan atau bahkan dibawa tidur tubuh rasanya seperti oleng. Jika sudah begini, sebaiknya kamu membatalkan puasa sebelum kondisi menjadi semakin parah.

Jika kebiasaan melewatkan makan sahur karena kamu sulit bangun tidur, maka terdapat beberapa cara untuk membuat kamu bisa tidur cepat dan bangun saat sahur. Caranya antara lain:

  • Pastikan untuk tidak konsumsi kopi 3 jam sebelum tidur. Kandungan kafein di dalam kopi bisa membuat tubuh selalu terjaga sehingga kamu susah tidur dan bangun pagi.
  • Jangan begadang saat malam hari atau usahakan sudah tidur sejak pukul 10 malam.
  • Perbanyak makan buah dan sayur agar kamu mudah tidur. Konsumsi makanan berlemak membuat tubuh susah mencerna makanan dan tidur jadi terganggu.
  • Lakukan olahraga rutin setiap sore menjelang berbuka puasa. Jangan hanya menghabiskan waktu untuk tidur atau bermalas-malasan.
  • Biasakan untuk bangun pagi, tubuh akan mengikuti siklus tidur baru sehingga tanpa alarm pun kamu bisa bangun dengan mudah.

Baca Juga: Meski Berpahala, Ketahui Bahaya Puasa Jika Dipaksakan

Itulah bahaya sahur tanpa makan yang wajib kamu ketahui. Jika mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya. Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!