Si Kecil Susah Tidur saat Malam, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Si Kecil Susah Tidur saat Malam, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Gangguan tidur pada malam hari nyatanya tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Kondisi ini ternyata juga rentan menyerang anak-anak. Ibu pernah merasakan sulitnya menidurkan Si Kecil pada malam hari?

Baca juga: Kurang Tidur Bisa Sebabkan Gangguan Otak Pada Anak

Padahal, tidur malam adalah hal yang penting dan dibutuhkan Si Kecil. Setelah satu harian beraktivitas, anak membutuhkan “isi ulang” energi untuk tetap sehat dan siap menjalani hari berikutnya. Lantas, apa saja cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur malam pada anak? Berikut tipsnya!

Membacakan Dongeng

Mengatasi si kecil yang sulit tidur memang menjadi tantangan sendiri bagi para orang tua. Membacakan dongeng sebelum masuk waktu tidur menjadi salah satu cara yang paling sering menjadi pilihan para orangtua. Cobalah untuk membacakan dongeng dengan suara yang lembut dan menenangkan.

Hal itu ternyata tak hanya berperan dalam membuat si kecil menjadi lebih kreatif, tapi juga bisa membuat anak lebih mudah mengantuk. Umumnya, Si Kecil akan tertidur setelah mendengarkan 2 sampai 3 cerita pendek yang dibacakan.  

Jam Tidur yang Konsisten

Agar Si Kecil lebih mudah tidur di malam hari, pastikan untuk mengatur jam tidur yang konsisten setiap harinya. Dengan kata lain, orangtua perlu untuk menjadwalkan jam tidur anak setiap malam, dan berusaha untuk mengikuti aturan yang sudah dibuat tersebut. Membuat jadwal tidur untuk si kecil pun akan membantu membentuk pola tidurnya. Kebiasaan ini bisa membantu menghindari anak mengalami masalah tidur alias insomnia saat dewasa kelak.

Baca juga: Si Kecil Susah Tidur? Waspada Risiko Penyakit Ini

Makanan dan Pakaian

Bisa jadi, masalah tidur pada anak terjadi karena perutnya terasa lapar. Agar si kecil lebih mudah terlelap, pastikan perutnya telah terisi dengan makanan. Namun perlu diingat, sebaiknya tidak memberi anak makan saat mendekati jam tidur. Sebab, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang masuk.

Masalah kenyamanan dari pakaian yang dikenakan pun bisa memicu gangguan tidur di malam hari. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu sempit, gatal, ataupun motif baju yang membuat si kecil tidak bisa bergerak dengan leluasa. Saat ia merasa tidak nyaman, tidur akan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Kamar yang Nyaman

Salah satu faktor yang menyebabkan bayi sulit tertidur di malam hari adalah kamar yang kurang nyaman, dan sialnya orangtua seringkali kurang peka akan hal ini. Misalnya, kamar anak yang dibiarkan terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu gelap. Penting bagi para orangtua untuk bertanya apa hal yang menyebabkan ia merasa tidak nyaman dan sulit tidur di malam hari. Jika masalahnya ada pada suasana kamar, cobalah untuk mengubahnya menjadi lebih menyenangkan agar anak mudah terlelap.

Segelas Susu Hangat

Segelas susu hangat sebelum tidur ternyata bisa merangsang rasa kantuk anak. Selain membuat Si Kecil lebih mudah terlelah, mengonsumsi satu gelas susu di malam hari juga akan meningkatkan kualitas tidur anak dan membuat tubuhnya lebih rileks. Pilih jenis susu yang sesuai dengan usia dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil.

Baca juga: Kenali Sleep Hygiene, Tips Membuat Anak Tidur Nyenyak

Kalau masalah tidur pada anak berlanjut, segera periksakan ke rumah sakit. Bisa jadi hal itu merupakan gejala dari gangguan kesehatan tertentu. Ibu bisa dengan mudah mencari dan memilih rumah sakit sesuai dengan kebutuhan dan domisili di aplikasi Halodoc. Membuat janji temu dengan dokter pun menjadi lebih mudah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!