01 October 2018

Kenali Sleep Hygiene, Tips Membuat Anak Tidur Nyenyak

Kenali Sleep Hygiene, Tips Membuat Anak Tidur Nyenyak

Halodoc, Jakarta - Orangtua pasti pernah merasakan anaknya terbangun pada tengah malam lalu susah untuk kembali tidur. Bagaimanakah jika hal tersebut menjadi kebiasaan? Untuk anak-anak yang harus berkegiatan pada siang harinya, hal tersebut pasti akan menjadi salah satu yang membuat konsentrasi menurun.

Kurang tidur selalu dikaitkan dengan masalah kesehatan serius untuk anak di masa depannya. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya kemungkinan anak mengalami obesitas, diabetes, dan mungkin hingga penyakit jantung. Selain itu, pola tidur anak yang baik dapat menurunkan tingkat depresi pada sang ibu. Hal tersebut dapat dicegah dengan teknik sleep hygiene.

Sleep hygiene atau kebersihan tidur adalah teknik yang melatih perilaku dan lingkungan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Pola tidur sehat ini dapat membuat kebiasaan tidur yang lebih baik dan lebih disiplin juga konsisten untuk menjalaninya. Hal tersebut juga dapat membantu untuk memperbaiki jam tidur yang berantakan dan mengatasi gangguan tidur. Cara melakukan teknik sleep hygiene, yaitu:

1. Batasi Jam Tidur Siang

Salah satu cara untuk melakukan sleep hygiene yaitu membatasi jam tidur siang. Setiap anak membutuhkan tidur siang agar tercukupi kebutuhan waktu tidurnya per hari.

Jika ibu tidak dapat mengatur lama waktu tidur siangnya, ketika malam hari anak akan menjadi sulit tidur. Cobalah batasi tidur siangnya selama 30 menit dan sebelum jam 3 sore. Walaupun hanya sesaat, hal tersebut dapat membantu anak untuk mengembalikan energinya.

2. Pastikan Jam Tidur dan Jam Bangun Per Harinya

Cara untuk melakukan teknik sleep hygiene lainnya yaitu dengan memastikan jam tidur dan jam bangun anak per harinya sama. Hal ini salah satu yang penting karena dapat membuatnya menjadi lebih teratur dan tubuhnya juga akan menjadi terbiasa. Jadwalkan waktu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, juga lakukan di hari libur.

Pertama-tama orangtua harus menyesuaikan durasi tidur malam yang ideal untuk anaknya. Rata-rata anak dengan usia sekolah dasar butuh tidur sekitar 9-11 jam per hari. Hindari waktu tidur yang terlalu malam karena dapat membuat anak bangun siang. Dengan mematuhi jadwal tersebut per harinya, tubuh anak menjadi lebih sehat dan meningkatkan konsentrasi.

3. Buat Suasana Kamar yang Nyaman

Cara agar teknik sleep hygiene sukses, yaitu dengan membuat suasana kamar yang nyaman. Orangtua harus membatasi anak untuk menggunakan kamar tidur selain untuk tidur, seperti main atau mengerjakan tugas. Lama-kelamaan akan tertanam pada ingatan anak bahwa kamar tidur hanya untuk istirahat.

Jauhkanlah hal-hal yang berbau elektronik dari kamar tidur anak. Cahaya dari barang elektronik tersebut dapat dianggap sebagai cahaya matahari yang membuat anak beranggapan bahwa hari masih pagi dan membuat hormon pemicu kantuk menjadi terganggu.

4. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Sebelum Tidur

Salah satu cara untuk melakukan sleep hygiene adalah dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman sebelum anak tidur terutama yang porsinya banyak. Tidur setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik kembali ke tenggorokan, sehingga menyebabkan perut mulas dan tenggorokan terasa panas. Hal tersebut dapat membuat anak mudah terbangun pada tengah malam.

Pun, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein ketika mendekati waktu tidur karena dapat mengganggu waktu tidur. Efek dari kafein dapat berlangsung selama beberapa jam sebelum tidur. Kafein juga dapat membuat anak menjadi gelisah saat tengah malam.

5. Ciptakan Ritual Khusus

Ciptakan ritual khusus agar teknik sleep hygiene berhasil. Persiapkan waktu untuk tidur pada 90 menit sebelumnya. Jangan lakukan hal yang berat sebelum jam 6.30 sore. Buatlah rutinitas menjelang tidur, seperti minum susu, gosok gigi, atau pun membacakan dongeng sebelum tidur. Rutinitas tersebut dapat membuat anak merekam di ingatannya bahwa itu saatnya tidur.

Itulah teknik sleep hygiene yang dapat membuat anak tidur nyenyak. Jika kamu menginginkan saran perihal parenting, Halodoc menyediakan layanan diskusi dengan dokter. Ayo, download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Play Store sekarang!

Baca juga: