• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda Alami Pembengkakan pada Kelenjar Getah Bening

Tanda Alami Pembengkakan pada Kelenjar Getah Bening

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh, kelenjar getah bening yang jumlahnya sekitar 600 ini punya peran yang sangat penting. Berbentuk bulat dan kecil, ratusan kelenjar getah bening itu tersebar di seluruh tubuh. Salah satu masalah pada kelenjar getah bening yang cukup umum terjadi adalah limfadenopati, yang dikenal dengan pembengkakan kelenjar getah bening

Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening sebenarnya menandakan bahwa tubuh sedang melawan infeksi atau penyakit. Ketika tubuh terkena infeksi atau penyakit, jumlah sel imun dalam kelenjar getah bening akan mengalami peningkatan. Hal ini yang membuat kelenjar ini menjadi bengkak. 

Baca juga: Ini Cara Memeriksa Kelenjar Getah Bening

Tanda Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Ketika kondisi ini terjadi, ada beberapa tanda atau gejala yang akan dirasakan, seperti:

  • Nyeri saat kelenjar yang membengkak ditekan.
  • Area kelenjar getah bening yang bengkak terasa agak hangat dan lebih sensitif. Misalnya, jika terjadi di leher, akan terasa tidak nyaman ketika digerakkan. 
  • Terlihat muncul benjolan sebesar kacang polong atau lebih dari itu.

Itu adalah tanda atau gejala awal yang umum saja. Selain itu, ada berbagai gejala lain yang juga dapat dialami ketika terjadi pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala lainnya biasanya akan tergantung pada jenis infeksi atau penyakit yang jadi penyebabnya. 

Namun, umumnya, gejala lain yang dapat dialami ketika terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, yaitu:

  • Batuk;
  • Badan terasa lemas;
  • Pilek;
  • Menggigil dan banyak berkeringat, terutama di malam hari;
  • Radang atau sakit tenggorokan;
  • Demam;
  • Kulit memerah, terasa hangat dan bengkak.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Jika kamu mengalami berbagai gejala yang disebutkan tadi, sebaiknya segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, untuk menjalani pemeriksaan yang tepat.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa penyebab dari pembengkakan kelenjar getah bening. Jika penyebabnya sudah diketahui, barulah pengobatan akan dilakukan dokter sesuai dengan kondisi yang dialami. 

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening umumnya terjadi akibat adanya infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh. Namun, infeksi dan penyakit seperti apa yang bisa jadi penyebab? Berikut beberapa di antaranya:

1.Infeksi Virus dan Bakteri

Infeksi akibat virus ataupun bakteri adalah salah satu penyebab pembengkakan kelenjar getah bening. Jenis-jenis virus yang sering menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening adalah Varicella-zoster, rubella, HIV, herpes simplex, dan flu. Sementara itu, jenis bakteri yang sering sebabkan pembengkakan kelenjar getah bening adalah Streptococcus atau strep, Staphylococcus atau staph, dan Mycobacterium tuberculosis.

2.Infeksi Telinga

Coba perhatikan kelenjar bagian mana yang mengalami pembengkakan. Umumnya, pembengkakan kelenjar getah bening di area kepala dan leher menandakan adanya infeksi telinga. Infeksi ini bisa disebabkan oleh alergi atau infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. 

3.Infeksi Gigi

Infeksi pada gusi dan gigi bisa menunjukkan gejala seperti pembengkakan kelenjar getah bening. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh abses gigi, yaitu penumpukan nanah karena bakteri.

Baca juga: Bengkak pada Kelenjar Getah Bening Anak, Hati-Hati Kanker Limfoma!

4.Mononukleosis

Pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi di leher dan ketiak bisa menandakan mononukleosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus. Gejala lainnya yaitu sakit tenggorokan, demam, lemas, gatal-gatal, sakit kuning, mimisan, hingga sesak napas.

5.Radang Tenggorokan

Sebagai penyakit yang cukup umum terjadi, radang tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, iritasi pada tenggorokan, pembengkakan amandel, atau cedera (trauma) tertentu pada bagian leher dan tenggorokan. Kondisi ini bisa menjadi penyebab kelenjar getah bening membengkak.

6.Gangguan Sistem Imun

Gangguan pada sistem imun juga bisa membuat tubuh lebih lemah dan rentan diserang penyakit. Sebab, sistem yang bertugas untuk mempertahankan diri dari ancaman penyakit sudah melemah atau terganggu. Gangguan sistem ini menjadi gejala yang menandakan pembengkakan kelenjar getah bening.

7.Kanker

Beberapa jenis kanker yang ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening adalah kanker kulit, kanker payudara, leukimia, kanker paru, kanker perut, kanker getah bening limfoma Hodgkin, serta kanker getah bening limfoma non-Hodgkin.

Itulah beberapa kondisi yang bisa jadi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening. Untuk bisa tahu dengan pasti apa penyebabnya, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter, ya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Swollen lymph nodes - Symptoms and causes.
American Family Physician. Diakses pada 2020. Lymphadenopathy: Differential Diagnosis and Evaluation.