Bukan Hanya untuk Anak-Anak, Terapi Wicara Juga untuk Orang Dewasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Bukan Hanya untuk Anak-Anak, Terapi Wicara Juga untuk Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta - Terapi wicara adalah suatu prosedur medis yang dilakukan untuk membantu seseorang untuk memaksimalkan kemampuan verbalnya. Terapi ini biasanya ditujukan pada mereka yang mengalami kesulitan atau gangguan bicara, karena kondisi tertentu. Pun halnya pada anak-anak, ketika mereka menunjukkan tanda-tanda keterlambatan atau kesulitan bicara pada usia yang seharusnya sudah lancar bicara. Terapi wicara kerap dipilih sebagai metode untuk membantu mengatasinya.

Selain bahasa yang bersifat verbal, terapi wicara juga mencakup bentuk bahasa nonverbal. Untuk mengoptimalkan metode ini, terapi wicara akan meliputi dua hal. Hal yang pertama dilakukan adalah mengoptimalkan koordinasi mulut agar mampu menghasilkan suara untuk membentuk kata-kata. Olah mulut ini juga penting agar penerima terapi mampu membuat kalimat, termasuk kemampuan dalam artikulasi, kelancaran, dan pengaturan volume suara.

Baca juga: Mengenali Tanda Speech Delay pada Anak

Hal kedua yang akan dikembangkan adalah pemahaman berbahasa dan upaya mengekspresikan bahasa. Tidak hanya ditujukan pada gangguan bicara atau memahami bahasa, kini terapi wicara juga telah diaplikasikan untuk membantu menangani kondisi lain seperti gangguan menelan (disfagia).

Terapi Wicara untuk Anak

Pada dasarnya, gangguan komunikasi yang bisa menimpa anak dan membutuhkan terapi wicara adalah terganggunya kemampuan bicara anak. Gangguan bicara itu biasanya ditunjukkan anak melalui tanda-tanda berikut:

1. Bicara Gagap

Salah satu tanda yang cukup jelas bahwa anak mengalami gangguan bicara adalah gagap. Hal ini biasanya ditandai dengan seringnya anak mengulang suku kata, atau tersendat-sendat pada huruf-huruf tertentu, saat akan mengucapkan sebaris kalimat.

Baca juga: Anak Gagap, Butuhkah Bantuan Psikolog?

2. Artikulasi Tidak Jelas

Anak juga dikatakan mengalami kesulitan bicara jika menghasilkan atau mengucapkan kata atau suku kata tertentu secara tidak jelas. Kondisi ini menyebabkan orang yang mendengar tidak mampu memahami apa yang dikatakannya.

3. Ketidakjelasan Suara atau Resonansi

Gangguan jenis ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit yang muncul saat anak berbicara. Biasanya ditandai dengan gangguan pada volume atau ketidakjelasan suara yang keluar. Gangguan tersebut kemudian membuat lawan bicara tidak bisa menangkap perkataan anak dengan jelas.

Orang Dewasa pun Bisa Mendapatkan Terapi Wicara

Meski sebagian besar penerima terapi wicara adalah anak-anak, bukan berarti terapi ini hanya ditujukan untuk mereka, lho. Sebab, orang dewasa, dengan kondisi tertentu, juga bisa mendapatkan terapi wicara. Hal ini kembali lagi pada tujuan dari terapi wicara, yaitu sebagai metode untuk membantu mereka yang mengalami gangguan dalam menghasilkan dan memahami bahasa.

Oleh karena itu, terapi wicara pun bisa menjadi salah satu metode pemulihan yang dapat diambil oleh mereka yang mengalami kondisi medis tertentu, seperti:

  • Penyakit Parkinson.

  • Multiple sclerosis.

  • Distrofi otot.

  • Lumpuh otak.

  • Gangguan pendengaran.

  • Esofagitis.

  • Stroke.

  • Sindrom pasca-polio.

  • Skleroderma.

  • Cedera sumsum tulang.

Baca juga: Trik Agar Bayi Cepat Belajar Bicara

Perlu diketahui bahwa terapi wicara bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup seorang pengidap kondisi tertentu. Terapi ini melatih cara berbicara dan menelan dengan baik, serta memberi dukungan dan perhatian pada penerima terapi. Deteksi dan pengobatan dini mampu meningkatkan prognosis bagi mereka dan mencegah gangguan memburuk.

Itulah sedikit penjelasan tentang terapi wicara. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!