Terlalu Sering Medical Check Up, Adakah Efeknya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Terlalu Sering Medical Check Up, Adakah Efeknya?

Halodoc, Jakarta - Pemeriksaan fisik atau medical check up adalah suatu pemeriksaan yang umumnya dilakukan secara rutin. Hal tersebut berguna untuk melakukan pengecekan terhadap tubuh untuk memastikan supaya tetap sehat. Selain itu, pemeriksaan fisik juga berguna untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dan bisa menyebabkan timbulnya penyakit pada seseorang.

Hal ini berguna agar semua penyakit yang mungkin terjadi pada tubuh dapat segera diatasi dan tidak menyebar menjadi parah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyakit sedari awal dibandingkan mengobatinya ketika parah. Banyak orang yang belum melakukan pemeriksaan fisik secara teratur karena berbagai hal.

Pada pemeriksaan fisik atau medical check up ini, kamu dapat melakukannya di tempat layanan kesehatan. Jenis pemeriksaan yang mungkin dilakukan akan berbeda-beda pada tiap orang, yang disesuaikan dengan kondisi dan wawancara yang dilakukan oleh dokter kepada seseorang yang ingin melakukan tes tersebut.

Baca Juga : 5 Resolusi Kesehatan yang Wajib Ada di Tahun 2019

Efek Terlalu Sering Medical Check Up

Pemeriksaan fisik atau medical check up yang dilakukan umumnya akan terbagi menjadi beberapa tes. Dari beberapa tes yang dilakukan, ada yang bersifat mudah dan ada yang menggunakan beberapa alat pendukung. Pemeriksaan yang mudah, seperti berat dan tinggi badan, mata, serta gigi.

Selain itu, terdapat beberapa pemeriksaan yang membutuhkan alat khusus, salah satunya adalah pemeriksaan rontgen. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi penyakit-penyakit dalam, seperti paru-paru. Pemeriksaan ini akan melibatkan sinar radiasi.

Seseorang yang terlalu sering terkena sinar radiasi akan menyebabkan masalah dalam jangka panjang. Terlalu sering terpapar sinar tersebut dapat meningkatkan risiko untuk mengidap kanker dan masalah pada pembuluh darah di masa depan. Maka dari itu, janganlah terlalu sering melakukan medical check up, terutama pemeriksaan rontgen.

Baca Juga : Agar Selalu Sehat, Karyawan Kantoran Butuh Medical Check Up

Manfaat dari Medical Check Up secara Rutin

Medical check up atau pemeriksaan fisik yang kamu lakukan tentu mempunyai fungsi tersendiri. Beberapa orang menganggap apabila dirinya tetap sehat, sehingga belum ingin untuk melakukan hal tersebut atau karena menyayangkan uang yang keluar. Berikut adalah manfaat dari medical check up secara rutin:

  1. Biaya Kesehatan yang Lebih Rendah

Memikirkan tentang tagihan dokter yang besar sangat menakutkan bagi semua orang. Jika kamu ingin mengurangi biaya perawatan kesehatan, mungkin kamu harus menjadwalkan pemeriksaan fisik secara rutin.

Hal ini akan memastikan kamu menghemat uang dalam jangka panjang. Hal tersebut dikarenakan pemeriksaan kesehatan rutin mengurangi risiko penyakit kesehatan potensial yang ternyata berbahaya.

  1. Mengatasi Penyakit sejak Dini

Pemeriksaan kesehatan rutin dapat membantu para dokter untuk mendiagnosis penyakit sebelum berkembang menjadi proporsi yang lebih besar. Pemeriksaan ini dilakukan berdasarkan usia, jenis kelamin, sejarah, dan pilihan gaya hidup orang tersebut.

Dokter dapat menyarankan berbagai tes dan skrining pencegahan untuk membantu seseorang mendeteksi risiko apa pun yang mungkin terjadi. Pemeriksaan ini dapat mengidentifikasi penyakit sejak awal menyerang, sehingga mempermudah untuk mengatasi penyakitnya.

  1. Mengidentifikasi Penyakit Terkait Stres

Pemeriksaan fisik juga berguna untuk mengidentifikasi penyakit yang mungkin disebabkan oleh stres. Peningkatan stres dan kecemasan telah ditemukan berhubungan langsung dengan sejumlah penyakit yang berbeda baik fisik maupun psikologis.

Gangguan yang dapat disebabkan oleh stres, yaitu hipertensi, tekanan darah tinggi, berat badan bertambah, gangguan mental, Alzheimer, depresi, asma, hingga gangguan pencernaan. Pemeriksaan secara rutin dapat mengatasi masalah ini sebelum berubah menjadi terlalu parah.

Baca Juga : 3 Alasan untuk Medical Check Up Sebelum Tahun Baru

Itulah dampak dari terlalu sering melakukan medical check up. Jika kamu ingin melakukan medical check up, kamu bisa membuat janji dengan rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!