Tetap Sehat Selama Puasa, 5 Vitamin B yang Wajib Dipenuhi

Tetap Sehat Selama Puasa, 5 Vitamin B yang Wajib Dipenuhi

Halodoc, Jakarta – Vitamin dan mineral nyatanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Banyak manfaat yang didapat dari terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Keduanya tentu memiliki peran yang cukup penting dalam proses pertumbuhan serta perkembangan tubuh kamu. Tidak hanya itu, vitamin serta mineral nyatanya juga bisa menghindari kamu dari gangguan kesehatan.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Vitamin B Bagi Tubuh?

Mengonsumsi vitamin serta mineral dalam tubuh nyatanya dapat menangkal radikal bebas yang menjadi sumber penyakit. Khususnya selama bulan puasa. Perubahan waktu makan nyatanya dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan tubuh kamu. Sebaiknya perhatikan asupan vitamin dan mineral dari makanan yang kamu konsumsi ketika sahur dan juga berbuka.

Berbagai vitamin serta mineral tentu harus tercukupi. Salah satunya adalah vitamin B. Vitamin B sendiri memiliki 8 jenis vitamin B yang memiliki manfaat berbeda. Jika digabungkan, ke delapan jenis vitamin B ini dikenal sebagai vitamin B kompleks.

Namun, meskipun ada berbagai macam jenis vitamin B, sebaiknya ketahui jenis yang benar-benar dibutuhkan tubuh agar puasa kamu berjalan dengan lancar. Yuk ketahui dan simak penjelasannya di sini.

1. Vitamin B1 atau Thiamine

Vitamin B1 dibutuhkan untuk membantu tubuh mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi. Setiap harinya, wanita membutuhkan 0,8 mg vitamin B1, sedangkan pria membutuhkan 1 mg vitamin B1. Penuhi vitamin B1 dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti telur, susu, roti serta buah-buahan pada saat waktu berbuka atau sahur.

2. Vitamin B2 atau Riboflavin

Vitamin B2 memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan vitamin B1. Vitamin B2 dapat membantu tubuh memudahkan pemecahan karbohidrat, protein dan lemak yang menghasilkan energi ketika kamu berpuasa. Tidak hanya untuk membantu kamu menjalani ibadah puasa, vitamin B2 juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan mata. Tidak perlu repot, kamu bisa mendapatkan vitamin B2 dari beberapa makanan seperti kacang kedelai, kacang almond, gandum, susu, dan ikan.

Baca juga: 6 Dampak Negatif Kekurangan Vitamin B Selama Puasa

3. Vitamin B6 atau Pyridoxine

Vitamin ini dapat membantu tubuh kamu membentuk haemoglobin yang menyebarkan oksigen menuju seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga berfungsi mengubah protein dan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Tidak hanya itu, vitamin B6 dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta sistem imunitas dalam tubuh ketika menjalani ibadah puasa.

Menjalani puasa selama satu hari tanpa asupan makanan maupun minuman nyatanya juga akan membuat fungsi kerja otak menurun. Menjaga kecukupan vitamin B6 dalam tubuh dapat membantu untuk membentuk senyawa dalam otak agar fungsi kerja otak berjalan optimal.

4. Vitamin B7 atau Biotin

Vitamin ini membantu untuk mengubah lemak serta karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk dijadikan energi oleh tubuh. Penuhi kebutuhan vitamin B7 dengan konsumsi pisang, salmon, sereal atau kembang kol ketika berbuka atau sahur agar puasa dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari rasa lemas atau lelah.

5. Vitamin B12 atau Cobalamin

Vitamin B12 dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalani ibadah puasa. Vitamin B12 dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Vitamin B12 juga mampu memproduksi energi dalam tubuh selama menjalani ibadah puasa. Tentu hal ini membantu untuk menjaga simpanan energi dalam tubuh.

Sebaiknya, konsumsi makanan yang bergizi ketika berbuka maupun sahur untuk pemenuhan nutrisi dalam tubuh. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh ketika menjalani ibadah puasa. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Ini 7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Saat Puasa