Menjalankan Puasa, Ketahui 3 Manfaat Suplemen bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
manfaat suplemen saat puasa

Halodoc, Jakarta - Seseorang yang berpuasa bisa saja akan kekurangan air dalam tubuh dan zat gizi, terutama vitamin dan mineral jika tidak memperhatikan asupan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Biasanya, orang hanya mengonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung karbohidrat, lemak, dan protein, serta tidak memperhatikan asupan vitamin dan mineral saat berbuka puasa dan sahur. Jika kamu juga melakukan hal yang sama, itu artinya kamu perlu minum suplemen vitamin dan mineral agar badan kamu tetap terjaga kesehatannya.

Baca juga: Biar Fit, Perlukah Minum Suplemen Saat Puasa?

Perlukah Minum Suplemen Saat Puasa?

Selama berpuasa, tubuh akan menyesuaikan diri dengan pola makan yang baru. Jika biasanya kamu makan 3 kali dalam sehari, saat berpuasa kamu hanya boleh mengonsumsi makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Akibat pola makan yang berubah ini, tubuh rentan mengalami kekurangan vitamin dan mineral.

Jika kondisi ini tidak segera diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka, tubuh akan semakin rentan terkena penyakit saat puasa. Nah, apakah kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen? Perlu diketahui bahwa tidak semua memerlukan orang memerlukan suplemen tambahan saat puasa jika asupan vitamin dan mineral kamu dirasa cukup diperoleh dari makan sahur dan berbuka.

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh Suplemen Saat Puasa?

Ini Manfaat Suplemen bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi suplemen bisa sangat membantu dalam beberapa kondisi, seperti pemulihan setelah sakit, dan melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral yang tidak terpenuhi dari makanan pokok. Mengonsumsi suplemen saat berpuasa juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti:

  • Menjaga Tubuh Agar Tidak Cepat Lemas

Tidak makan dan minum selama satu hari penuh tentu akan berpengaruh pada kondisi tubuh. Tubuh akan merasa lemas dan kurang bertenaga. Kedua hal ini kerap dialami oleh mereka yang menjalani ibadah puasa. Karena lemas dan kurang bertenaga, keinginan untuk tidur pun tinggi. Tubuh yang kurang prima bisa memicu keinginan untuk tidur lebih lama dari yang dibutuhkan. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk membantu mengatasi masalah ini. Suplemen yang cocok untuk dikonsumsi adalah suplemen yodium.

  • Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Sebenarnya jika puasa dilakukan dengan benar, serta saat sahur dan berbuka juga dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh tidak akan kekurangan nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Namun, jika saat sahur dan berbuka kamu mengonsumsi makanan yang kurang tepat untuk mendukung kondisi tubuh kamu, hal ini bisa saja membuat kamu kekurangan gini. Nah, dengan begini suplemen tambahan jelas dibutuhkan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

  • Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Beberapa jenis suplemen seperti vitamin A, C, dan D sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga tubuh dari serangan penyakit dengan cara memperkuat sistem imun. Jadi meski pola makan kamu berubah karena menjalani puasa dan tidak makan seharian, tubuh akan tetap prima.

Baca juga: 4 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kesehatan dengan aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!