Tidak Harus Minum Obat, Migrain Bisa Diatasi dengan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
mengatasi migrain tanpa minum obat, obat migrain

Halodoc, Jakarta - Migrain merupakan sakit kepala yang disebabkan karena adanya perubahan aktivitas pada otak. Perubahan yang terjadi akan menimbulkan rasa sakit di kepala, dengan sensasi rasa berdenyut. Kondisi ini akan terasa sangat menyakitkan. Bahkan, migrain dapat hadir dengan disertai dengan kondisi berikut ini:

  • Sensitif terhadap paparan cahaya dan suara.

  • Sensasi rasa berdenyutnya dapat bertahan selama beberapa jam, bahkan beberapa hari.

  • Mengalami rasa mual dan muntah-muntah.

  • Sensasi rasa sakit pada salah satu mata atau telinga. Bahkan, mata bisa saja kehilangan kemampuan melihat sementara. Hal ini terjadi hanya di salah satu sisi saja.

Sebelum migrain terjadi, pengidap biasanya akan mengalami gejala selama 10–30 menit. Gejala biasanya dapat berupa kesemutan pada leher, wajah, atau tangan. Selain itu, pengidap kerap kali melihat cahaya terang atau garis-garis. Hal tersebut disebut dengan aura penglihatan. 

Baca juga: Atasi Migrain, Terapkan Cara Ini!

Tidak Harus Minum Obat, Migrain Bisa Diatasi dengan Ini

Migrain akan sangat menyakitkan, pun dapat mengganggu aktivitas harian yang dilakukan. Ketika mengidap migrain, obat otomatis akan meredakan migrain dengan cepat. Namun, kamu tidak perlu minum obat untuk mengatasinya. Begini langkah mengatasi migrain tanpa minum obat:

  • Jahe Hangat

Minum teh yang dicampur dengan jahe bubuk dapat membantu meredakan gejala migrain. Hal tersebut dapat terjadi karena jahe dapat membantu menenangkan pembuluh darah pada kepala dan meredakan migrain yang terjadi.

  • Makanan Kaya Magnesium

Migrain terjadi karena kurangnya magnesium dalam tubuh. Nah, jika gejala migrain muncul, sebaiknya kamu segera mengonsumsi makanan kaya magnesium, seperti alpukat dan pisang, guna meredakan gejala yang muncul.

  • Minyak Peppermint

Minyak peppermint bukan untuk kamu konsumsi, ya. Minyak yang satu ini dapat kamu pakai dengan mengoleskannya pada dahi dan pelipis. Minyak ini diklaim ampuh dalam meredakan nyeri dan mual akibat migrain. Jika bahan yang satu ini sulit untuk dicari, kamu bisa menggunakan minyak lain yang memiliki sensasi rasa hangat.

Baca juga: Kenalan dengan Cluster Headache yang Sakitnya Menyiksa

  • Rendam Kaki

Mengatasi migrain ternyata dapat kamu lakukan dengan merendam kaki dalam air dengan suhu yang ekstrim. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan air dingin atau panas. Dengan begitu, rasa sakit teralihkan dengan sensasi kedinginan atau kepanasan pada kaki.

  • Minum Kopi

Kandungan kafein yang terdapat dalam makanan atau minuman ternyata dapat meredakan sakit akibat migrain. Namun, jangan mengonsumsi secara berlebihan, ya. Karena hal ini justru akan membahayakan kesehatanmu.

  • Kompres Kepala dengan Es Batu

Sensasi dingin yang dihasilkan saat mengompres tengkuk leher dengan es batu akan membuat pembuluh darah yang menyebabkan migrain menyempit dan kembali dalam keadaan normal. Cara yang satu ini dapat dengan mudah kamu lakukan di rumah.

Baca juga: 5 Hal tentang Migrain yang Perlu Diketahui

Jika beberapa langkah tersebut tidak juga memengaruhi rasa sakit yang kamu alami, cobalah untuk tidur. Tidur merupakan cara terbaik dalam mengatasi migrain. Pasalnya, ketika tidur tubuh akan melepas segala tekanan, sehingga pembuluh darah yang tertekan akibat migrain juga ikut meregang.

Jika metode terakhir yang kamu lakukan tidak juga membuat kamu merasa lebih baik, silahkan diskusikan dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan obat yang kamu butuhkan. Migrain yang dibiarkan begitu saja akan membuat aktivitas harianmu jadi berantakan karena rasa sakitnya.

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2019. 10 Ways to Get Rid of a Headache.
Medical News Today. Diakses pada 2019. What are some tips for instant migraine relief?