24 June 2017

Atasi Migrain, Terapkan Cara Ini!

Atasi Migrain, Terapkan Cara Ini!

Halodoc, Jakarta – Migrain adalah suatu kelainan neurologis yang biasanya menimbulkan nyeri kepala satu sisi dengan serangan nyeri yang sedang sampai berat. Beberapa ciri khas dari migrain adalah mengalami nyeri kepala satu sisi, mata berkunang-kunang, sensitif dengan cahaya dan suara, dan mual. Biasanya migrain berlangsung antara 2 hingga 72 jam.

Penyebab migrain hingga detik ini belum diketahui secara pasti, tapi sebagian memperkirakan penyebab migrain ada hubungannya dengan hormon, stres psikologis, makanan dan minuman tertentu, dan lingkungan sekitar. Migrain tidak bisa disembuhkan, tapi frekuensi dan rasa sakitnya bisa diringankan. Cara mengatasi migrain untuk tiap orang berbeda-beda. Ada sebagian orang yang merasa lebih baik dengan mengonsumsi obat tertentu, sementara ada juga yang merasa baikkan bila berbaring di dalam kamar gelap. Untuk menangani penyakit ini sebenarnya bergantung pada tingkat keseringan, seberapa parah migrain, dan kondisi kesehatan kamu. Berikut ini ada  4 pilihan buat kamu untuk mengatasi serangan migrain.

Obat Pereda Rasa Sakit
Cara mengatasi migrain bisa dengan mengonsumsi obat seperti aspirin, paracetamol, atau obat-obatan antiinflamasi non-steroid (NSAIDSs) seperti ibuprofen. Selain itu, acetaminophen dan obat yang merupakan kombinasi dari acetaminophen, aspirin, dan kafein cukup ampuh dalam mengobati migrain. Obat-obatan tersebut baiknya kamu konsumsi ketika gejala migrain pertama kali terasa agar memberikan jeda yang cukup agar obat bisa terserap ke dalam pembuluh darah dan meredakan sakit.

Ada baiknya sebelum kamu mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas tersebut, kamu membaca dengan baik petunjuk penggunaannya. Bila kamu merasa obat-obatan yang dijual di pasaran tidak bekerja dengan baik atau kamu justru berkegantungan dengan dengan obat pereda rasa sakit, lebih baik kamu diskusikan dengan dokter.

Triptan
Triptan termasuk ke dalam kelompok obat-obatan yang bisa meredam perubahan zat kimia di dalam otak yang menjadi pemicu migrain. Obat ini memiliki fungsi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menghambat penyaluran rasa sakit pada saraf otak. Pada umumnya triptan sering dianjurkan bila obat pereda sakit tidak efektif.

Obat-obatan Anti-Mual
Migrain sering membuat pengidapnya merasa mual dan terkadang muntah. Makanya cara pengobatan migrain juga memberikan obat anti mual. Biasanya dokter akan meresepkan obat ini bersamaan dengan triptan atau obat pereda rasa sakit. Efek samping dari obat anti mual adalah rasa mengantuk dan diare.

Transcranial Magnetic Stimulation (TMS)

Cara mengatasi migrain di beberapa rumah sakit dilakukan dengan Transcranial Magnetic Stimulation (TMS). TMS merupakan perangkat listrik kecil yang diletakkan di kepala yang berguna mengantarkan aliran magnetik melalui kulit. Penggunaan alat ini dalam jangka panjang  bisa memberikan efek samping seperti mengantuk dan kelelahan, kepala sedikit pening, mudah marah, dan otot bergetar sehingga membuat sulit berdiri.


Kamu butuh saran lebih seputar cara mengatasi migrain? Tak perlu ragu untuk menanyakan apapun keluhan kamu melalui aplikasi Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan terbaru yang akan menghubungkan kamu dengan dokter spesialis pilihanterbaik dan terpercaya melalui chat, video call atau voice call. Bukan cuma itu, kamu pun bisa beli obat melalui smartphone di Halodoc, sehingga tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk pergi ke apotek dengan cepat, aman dan nyaman. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

BACA ARTIKEL LAINNYA : Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo