Kenali Tingkatan Keparahan Sarkoma Jaringan Lunak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kenali Tingkatan Keparahan Sarkoma Jaringan Lunak

Halodoc, Jakarta - Salah satu jenis tumor ganas yang mengganggu jaringan tubuh penunjang dan penghubung struktur di sekeliling tubuh disebut sebagai sarkoma jaringan lunak. Penyakit ini menyerang lemak, otot, pembuluh darah, saraf, tendon, dan lapisan pada tulang sendi. Namun, area yang biasanya diserang adalah perut, lengan, dan tungkai.

Sarkoma jaringan lunak bisa menyerang siapa saja dari semua rentan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, kasus ini banyak terjadi pada orang dengan usia lanjut dan risiko penyakit ini meningkat seiring pertambahan usia.

Baca Juga: Penyebab Kanker Sarkoma Jaringan Lunak

Gejala Penyakit Sarkoma Jaringan Lunak

Karena dapat tumbuh di bagian mana saja, sarkoma jaringan lunak kerap tidak menimbulkan gejala sehingga sulit dideteksi. Namun, gejala parah bisa muncul setelah tumor tersebut membesar.

Gejalanya antara lain benjolan yang nyeri atau tidak nyeri, gangguan saraf sensorik atau motorik akibat dari penekanan sarkoma pada saraf, nyeri perut, perdarahan saluran cerna, dan sumbatan aliran makanan jika sarkoma berada dalam rongga perut. Kondisi tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman dan kesulitan bernapas sehingga wajib dilakukan perawatan.

Baca Juga: Sarkoma Jaringan Lunak Muncul karena Radiasi Pengobatan Kanker

Tingkat Keparahan Sarkoma Jaringan Lunak

Tingkat keparahannya sarkoma terbagi menjadi:

  • Stadium 1A. Yakni saat ukuran sel kanker sebesar 5 cm atau lebih kecil dan masih terlihat seperti sel yang normal. Selain itu, belum ada penyebaran, baik ke kelenjar getah bening terdekat maupun organ yang jauh.

  • Stadium 1B. Yakni saat ukuran sel kanker sebesar 5 cm atau bisa lebih besar dari 15 cm, dan belum tampak seperti sel abnormal.  Pada stadium ini sel kanker belum menyebar, baik ke kelenjar getah bening atau organ yang jauh.

  • Stadium 2. Pada tahap ini ukuran sel kanker sebesar 5 cm atau lebih kecil, namun terlihat seperti sel abnormal dengan pertumbuhan yang cepat. Namun pada tahap ini juga belum ada penyebaran ke kelenjar getah bening atau organ yang jauh letaknya.

  • Stadium 3A. Ukuran sel kanker pada tahap ini lebih besar dari 5 cm, namun  kurang dari 10 cm. Sel kanker jelas menunjukkan tanda sebagai sel abnormal dengan pertumbuhan yang cepat. Kendati demikian, belum ada penyebaran ke kelenjar getah bening terdekat maupun organ lain yang jauh.

  • Stadium 3B. Ukuran sel kanker akan tumbuh dan dapat lebih dari 10 cm, namun kurang dari 15 cm. Sel tersebut terlihat seperti sel abnormal dengan perkembangan yang cepat, meski belum ada penyebaran ke kelenjar getah bening terdekat atau organ yang jauh.

  • Stadium 4. Pada tahap ini ukuran kanker bisa sebesar apa pun dan kanker sudah menyebar ke jaringan getah bening terdekat atau meluas hingga ke organ yang jauh, seperti paru-paru.

Baca Juga: Ini 4 Pengobatan Sarkoma Jaringan Lunak yang Tepat

Kini kamu bisa bertanya langsung dengan dokter ahli terkait dengan gejala sarkoma jaringan lunak di aplikasi Halodoc. Atau kamu punya masalah kesehatan lain? Halodoc bisa jadi solusi. Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter melalui Chat, Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!