• Home
  • /
  • Tingkatkan Suasana Hati Anak dengan 5 Makanan Sehat Ini

Tingkatkan Suasana Hati Anak dengan 5 Makanan Sehat Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
makanan sehat untuk anak

Halodoc, Jakarta - Anak-anak memang kerap kali mengalami perubahan suasana hati. Ternyata, makanan menjadi salah satu pemicunya. Makanan tertentu yang dikonsumsi dapat menurunkan suasana hati anak, sehingga mereka akan sangat sulit diatur dan rewel sepanjang hari. Untuk meningkatkan suasana hati mereka, ibu dapat memilihkan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, serat, protein, probiotik, asam folat, dan jenis vitamin lainnya. Kandungan-kandungan tersebut dapat dengan mudah ibu temui pada makanan berikut ini:

Baca juga: Ini Makanan Anak yang Tidak Sehat untuk Si Kecil

  • Pisang

Pisang mengandung asam amino triptofan dan vitamin B6 yang baik dalam mendukung proses terbentuknya hormon serotonin. Hormon serotonin sendiri merupakan zat kimia dalam otak yang berperan dalam memperbaiki suasana hati. Asam amino triptofan sendiri sering digunakan sebagai suplemen guna mengatasi insomnia, depresi, serta gangguan kecemasan pada orang dewasa.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati karena kandungan indeks glikemik yang rendah. Makanan dengan kandungan indeks glikemik rendah dapat membantu stabilitas gula darah dalam tubuh, sehingga suasana hati menjadi stabil. Tak hanya itu, makanan yang satu ini juga mengandung selenium yang efektif dalam menjaga suasana hati melalui metabolisme kelenjar tiroid.

  • Telur

Protein tinggi dan asam lemak dalam telur baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan otak. Kandungan nutrisi ini menjadikan telur sebagai salah satu makanan yang baik untuk memperbaiki suasana hati.

Baca juga: Inilah 5 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Masih Balita

  • Ikan

Sarden dan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Ketika tubuh kekurangan asam lemak omega-3, seseorang akan rentan mengalami penurunan suasana hati, sehingga rentan mengalami depresi. Untuk menjaga suasana hati Si Kecil agar tetap baik, usahakan untuk mencukupi asupan asam lemak omega-3 hariannya.

  • Cokelat

Cokelat sudah terkenal dapat memperbaiki suasana hati yang sedang kacau. Hal ini dapat terjadi karena coklat dapat menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon yang diproduksi oleh tubuh saat sedang stres. Tak hanya itu, cokelat juga mampu melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon yang dapat memicu timbulnya perasaan senang.

Namun, ketika Si Kecil mengalami sejumlah masalah kesehatan tertentu yang memaksanya untuk mengonsumsi makanan khusus, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum memutuskan untuk memberikannya sejumlah makanan tersebut. Jika sembarangan, masalah kesehatan yang dialami Si Kecil bisa saja bertambah parah karena kelalaian ibu.

Baca juga: 5 Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Selain mengonsumsi sejumlah makanan tersebut, ibu juga perlu memperhatikan sejumlah hal-hal berikut ini:

  • Jangan lewatkan jam makan Si Kecil, terutama sarapan. Sarapan merupakan hal penting yang dilakukan agar anak memiliki energi untuk menjalani aktivitasnya. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah suasana hati yang buruk karena rasa lapar.

  • Ketahui makanan yang harus dihindari. Bagi anak pengidap suatu penyakit, ibu perlu memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Jangan lupa untuk memastikan agar anak tidak mengonsumsi makanan-makanan yang tidak diperbolehkan.

  • Makan tepat waktu. Dalam hal ini, disarankan untuk makanan dalam 5 jam sekali. Jika hal ini dilakukan tepat waktu, energi tetap terjaga, sehingga suasana hati tetap stabil.

Sebenarnya, memperbaiki suasana hati anak bukanlah hal yang sulit dilakukan, bukan? Ibu hanya perlu memastikan gizi dan nutrisinya terpenuhi. Lakukan langkah-langkah yang telah disebutkan dengan benar, maka suasana hati anak akan tetap stabil sepanjang hari.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Mood Food: Can What You Eat Affect Your Happiness?
Net Doctor. Diakses pada 2019. 11 Mood – Boosting Foods You Need to Have in Your Kitchen.