Tips Menu Sarapan Sehat dengan Telur

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
sarapan sehat, sarapan dengan telur

Halodoc, Jakarta -   Kebanyakan orang melewatkan waktu sarapan karena tidak terbiasa atau terburu-buru dengan waktu. Padahal, sarapan pagi menjanjikan sejumlah manfaat baik bagi tubuh, seperti memberikan energi lebih, menyegarkan otak, mencegah penyakit maag, membuat tubuh menjadi lebih sehat, serta mendukung program diet yang sedang kamu jalani.

Bagi mereka yang sering melewati sarapan karena selalu terburu-buru dengan waktu, kamu bisa mencoba beberapa hidangan sarapan berikut ini yang dibuat dengan bahan dasar telur. Selain harganya murah, telur merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dipastikan selalu ada di rumah. Meskipun tampak sederhana, telur ternyata mengandung protein tinggi, kolin, dan vitamin D yang diperlukan tubuh, lho.

Baca juga: Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

Tips Menu Sarapan Sehat dan Cepat Saji dengan Telur

“Duh, bingung mau makan apa” merupakan salah satu hal yang kerap kali terjadi saat sarapan menjelang. Alhasil, karena terlalu banyak pertimbangan, kamu jadi terburu-buru berangkat ke kantor dan melewatkan aktivitas penting yang satu ini. Berikut menu praktis dan sehat yang terbuat dari olahan telur:

  • Omelet

Hampir setiap rumah pasti menyediakan stok telur di kulkasnya. Nah, omelet dapat dibuat dengan mencampur telur, garam, dan merica. Untuk menghasilkan tekstur yang creamy di dalamnya, kamu bisa tambahkan parutan keju yang dicampur ke dalam bahan. Setelah itu, masak hingga kecokelatan. Selamat mencoba!

  • Telur Orak Arik

Dalam membuat telur orak arik, kamu dapat mengocok telur yang telah dicampur dengan garam dan merica. Setelah itu, masak dan aduk hingga telur sudah bertekstur padat. Jangan dimasak terlalu matang, karena akan membuat tekstur terlalu keras dan kering.

Baca juga: Sering Sarapan Sereal, Baik untuk Kesehatan Tubuh?

  • Telur Rebus

Telur rebus tidak hanya dapat diolah menjadi semur ataupun balado. Makanan yang satu ini juga dapat disajikan saat sarapan dan dipadu dengan salad sayur. Dalam hal ini, kamu dapat merebusnya dengan air yang menutupi semua permukaan telur. Kemudian masak hingga mendidih dan diamkan telur selama 9 menit. Saat sudah matang, masukkan telur ke dalam air dingin agar dapat langsung dikupas. Nah, telur sudah dapat disajikan.

  • Poached Egg

Hidangan yang satu ini memerlukan panci berukuran besar yang berisi air hampir penuh. Panaskan air hingga keluar gelembung-gelembung kecil. Kemudian, masukan garam secukupnya ke dalam air untuk memberi tambahan rasa dan aduk air di dalam panci hingga membentuk putaran air. 

Langkah selanjutnya, pecahkan telur ke dalam mangkuk dan masukkan telur secara perlahan ke dalam air rebus yang berbentuk putaran air. Tunggu hingga telur mulai terbentuk. Jika sudah, angkat telur secara perlahan agar bentuknya tetap terjaga. Jika dipraktekkan secara benar, kuning telur akan meleleh jika telur ini dibelah.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Dalam sebutir telur berisi kandungan vitamin E, folat, selenium, lutein, protein, dan mineral. Kandungan-kandungan baik tersebut berkontribusi penting dalam menjaga kesehatan otak, mata, melawan inflamasi, dan mengenyangkan lebih lama. Jangan khawatir berat badan akan naik. Dalam hal ini, kamu dapat menyantap telur dengan makanan berserat tinggi untuk sarapan.

Untuk mengetahui lebih banyak manfaat yang terkandung dalam telur, kamu bisa tanyakan langsung pada ahli gizi di aplikasi Halodoc. Aktivitas di pagi hari ini harus selalu dijalani, karena sarapan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh yang tidak bisa dilewatkan.

Referensi:
Real Simple. Diakses pada 2019. Healthy Breakfast Menu with Eggs.
Delish. Diakses pada 2019. 32 Healthy Ways To Eat Eggs—And Keep Your Breakfast From Ever Getting Boring.