Tips Produktif di Tengah Rutinitas yang Membosankan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tips Produktif di Tengah Rutinitas yang Membosankan

Halodoc, Jakarta – Menjalani rutinitas yang sama setiap harinya rentan dengan perasaan bosan. Perasaan bosan yang muncul tidak hanya mengganggu produktivitas atau fokus seseorang ketika mengerjakan pekerjaannya, namun juga dapat memengaruhi hasil pekerjaan.

Baca juga: Bukan Bodoh, Ibu Perlu Tahu Cara Tingkatkan Konsentrasi Anak

Rasa bosan di tengah rutinitas yang tidak segera diatasi memicu kondisi stres hingga depresi pada para pekerja. Sebaiknya segera lakukan beberapa cara untuk menghilangkan perasaan bosan dan tetap produktif di tengah rutinitas sehari-hari, yaitu di antaranya:

1. Jaga Kebersihan Lingkungan Kerja

Tidak ada salahnya untuk membuat lingkungan kerja menjadi bersih, seperti menyusun kembali kondisi meja kerja. Meja kerja yang bersih dan rapi meningkatkan semangat kerja dan mengurangi tingkat stres. Selain itu, lingkungan kerja yang bersih dan wangi memberikan beberapa dampak positif, seperti berkurangnya risiko cedera dan gangguan kesehatan serta lebih efektif ketika mencari peralatan pekerjaan.

2. Buat Lingkungan Kerja Menjadi Nyaman

Lingkungan kerja yang bersih dapat membuat kerja juga menjadi nyaman. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat lingkungan kerja menjadi nyaman, seperti meletakkan barang yang dapat membuat kamu senang, misalnya foto keluarga. Lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan dapat membuat produktivitas kamu meningkat.

3. Cukup Istirahat dan Tidur

Kunci lain untuk menjaga produktivitas saat kerja adalah mencukupi kebutuhan istirahat atau tidur. Kurangnya waktu istirahat atau tidur membuat kamu mudah mengantuk saat berada di kantor. Pastikan kamu punya waktu tidur yang cukup setiap harinya. Beberapa cara juga dapat dilakukan agar tidur berkualitas, seperti membuat kamar senyaman mungkin dan hindari bermain gawai sebelum kamu tidur. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein sesaat sebelum tidur. Tidur yang berkualitas membuat kamu terbangun dengan segar pada pagi hari. Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai gangguan tidur yang kamu alami.

4. Lakukan Peregangan di Sela Rutinitas

Pekerjaan yang menumpuk sebaiknya tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan peregangan di kantor. Mengerjakan pekerjaan selama berjam-jam di depan komputer dapat menyebabkan tubuh serta mata menjadi kaku. Lakukan peregangan ringan di sela-sela kesibukan kamu untuk mengembalikan tubuh menjadi lebih rileks. Melakukan peregangan juga membuat kamu menjadi lebih konsentrasi saat bekerja. Tidak ada salahnya untuk lakukan jalan santai keluar kantor, menghirup udara segar, dan melakukan olahraga bersama dengan teman.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Jangan lupa untuk makan siang ketika jam istirahat. Pilihlah menu makanan yang kaya kandungan vitamin dan nutrisi. Makanan yang sehat dan bergizi membantu daya ingatan kamu semakin membaik dan konsentrasi kamu meningkat. Dengan begitu, waktu kamu akan semakin produktif. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah potong atau sayuran rebus ketika ingin memiliki camilan sehat di kantor.

6. Dengarkan Lagu Kesenangan

Melakukan hal yang menyenangkan hati nyatanya dapat membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja. Tidak ada salahnya sesekali bekerja sambil mendengarkan lagu kesukaanmu. Namun, sebaiknya hindari penggunaan earphone terlalu lama karena dapat menyebabkan gangguan pada telinga. 

7. Jangan Berhenti Melatih Otak

Ketika usia kamu bertambah, tentu usia organ dalam tubuh juga ikut bertambah, termasuk otak. Sebaiknya luangkan waktu untuk terus mengasah otak sehingga kamu mengatasi masalah konsentrasi.

Baca juga: 6 Makanan untuk Tingkatkan Konsentrasi Otak

Referensi:
Affordable Comfort. Diakses pada 2019. Five Easy to Beat Brain Fog at The Office
Business Town. Diakses pada 2019. 8 Ways Increase Productivity Workplace