4 Jenis Makanan Sehat untuk Sambut Tahun Baru 2019

4 Jenis Makanan Sehat untuk Sambut Tahun Baru 2019

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang pada dasarnya merupakan hal yang harus selalu dilakukan. Namun pada momen-momen tertentu, hal itu kerap kali dikesampingkan, misalnya saat perayaan tahun baru.

Baca juga: 5 Makanan Superfood untuk Kesehatan Tubuh

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menyajikan makanan sehat untuk hidangan menyambut tahun baru, lho! Apa saja jenis makanan sehat yang bisa disiapkan untuk menyambut tahun baru 2019?

  • Jagung Bakar

Jagung bakar menjadi salah satu hidangan khas saat perayaan tahun baru. Ternyata, jenis makanan yang satu ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang bisa berdampak baik bagi tubuh, lho. Jagung mengandung beragam nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah mineral, serta vitamin yang baik untuk tubuh.

Meski diolah dengan cara apapun, tapi jagung nyatanya memiliki kandungan sejumlah senyawa bioaktif yang disebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan jenis biji-bijian lain, jagung mengandung lebih banyak antioksidan yang baik untuk tubuh. Jadi, jangan lupa sediakan jagung bakar untuk hidangan saat tahun baru, ya!

  • Makanan Laut

Selain jagung bakar, ikan dan jenis makanan laut lainnya juga bisa dijadikan hidangan sehat saat menyambut tahun baru. Nyatanya, makanan laut alias seafood memiliki segudang kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa memilih ikan, cumi, udang, kerang, dan lain-lain.

Baca juga: Cocok untuk Camilan, Ini 5 Makanan Sehat Asal Meksiko

Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, makanan laut pun mengandung banyak nutrisi. Mengonsumsi makanan laut bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap asupan protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3. Meski demikian, cara memasak yang benar dibutuhkan agar manfaat dari makanan laut bisa didapat secara maksimal. Hindari mengolah makanan laut dengan cara digoreng atau dimasak dengan santan.

  • Sayuran Panggang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rutin mengonsumsi sayur-sayuran bisa memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Nah, agar tidak bosan, makanan sehat yang satu ini bisa diolah dengan cara yang berbeda dan disajikan sebagai hidangan tahun baru. Caranya adalah dengan dipanggang.

Membuat sayuran panggang bisa menjadi pilihan untuk menghidangkan makanan sehat, kamu juga bisa menambahkan bumbu dan menyantapnya bersama menu BBQ. Nyatanya, sayuran panggang memiliki jumlah kalori yang lebih rendah, tapi kaya akan kandungan nutrisi. Agar tidak mengecewakan, pastikan untuk mengetahui tips membuat sayur panggang agar sayuran matang merata, tidak terlalu lembek, dan masih renyah saat digigit.

  • Salad Buah

Mengonsumsi buah tidak kalah bermanfaat dengan konsumsi sayur-sayuran. Rutin mengonsumsi buah bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, karena memiliki kandungan nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa mencoba untuk membuat salad buah sebagai hidangan untuk menyambut tahun baru 2019.

Baca juga: 4 Camilan Sehat Pengganti Junk Food

Salad buah merupakan jenis makanan yang terdiri dari berbagai jenis buah segar, bisa juga dicampur dengan sayuran tertentu. Kamu bisa mengisi mangkuk salad buah dengan buah-buahan favorit atau jenis buah tertentu yang memiliki manfaat sehat untuk tubuh.

Cari tahu lebih lanjut seputar makanan sehat untuk sambut tahun baru 2019 dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips hidup sehat dan rekomendasi untuk resolusi sehat awal tahun dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!