• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Makanan Sehat untuk Sambut Tahun Baru 2022
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Makanan Sehat untuk Sambut Tahun Baru 2022

4 Jenis Makanan Sehat untuk Sambut Tahun Baru 2022

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 Desember 2021
4 Jenis Makanan Sehat untuk Sambut Tahun Baru 2022

Mengonsumsi makanan sehat saat tahun baru adalah hal yang baik. Namun, perayaan pergantian tahun yang sering diisi dengan beragam hidangan mungkin membuat khilaf. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk memodifikasi hidangan agar lebih sehat. 


Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Terutama dalam rangka menyambut tahun yang baru. Tahun baru, tubuh baru, dan lebih sehat. Siapa yang tidak mau? Lantas, bagaimana cara mewujudkannya? Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seimbang. 

Ada beragam jenis makanan yang khas disajikan saat pergantian tahun, termasuk jagung bakar dan aneka hidangan laut alias seafood. Di tengah perayaan yang meriah bersama keluarga dan orang terkasih, terkadang kamu mungkin kesulitan untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, yuk coba modifikasi makanan yang disajikan saat tahun baru agar lebih sehat. 

Tips Menyajikan Makanan Sehat saat Tahun Baru 

Menyambut tahun baru 2022, ada tradisi yang mungkin sulit untuk dilewatkan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, merayakan malam pergantian tahun dengan bakar-bakar jagung bersama keluarga ada sebuah kewajiban. Namun, tahukah kamu ternyata beberapa jenis makanan khas tahun baru bisa dibuat lebih sehat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh?

1.Jagung Bakar 

Jagung bakar menjadi salah satu hidangan khas saat perayaan tahun baru. Ternyata, jenis makanan yang satu ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang bisa memberi manfaat untuk tubuh, lho. Jagung mengandung beragam nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah mineral, serta vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Apakah jagung yang dibakar cukup sehat? Meski diolah dengan cara apapun, jagung nyatanya memiliki kandungan sejumlah senyawa bioaktif yang disebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan jenis biji-bijian lain, jagung mengandung lebih banyak antioksidan yang baik untuk tubuh.

2.Seafood 

Selain jagung bakar, makanan laut seperti udang juga sering disajikan saat malam perayaan tahun baru. Jenis makanan ini mungkin dihindari oleh beberapa orang, karena faktanya udang memang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Meski begitu, udang merupakan jenis makanan laut yang banyak mengandung nutrisi, termasuk protein, kalori, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, zinc, lemak omega-3 dan omega-6, serta antioksidan. Agar manfaat sehat udang bisa didapatkan, hindari mengonsumsinya secara berlebihan, ya. 

3.Sayuran Panggang 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rutin mengonsumsi sayur-sayuran bisa memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Nah, agar tidak bosan, makanan sehat yang satu ini bisa diolah dengan cara yang berbeda dan disajikan sebagai hidangan tahun baru. Caranya adalah dengan dipanggang. Membuat sayuran panggang bisa menjadi pilihan untuk menghidangkan makanan sehat, kamu juga bisa menambahkan bumbu dan menyantapnya bersama menu BBQ. 

Sayuran panggang memiliki jumlah kalori yang lebih rendah, tetapi kaya akan kandungan nutrisi. Agar tidak mengecewakan, pastikan untuk mengetahui tips membuat sayur panggang agar sayuran matang merata, tidak terlalu lembek, dan masih renyah saat digigit.

4.Salad Buah

Mengonsumsi buah tidak kalah bermanfaat dengan konsumsi sayur-sayuran. Rutin mengonsumsi buah bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, karena memiliki kandungan nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa mencoba untuk membuat salad buah sebagai hidangan untuk menyambut tahun baru 2019.

Salad buah merupakan jenis makanan yang terdiri dari berbagai jenis buah segar, bisa juga dicampur dengan sayuran tertentu. Kamu bisa mengisi mangkuk salad buah dengan buah-buahan favorit atau jenis buah tertentu yang memiliki manfaat sehat untuk tubuh.

Biar tetap sehat selama perayaan tahun baru 2022, pastikan untuk selalu terhubung dengan dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja. Sampaikan keluhan yang dialami dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 


Referensi: 
Health. Diakses pada 2021. 7 Things You Should Know About Shrimp.
Healthline. Diakses pada 2021. Corn 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
NHS UK. Diakses pada 2021. Eating a Balanced Diet.
Healthline. Diakses pada 2021. Is Fruit Good or Bad for Your Health? The Sweet Truth.