Traveling Sehat dengan Si Kecil, Bawa 5 Benda Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 Traveling Sehat, traveling dengan anak

Halodoc, Jakarta - Bagi ibu baru, momen traveling pertama kali bersama Si Kecil pasti akan sangat menyenangkan. Memang agak membingungkan dalam mengatur apa saja yang harus dibawa. Namun, ibu juga tidak perlu membawa seisi rumah untuk dibawa traveling dengan Si Kecil. Meskipun liburan dengan Si Kecil agak sedikit merepotkan, tetapi semuanya akan terbayar ketika sampai di tempat tujuan. 

Baca juga: Ingin Lebih Akrab dengan Anak? Jangan Ragu untuk Lakukan Traveling

Nah, agar tidak ketinggalan, berikut barang-barang bawaan yang harus dibawa saat traveling dengan Si kecil:

 

1. Perlengkapan Tambahan Si Kecil

 

Bayi memang memiliki banyak perlengkapan yang menjadi kebutuhannya. Untuk traveling, ibu dapat menyiapkan beberapa perlengkapan, seperti:

  • Perlak. Barang ini dibawa sebagai pengganti pampers agar ompol Si Kecil tidak membasahi kasur.

  • Peralatan Mandi Si Kecil. Dalam hal ini, ibu dapat membawa handuk, minyak telon, sabun, dan sikat gigi.

  • Losion anti nyamuk. Khawatir Si Kecil rewel karena tidur tidak nyaman akibat banyak nyamuk? Ibu dapat langsung mengoleskan lotion anti nyamuk pada Si Kecil.

  • Stroller. Membawa barang ini memang agak sedikit repot. Namun, ibu dapat menyesuaikan tempat yang akan dituju.

2. Pakaian Si Kecil

 

 

Siapkan jenis pakaian sesuai dengan destinasi liburan yang akan dituju. Jangan lupa untuk menambahkan jaket dan selimut untuk mengantisipasi jika udara atau cuaca tidak bersahabat. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah Si Kecil masuk angin. Bawa baju secukupnya, tidak perlu berlebihan. Dalam hal ini, ibu bisa menyiapkan 2–3 baju cadangan untuk Si Kecil.

Baca juga: 7 Starter Pack Traveling, Agar Liburan Semakin Indah

 

3. Camilan Si Kecil

 

Mengonsumsi camilan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh Si Kecil. Makanan yang satu ini biasanya memang lebih menarik dibandingkan dengan menu makanan utama. Namun, ibu perlu membatasi konsumsi makanan yang satu ini. Pasalnya, camilan dapat mengganggu selera makan anak saat makan menu makanan utama. Jadi, memberikan Si Kecil camilan harus dalam waktu yang tepat ya, bu.

 

4. Tisu Basah

 

Tisu basah saat traveling merupakan salah satu benda yang wajib dibawa. Tisu ini dapat digunakan sebagai pengganti air saat membersihkan kulit bayi dari sisa makanan dan kotoran. Selain itu, tisu basah berguna sebagai pengganti air untuk membersihkan urine atau feses Si Kecil.

 

5. Mainan Si Kecil

 

Barang yang satu ini juga termasuk barang bawaan wajib bagi Si Kecil. Namun, ibu tidak perlu membawanya secara berlebihan. Cukup beberapa mainan yang disukai Si Kecil. Mainan ini dapat digunakan untuk menenangkan Si Kecil ketika rewel selama perjalanan. Jika mainan tidak juga membuatnya diam, ibu bisa menonton film kesukaannya atau mengajaknya mengobrol.

Baca juga: Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Selain beberapa barang tersebut, obat-obatan juga wajib ibu bawa guna menghindari Si Kecil dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi, jika Si Kecil mengidap penyakit tertentu yang mengharuskannya untuk mengonsumsi obat secara rutin setiap hari. Namun, jika ibu terlupa untuk membawa obat-obatan Si Kecil, Halodoc bisa jadi solusinya.

Saat Si Kecil tiba-tiba tidak enak badan saat traveling, ibu enggak perlu khawatir lagi. Karena ada dokter ahli di aplikasi Halodoc yang akan membantu ibu untuk menangani penyakit Si Kecil ketika ibu sedang traveling. Obat akan langsung dikirimkan ke tempat ibu, dan Si Kecil akan kembali riang. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, perhatikan kesehatan Si Kecil sebelum bepergian ya, Bu! 

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2019. Checklist: Packing List for Traveling with a Baby.
Parenting. Diakses pada 2019. Travel Mamas Packing List for Babies and Toddlers.