Wajib Tahu, 3 Manfaat Blewah untuk Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Wajib Tahu, 3 Manfaat Blewah untuk Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Blewah sering dijadikan campuran untuk membuat es buah sebagai hidangan berbuka puasa. Buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis ini memang dikenal sebagai jenis buah khas yang banyak dijual selama bulan Ramadan. Selain menyegarkan, blewah ternyata juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang membuat buah ini baik untuk dikonsumsi, termasuk oleh Si Kecil.

Mengonsumsi buah blewah dianjurkan bagi kamu yang tengah menjalani diet rendah kalori. Tak hanya itu, buah blewah juga memiliki sederet kandungan nutrisi dan gizi seperti serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Seluruh kandungan nutrisi yang ada dalam buah blewah tersebut nyatanya bisa menjaga kekebalan tubuh. Lantas, apa saja manfaat sehat yang bisa didapat dari buah ini?

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Blewah termasuk kelompok buah-buahan berwarna oranye, seperti wortel, ubi jalar, dan labu, yang merupakan sumber karotenoid. Kandungan ini bisa membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada kulit akibat sengatan matahari.

Selain itu, pigmen karotenoid juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput. Dengan kata lain, mengonsumsi buah blewah bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tetap awet muda.

Baca juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ketahui Manfaat Blewah

  • Mencegah Kanker

Buah blewah mengandung banyak antioksidan, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin. Kandungan antioksidan dalam buah blewah berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. Kandungan antioksidan dalam buah ini juga terbukti bisa membantu mencegah kanker menyerang.

  • Mencegah Obesitas

Naiknya berat badan yang berujung pada obesitas menjadi satu hal yang sering dikeluhkan selama bulan puasa. Sebab, saat berbuka maupun sahur seseorang sering kalap dalam menyantap makanan, sehingga menyebabkan berat badan naik. Tapi jangan khawatir, hal itu tidak akan terjadi jika kamu mengonsumsi buah blewah saat berbuka puasa.

Blewah termasuk buah yang rendah kalori, dalam 100 gram hanya terkandung sekitar 60 kalori. Tapi tentu saja, hindari mengolah blewah dengan bahan-bahan yang malah bisa memicu berat badan naik, seperti gula dan kental manis.

Baca juga: 5 Buah-buahan Pengganti Kurma

Manfaat Blewah untuk Si Kecil

Selain pada orang dewasa, buah blewah ternyata juga memiliki manfaat sehat bagi Si Kecil, lho. Berikut manfaat yang bisa didapat jika anak rutin mengonsumsi buah blewah:

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan vitamin C pada blewah bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh anak. Dengan begitu, Si Kecil tidak akan mudah terpapar penyakit selama menjalani puasa.

2. Kesehatan Mata Terjaga

Kandungan zeaxanthin pada blewah bisa membantu menjaga kesehatan mata anak. Kandungan ini bisa meminimalisir efek radiasi sinar UV pada mata.

3. Pencernaan Sehat

Rutin mengonsumsi buah blewah juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, lho. Buah ini bisa mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus mencerna makanan dengan lebih baik. Jadi, Si Kecil akan terbebas dari keluhan sakit perut atau masalah pencernaan lainnya selama menjalani puasa.

Baca juga: Ketahui 3 Manfaat Blewah untuk Sistem Pencernaan

Masih penasaran dan mau tahu apa saja manfaat sehat konsumsi buah blewah? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja! Ibu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.