• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Sarkoidosis Dapat Berujung kepada Gagal Ginjal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Sarkoidosis Dapat Berujung kepada Gagal Ginjal

Waspada Sarkoidosis Dapat Berujung kepada Gagal Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 September 2021
Waspada Sarkoidosis Dapat Berujung kepada Gagal Ginjal

Sarkoidosis adalah penyakit peradangan yang bisa menyerang banyak organ tubuh, termasuk ginjal. Penyakit ini bisa mengubah cara ginjal menangani kalsium, sehingga bisa menyebabkan hiperkalsemia (kelebihan kalsium dalam darah) dan hiperkalsiuria (kelebihan kalsium dalam urine). Akibatnya, batu ginjal bisa terbentuk, dan terkadang bisa berujung pada gagal ginjal.

Halodoc, Jakarta – Penyakit sarkoidosis adalah suatu penyakit yang berhubungan dengan proses peradangan. Penyakit ini dapat menyerang seluruh organ tubuh manusia, termasuk ginjal.

Sarkoidosis ditandai dengan munculnya kumpulan sel inflamasi atau granuloma yang tersebar di satu atau lebih organ tubuh. Nah, granuloma ini bisa mengubah struktur normal dan mungkin fungsi organ yang terkena, sehingga menyebabkan kerusakan organ tersebut. Bila granuloma muncul pada ginjal, hal itu bisa mengubah cara kerja organ tersebut dan menurunkan fungsinya yang bisa berujung pada gagal ginjal. Berikut ulasannya. 

Baca juga: Jika Dibiarkan, Sarkoidosis pada Jantung Bisa Picu Aritmia

Sistem Tubuh yang Bisa Terkena Sarkoidosis

Sarkoidosis bisa menyerang banyak organ dalam tubuh, tapi penyakit ini paling sering menyerang paru-paru dan kelenjar bening. Selain itu, organ atau sistem tubuh yang juga bisa terkena sarkoidosis, antara lain kulit, mata, sistem musculoskeletal, sistem saraf, jantung, hati, dan ginjal. 

Orang yang mengidap sarkoidosis bisa mengalami gejala yang berhubungan dengan organ tertentu yang terkena, atau bisa memiliki gejala umum, atau tidak memiliki gejala apapun. Gejala tiap pengidap pun juga bisa bervariasi, tergantung saat granuloma terbentuk, berapa banyak jaringan yang terpengaruh dan apakah pembentukan granuloma masih aktif atau sudah berkembang menjadi bekas luka.

Baca juga: Sarkoidosis Bisa Menyerang Mata, Ketahui Gejalanya

Bagaimana Sarkoidosis Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal?

Sarkoidosis bisa memengaruhi cara tubuh kamu menangani kalsium. Misalnya, pada 2–10 persen pengidap sarkoidosis, mereka mengalami kelebihan kalsium dalam darah atau hiperkalsemia. Hiperkalsiuria atau kelebihan jumlah kalsium dalam urine juga terjadi pada 21 persen pengidap sarkoidosis. Hal itu bisa mengakibatkan terbentuknya batu ginjal, kerusakan struktur ginjal itu sendiri. Pada kasus yang jarang, sarkoidosis yang menyerang ginjal juga bisa berujung pada gagal ginjal.

Ketahui Penyebabnya

Penyakit sarkoidosis bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, penyakit ini diduga bisa muncul pada tubuh seseorang akibat adanya respon alami dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang cukup asing dan masuk dalam tubuh. Salah satunya bisa berasal dari udara yang kita hirup.

Organisme asing yang dihirup bereaksi dan memicu sel imun hingga terjadi peradangan pada salah satu organ tubuh kamu dan membentuk granuloma. Semakin besar ukuran granuloma yang menumpuk pada bagian organ tubuh tertentu, maka akan mengurangi fungsi dari organ tubuh yang terserang granuloma.

Penyakit sarkoidosis bukan penyakit menular. Namun ada beberapa penyebab atau faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan seseorang berisiko mengalami penyakit sarkoidosis, antara lain:

1. Penyakit Autoimun

Seseorang yang memiliki penyakit autoimun lainnya, kemungkinan berisiko mengalami penyakit sarkoidosis.

2. Usia dan Jenis Kelamin

Penyakit sarkoidosis banyak dialami oleh para wanita yang sudah memasuki usia antara 20 hingga 40 tahun. Hal ini terjadi karena faktor keseimbangan hormon pada wanita, seperti estrogen dan testosteron. Rutin melakukan olahraga dan menjalani gaya hidup sehat baik dilakukan oleh para wanita untuk menghindari beberapa penyakit khususnya penyakit yang disebabkan oleh autoimun.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami penyakit sarkoidosis. Lingkungan yang kurang bersih menyebabkan banyak debu dan kotoran yang dapat dihirup ketika bernapas. Tidak hanya itu, polusi udara juga menjadi faktor yang bisa membuat kamu menderita sarkoidosis. Kebersihan air juga dapat menjauhkan kamu dari penyakit sarkoidosis. Perhatikan kebersihan air saat akan digunakan untuk konsumsi maupun kehidupan sehari-hari.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Sarkoidosis

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit sarkoidosis. Beberapa di antaranya dengan menjalani gaya hidup sehat. Jauhi aktivitas merokok dalam kehidupan sehari-hari. Kandungan berbahaya pada rokok dapat membuat kondisi tubuh memburuk. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan agar segala racun dalam tubuh bisa dikeluarkan bersama urine maupun keringat.

Baca juga: Pola Makan Sehat untuk Pengidap Sarkoidosis

Bila kamu mengalami gejala batu ginjal, seperti rasa nyeri di punggung bawah, mual dan muntah, urine yang berbau atau terlihat keruh, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Batu ginjal bisa menjadi pertanda sarkoidosis. Kamu juga bisa membicarakan gejala kesehatan yang kamu alami pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter yang ahli dan terpercaya bisa membantu memberi diagnosis awal dan saran kesehatan yang tepat. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Sarcoidosis Overview.