24 October 2018

Waspada Sarkoidosis Dapat Berujung kepada Gagal Ginjal

waspada sarkoidosis dapat berujung kepada gagal ginjal

Halodoc, Jakarta – Penyakit sarkoidosis adalah suatu penyakit yang berhubungan dengan proses peradangan. Penyakit ini dapat menyerang seluruh organ tubuh manusia sehingga penyakit sarkoidosis sebaiknya dihindari dengan melakukan gaya hidup yang sehat dan pola makan yang baik.

Jika kamu menderita penyakit sarkoidosis, penyakit ini ditandai dengan munculnya kumpulan sel inflamasi atau granuloma yang tersebar pada bagian tubuh. Biasanya, granuloma muncul pada bagian mata, kulit, kelenjar getah bening, dan paru-paru. Penyakit ini bisa muncul dalam jangka waktu yang cukup panjang dan merusak organ tubuh terkait yang mengalami granuloma.

Penyebab Sarkoidosis

Penyakit sarkoidosis dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, penyakit sarkoidosis diduga bisa muncul pada tubuh seseorang akibat adanya respon alami dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang cukup asing dan masuk dalam tubuh. Salah satunya bisa berasal dari udara yang kita hirup.

Organisme asing yang dihirup bereaksi dan memicu sel imun hingga terjadi peradangan pada salah satu organ tubuh kamu dan membentuk granuloma. Semakin besar ukuran granuloma yang menumpuk pada bagian organ tubuh tertentu, maka akan mengurangi fungsi dari organ tubuh yang terserang granuloma.

Penyakit sarkoidosis bukan penyakit menular. Namun ada beberapa penyebab atau faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan seseorang berisiko mengalami penyakit sarkoidosis.

1. Penyakit Autoimun

Seseorang yang memiliki penyakit autoimun lainnya, kemungkinan berisiko mengalami penyakit sarkoidosis.

2. Usia dan Jenis Kelamin

Penyakit sarkoidosis banyak dialami oleh para wanita yang sudah memasuki usia antara 20 hingga 40 tahun. Hal ini terjadi karena faktor keseimbangan hormon pada wanita seperti estrogen dan testosteron. Rutin melakukan olahraga dan menjalani gaya hidup sehat baik dilakukan oleh para wanita untuk menghindari beberapa penyakit khususnya penyakit yang disebabkan oleh autoimun.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami penyakit sarkoidosis. Lingkungan yang kurang bersih menyebabkan banyak debu dan kotoran yang dapat dihirup ketika bernapas. Tidak hanya itu, polusi udara juga menjadi faktor yang bisa membuat kamu menderita sarkoidosis. Kebersihan air juga dapat menjauhkan kamu dari penyakit sarkoidosis. Perhatikan kebersihan air saat akan digunakan untuk konsumsi maupun kehidupan sehari-hari.

Pencegahan Penyakit Sarkoidosis

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit sarkoidosis. Beberapa di antaranya dengan menjalani gaya hidup sehat. Jauhi aktivitas merokok dalam kehidupan sehari-hari. Kandungan berbahaya pada rokok dapat membuat kondisi tubuh memburuk. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan agar segala racun dalam tubuh bisa dikeluarkan bersama urine maupun keringat.

Komplikasi Penyakit Sarkoidosis

Penyakit sarkoidosis dapat menimbulkan beberapa penyakit lain, seperti gangguan sistem saraf utama yang terjadi akibat adanya granuloma pada otak. Tidak hanya itu saja, granuloma atau peradangan yang terdapat pada bagian mata dapat membuat kondisi penglihatan menjadi buruk hingga kebutaan. Jika peradangan terjadi pada jantung, akan mengakibatkan kondisi yang tidak normal pada fungsi kerja jantung. Parahnya, penyakit sarkoidosis dapat berujung pada penyakit gagal ginjal karena penyakit ini berdampak pada kendali tubuh terhadap kalsium.

Penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya, namun sebaiknya jika ada tanda atau gejala penyakit sarkoidosis pada kesehatan kamu, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan sejak dini. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya mengenai kesehatan kamu. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: