05 March 2019

Waspadai 9 Faktor Pemicu Psoriasis yang Perlu Diketahui

waspadai 9 faktor pemicu psoriasis yang perlu diketahui

Halodoc, Jakarta – Tidak ada orang yang mau terkena penyakit kulit. Pasalnya, selain bisa mengurangi penampilan, penyakit kulit juga bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman dan terganggu. Sayangnya, ada satu penyakit kulit yang tidak bisa dihindari, yaitu psoriasis.

Ini karena psoriasis bukan disebabkan oleh faktor eksternal, melainkan oleh faktor internal yaitu adanya kondisi autoimun dalam tubuh pengidap. Meski demikian, pengidap psoriasis tetap bisa mencegah penyakit kulit ini kambuh dengan menghindari faktor pemicu psoriasis. Yuk, ketahui apa saja faktor pemicu psoriasis di sini.

Apa Itu Psoriasis?

Psoriasis adalah penyakit radang kulit yang ditandai dengan bercak merah, kulit mengelupas, bersisik, dan berkerak. Tanda-tanda tersebut juga kadang bisa menimbulkan rasa gatal atau perih. Psoriasis bisa terjadi pada semua bagian tubuh, namun biasanya, kondisi ini muncul pada lutut, punggung bagian bawah, siku atau kulit kepala.

Pengidap psoriasis bisa mengalami gejala dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala ringan atau bahkan tidak timbul apa-apa dalam jangka waktu tertentu, namun kemudian gejala tersebut bertambah parah sampai mengganggu kenyamanan pengidap. Meski demikian, psoriasis bukan penyakit yang bisa menular.

Baca juga: Inilah 8 Jenis Psoriasis yang Harus Diwaspadai

Penyebab Psoriasis

Penyebab pasti psoriasis masih belum diketahui sampai saat ini. Tapi, penyakit kulit ini diduga berkaitan dengan adanya kondisi autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru dan malah menyerang sel-sel kulit yang sehat. Psoriasis muncul karena tubuh memproduksi sel-sel kulit secara berlebihan.

Bila pada kondisi normal, tubuh memproduksi dan mengganti sel-sel kulit mati dalam beberapa minggu sekali, pengidap psoriasis bisa mengalami pembentukan sel kulit dalam hitungan hari. Akibatnya, sel-sel kulit yang dihasilkan terlalu cepat akan menumpuk dan membentuk penebalan.

Faktor keturunan juga turut berpengaruh terhadap kemunculan penyakit ini. Seseorang yang lahir dari orangtua yang mengidap psoriasis, berisiko tinggi terkena penyakit yang sama.

Ada faktor yang dapat memicu terjadinya psoriasis, antara lain:

  1. Infeksi tenggorokan. Psoriasis gutata, yaitu jenis psoriasis yang sering menyerang anak-anak dan remaja, biasanya muncul setelah pengidap mengalami infeksi atau radang tenggorokan.

  2. Konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat untuk tekanan darah tinggi, obat malaria, dan litium.

  3. Cedera pada kulit, misalnya terbakar matahari, tergores, digigit serangga.

  4. Minum-minuman beralkohol terlalu banyak.

  5. Kebiasaan merokok.

  6. Obesitas.

  7. Stres

  8. Perubahan hormon, terutama pada wanita saat menopause atau haid.

  9. Gangguan sistem kekebalan tubuh, misalnya karena mengidap HIV.

Dengan mengetahui dan menghindari faktor-faktor pemicu psoriasis, pengidap bisa mencegah kambuhnya atau berkembangnya gejala-gejala psoriasis.

Baca juga: Waspadai 5 Makanan Pemicu Psoriasis Ini

Cara Merawat Psoriasis Di Rumah

Sayangnya, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan psoriasis sepenuhnya. Penanganan yang dilakukan untuk psoriasis hanya bertujuan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kulit, mengurangi gejala, dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang saja. Kamu juga bisa melakukan beberapa cara merawat psoriasis berikut di rumah agar penyakit kulit tersebut tidak sering kambuh:

  • Beritahu dokter tentang semua obat-obatan yang kamu konsumsi, karena bisa jadi psoriasis yang kamu alami dipicu oleh obat-obatan yang kamu konsumsi.

  • Konsumsi obat sesuai anjuran dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan, seperti emolien, kortikosteroid, calcineurin Inhibitor, analog vitamin D, dan coal tar yang bermanfaat untuk mengatasi psoriasis.

  • Hindari melakukan kegiatan yang bisa menyebabkan cedera pada kulit dan kulit kering.

  • Rutin berjemur di bawah sinar matahari yang lembut.

  • Menjaga kebersihan kulit dengan baik.

Baca juga: Ketahui 4 Makanan yang Bisa Membantu Meringankan Gejala Psoriasis

Itulah faktor-faktor pemicu psoriasis yang perlu kamu waspadai dan hindari. Kamu juga bisa membicarakan masalah kulit yang kamu alami pada ahlinya di aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan dan rekomendasi obat dari dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.