• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wine Bisa Cegah Sakit Tenggorokan, Benarkah?

Wine Bisa Cegah Sakit Tenggorokan, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Wine ternyata bisa membantu mencegah sakit tenggorokan dan masalah mulut lain, seperti penumpukan plak. Ada sebuah penelitian yang menyebut bahwa minuman beralkohol ini memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa melawan kuman penyebab plak pada gigi dan sakit tenggorokan. Kandungan itu disebut bisa membunuh hingga 99,9 persen bakteri. 

Secara umum, wine memang dikenal sebagai minuman yang mungkin memberi manfaat untuk tubuh. Namun tetap saja, kandungan alkohol yang ada dalam minuman ini sama sekali tidak boleh diabaikan. Jika kamu ingin mengonsumsi untuk mendapat manfaat dari wine, sebaiknya jangan berlebihan dan tidak dikonsumsi secara teratur. 

Baca juga: Rayakan Tahun Baru dengan Wine, Ketahui Manfaatnya

Manfaat dan Risiko Kesehatan dari Wine 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebut bahwa konsumsi wine, baik red wine maupun white wine, bisa mencegah sakit tenggorokan dan penumpukan plak di gigi. Selain itu, jenis minuman ini juga disebut bisa membantu menghentikan gejala flu dan mencegahnya menjadi lebih buruk. 

Namun, fakta yang tidak bisa diingkari adalah wine merupakan minuman yang mengandung alkohol, sehingga berlebihan dalam mengonsumsinya malah bisa memicu gangguan kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat sehatnya, disarankan untuk mengonsumsi wine secara moderat. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan khasiat wine untuk mencegah sakit tenggorokan. 

Sejauh ini, wine dikenal memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, mulai dari meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi risiko depresi, menurunkan risiko kanker, dan penyakit Alzheimer, hingga mengurangi resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Selain itu, wine juga disebut bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh hingga 20 persen.

Baca juga: Ini Dampak Negatif Kecanduan Alkohol pada Tubuh

Walaupun memiliki manfaat untuk tubuh, tetapi berlebihan dalam mengonsumsi wine juga bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Ada berbagai masalah yang mungkin muncul akibat mengonsumsi wine yang mengandung alkohol dalam jumlah besar, di antaranya: 

  • Risiko Penyakit Jantung 

Mengonsumsi zat alkohol dalam jumlah besar atau berlebihan nyatanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung menyerang. Sebab, hal ini bisa memicu kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta membuat otot jantung menjadi lemah. Hal itu membuat konsumsi alkohol, termasuk wine secara berlebihan dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. 

  • Gangguan pada Tulang 

Konsumsi alkohol berlebih bisa mengganggu proses pembentukan jaringan tulang yang akhirnya mengakibatkan gangguan pada tulang. Dalam jangka panjang, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. 

  • Gangguan Otak 

Tidak hanya pada tulang, konsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa memicu gangguan otak. Dalam jangka panjang, konsumsi minuman beralkohol bisa mengganggu perkembangan sel otak baru sekaligus meningkatkan risiko depresi. Sedangkan dalam jangka pendek, alkohol disebut bisa memicu terjadi perubahan perilaku dan gangguan memori pada seseorang. 

  • Memicu Dehidrasi 

Konsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko kekurangan cairan pada tubuh alias dehidrasi. Kondisi ini bisa memicu gejala lain, seperti sakit kepala, tubuh lemas, hingga kesulitan berkonsentrasi. 

  • Kecanduan Alkohol

Wine yang dikonsumsi terus-menerus bisa menyebabkan seseorang mengalami kecanduan alkohol. Saat hal itu terjadi, tentunya akan sulit untuk mengendalikan asupan zat alkohol yang pada akhirnya bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca juga: Cara Tepat Menikmati Alkohol Tanpa Tambah Berat Badan

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. Is Red Wine Really Good for You?
Web MD. Diakses pada 2020. Wine: How Much Is Good for You?
Healthline. Diakses pada 2020. Another Benefit for Red Wine: It Can Help Protect Your Teeth.
ACS Publication. Diakses pada 2020. Red Wine and Oenological Extracts Display Antimicrobial Effects in an Oral Bacteria Biofilm Model.