10 Makanan Tersehat yang Harus Dikonsumsi Wanita (Bagian 2)

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
makanan sehat wanita

Halodoc, Jakarta - Superfood merupakan makanan tersehat yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan nutrisi baik di dalamnya bahkan dapat mencegah beberapa penyakit yang sering dikhawatirkan oleh wanita. Berikut 10 makanan tersehat yang wajib dikonsumsi oleh wanita:

Baca juga: 4 Super Food yang Dibutuhkan Pria

  • Telur

Bagian kuning telur mengandung banyak nutrisi penting, termasuk kolin yang dapat menurunkan risiko terjadinya kanker payudara pada wanita. Selain itu, antioksidan di dalamnya dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

  • Ikan Salmon

Ikan yang satu ini merupakan sumber vitamin D dan omega-3 yang baik bagi tubuh. Omega-3, atau yang lebih dikenal dengan asam lemak esensial ini memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh, yaitu mencegah datangnya penyakit jantung, merawat kulit dari dalam, membantu menurunkan berat badan, serta memperbaiki suasana hati.

  • Kacang Polong

Kacang polong mengandung banyak serat dan beberapa nutrisi penting bagi tubuh, seperti kalsium, potasium, dan magnesium. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kanker payudara dan kanker usus besar.

  • Minyak Zaitun 

Siapa yang tidak kenal dengan minyak yang satu ini. Minyak zaitun bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, serta kaya akan antioksidan. Untuk mengonsumsinya, kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk menumis sebagai pengganti minyak goreng atau mentega.

  • Alpukat

Dalam satu buah ini, terkandung serat larut, vitamin E, folat, dan potasium yang baik bagi organ jantung. Namun, perhatikan jumlah konsumsinya, ya! Pasalnya, alpukat sendiri mengandung kalori padat yang mengandung tinggi lemak.

Baca juga: 6 Superfood untuk Tumbuh dan Kembang Anak

  • Tomat

Tomat mengandung likopen dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker payudara. Untuk mengonsumsinya, kamu dapat memanggang tomat yang sudah dilapisi dengan minyak zaitun, bubuk bawang putih, lada dan garam selama 20 menit. Kemudian sajikan dengan ayam.

  • Brokoli

Brokoli memiliki sejumlah manfaat baik, yaitu menjaga kesehatan tulang, pembuluh darah, mata, pencernaan, kulit, serta sebagai bahan detoksifikasi tubuh. Dalam hal ini, kamu dapat mengukus brokoli yang dikukus untuk melepaskan jumlah maksimum sulforaphane, senyawa aktif yang baik bagi tubuh.

  • Bayam

Bayam kaya akan lutein yang baik bagi kesehatan mata dan mencegah terjadinya serangan jantung. Tak hanya lutein, bayam juga banyak mengandung zat besi, asam folat, serta vitamin B yang dapat mencegah kecacatan pada bayi.

  • Pisang

Pisang dapat membantu mengontrol tekanan darah, menjaga sistem saraf dan menurunkan risiko penyakit stroke. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan kalium, potasium, dan serat di dalamnya.

  • Kopi

Mengonsumsi secara wajar setiap hari ternyata dapat menurunkan risiko kematian pada seseorang. Tak hanya itu, kandungan dalam kopi juga dapat menurunkan risiko terjadinya sejumlah penyakit berbahaya, seperti diabetes, kanker kulit, demensia, dan Alzheimer. Dalam hal ini, sebaiknya konsumsi kopi rendah gula, ya!

Baca juga: Mau Kulit Semulus Artis Korea? Konsumsi 5 Superfood Ini

Untuk lebih mengetahui superfood lain yang baik dikonsumsi oleh wanita, kamu bisa tanyakan langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mendiskusikan makanan apa yang cocok denganmu, jika kamu mengidap masalah kesehatan tertentu.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. The 50 Foods the World's Healthiest Women Eat Every Day
Everyday Health. Diakses 2019. 10 Superfoods Women Should Eat.