11 January 2017

4 Super Food yang Dibutuhkan Pria

HaloDoc, Jakarta – Konsumsi makanan bergizi seimbang dianjurkan bagi semua gender. Baik pria maupun wanita disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin yang terdapat pada buah dan sayuran.

Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan tubuh juga dianjurkan menambah asupan protein yang baik untuk otot. Sedangkan asupan karbohidrat yang cukup sebagai sumber tenaga ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Dari semua jenis makanan bergizi ada beberapa jenis yang merupakan “super food” lantaran memberi manfaat besar jika dikonsumsi secara rutin. Bagi pria, makanan super food ini dibutuhkan tubuh untuk menambah asupan vitamin bagi tubuh.

1. Tomat
Warnanya yang merah serta rasanya yang sedikit asam segar ternyata merupakan jenis makanan super yang dibutuhkan oleh pria. Bahkan tomat disebut-sebut sebagai makanan super terbaik bagi pria. Manfaat khusus yang diberikan buah ini terdapat pada kandungan lycopene yang dimilikinya.

Sebuah studi mengenai tomat menemukan bahwa lycopene dalam tomat, dapat mengurangi risiko kanker kolorektal. Tidak hanya itu, tomt juga mampu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Dua penyakit ini adalah penyebab utama kematian pada pria.

Dalam sebuah penelitian lain juga ditemukan bahwa pria yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan lycopene, dapat secara drastis mengurangi risiko terkena kanker prostat.

2. Jeruk & Pisang
Kedua buah ini merupakan makanan yang mengandung potassium tinggi sehingga dapat mengontrol tekanan darah. Potassium dapat membantu menyeimbangkan jumlah sodium dalam sel tubuh karena asupan garam yang tinggi.

Dilansir dari mayoclinic, kurangnya potassium dalam tubuh dapat mengakibatkan kadar sodium dalam darah meningkat dan terkumulasi. Jeruk dan pisang mengandung potassium yang mampu membantu menurunkan tekanan darah.

3. Brokoli
Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa brokoli mengandung zat kimia pencegah kanker. Brokoli memiliki kandungan sulphoraphane yang mempu mencegah risiko pria terkena kanker kandung kemih, kanker prostat dan kanker kolorektal.

Ada banyak cara untuk mengolah brokoli, cara terbaik adalah dengan direbus atau dikukus agar kandungan vitaminnya tidak banyak yang hilang setelah dimasak. Brokoli termasuk jenis makanan super yang dibutuhkan pria mengingat, pria juga rentan terhadap serangan kanker. Konsumsi brokoli setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk menambah asupan super food bagi tubuh Anda.

4. Tiram
Makanan laut yang satu ini mengandung zinc alami paling tinggi. Selain rasanya yang lezat, tiram ternyata memberikan manfaat besar bagi pria. Tergolong dalam jenis super food karena asupan zinc sering dikaitkan dengan tingkat kesuburan pria.

Zinc memiliki pengaruh besar pada kesehatan seksual pria karena menjaga kadar testosteron pada pria dan juga untuk memproduksi sperma yang sehat. Jika pria kekurangan zinc akan terlihat pada rontoknya rambut. Kalau ini terjadi, artinya tubuh sudah memberikan sinyal bahwa memerlukan zinc lebih banyak.

Mengonsumsi makanan super food memang sangat dianjurkan, namun itu saja tidak cukup. Imbangi dengan olahraga dan pola makan yang selalu sehat. Maka tubuh juga akan selalu bugar.

Ingat untuk selalu membicarakan masalah kesehatan Anda pada dokter yang tepat. Anda bisa menggunakan fitur Call, Chat, dan Video Call di aplikasi HaloDoc untuk membicarakan masalah kesehatan Anda. Download aplikasi HaloDoc sekarang melalui App Store dan Play Store.