Mau Kulit Semulus Artis Korea? Konsumsi 5 Superfood Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
makanan kulit,

Halodoc, Jakarta - Memiliki kulit semulus artis Korea memang dambaan kebanyakan wanita. Meskipun terkenal dengan oplasnya, tapi banyak juga kok kaum hawa di Korea yang masih menjaga kecantikan alami dengan bahan-bahan yang juga alami. Dengan rutin dan konsisten dalam menjaga kulit, kulit akan tetap mulus dan juga awet muda. Kamu mengidamkan kulit mulus seperti artis Korea? Enggak ada salahnya kamu mencoba superfood ini guna menjaga kesehatan kulit kamu.

Baca juga: 5 Makanan untuk Kulit Lebih Cerah

Kulit Semulus Artis Korea, Coba Konsumsi Superfood Ini

Selain mengatasi rasa lapar dan sebagai sumber energi, makanan yang dikonsumsi juga dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan, termasuk pada kesehatan kulit. Oleh karena itu, memantau dan menyeleksi makanan yang dikonsumsi setiap hari perlu dilakukan. Pada wanita, masalah kulit keriput, flek hitam, serta munculnya tanda-tanda penuaan dini merupakan salah satu mimpi buruk yang harus dihindari. 

Sebagian besar wanita juga melakukan perawatan yang bisa dikatakan berlebihan gina mengatasi masalah tersebut. Padahal, bisa saja akar masalah pada kulit terletak pada pola makan yang kurang sehat. Namun, kamu enggak perlu khawatir, untuk menjaga kesehatan kulit kamu sejak dini, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini. Manfaatnya adalah untuk memicu regenerasi sel, sehingga kulit menjadi kencang, enggak mudah keriput, terhindar dari flek hitam, serta masalah kulit lainnya. 

Nah, beberapa jenis makanan superfood yang dapat menjaga kesehatan kulit kamu, antara lain:

1. Susu dan Madu

Kandungan lemak dan lactic acid dalam susu mampu mengobati iritasi pada kulit jika diaplikasikan secara rutin. Kamu juga dapat mencampurkannya dengan madu guna mendapatkan hasil yang maksimal. Madu tidak hanya bekerja dalam menjaga kelembapan alami kulit, tetapi juga mengandung anti-bakteri dan anti-fungal yang dapat melindungi kulit.

Baca juga: 10 Makanan Ini Ampuh Cegah Kulit Berminyak

2. Gandum Utuh

Berbagai makan produk dari gandum, seperti roti dan sereal dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan regenerasi sel kulit, sehingga kamu terlihat lebih awet muda. Gandum sendiri mengandung vitamin B kompleks yang kaya akan serat, sehingga dapat menjaga fungsi metabolisme tubuh agar tetap berjalan dengan baik. Gandung juga dapat dikonsumsi sebagai pencegah kelainan pada DNA.

3. Teh Hijau

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam teh hijau mampu menangkal radikal bebas dari sinar ultraviolet. Teh hijau baik dikonsumsi langsung sebagai minuman, atau diaplikasikan langsung pada kulit. Selain melindungi kulit dari sinar ultraviolet, teh hijau juga mampu mengobati masalah pada kulit, seperti jerawat dan juga eksim.

4. Sayur dan Buah yang Berwarna Cokelat

Buah serta sayuran yang berwarna cokelat mengandung senyawa bernama fenolik yang mampu menangkal berbagai jenis bakteri, virus, dan mikroorganisme yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, serta menyebabkan kerusakan sel. Kamu dapat mengonsumsi kentang, aprikot, dan jamur agar kulit tampak kencang dan bersinar.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung berbagai macam zat yang diperlukan tubuh guna menunjang kinerja organ-organ di dalamnya. Kacang-kacangan mengandung protein, isoflavon, antosianin, serta lemah rendah yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Baca juga: Inilah 6 Makanan yang Ampuh Cegah Kulit Berminyak

Untuk lebih jelasnya tentang superfood apa saja yang bisa kamu konsumsi guna menjaga kesehatan kulitmu, kamu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Jadi, kamu enggak perlu bingung lagi apa yang boleh dan tidak boleh kamu konsumsi. Yuk,  download aplikasinya segera!