3 Manfaat Okra untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
3 Manfaat Okra untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Tanaman okra dikenal kaya akan kandungan serat, vitamin, serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Berkat seluruh kandungan dalam tanaman tersebut, tanaman yang satu ini dikenal sangat bermanfaat bagi pengidap penyakit diabetes. Apa saja manfaat tanaman lunak dan berlendir yang satu ini bagi pengidap diabetes? 

Okra menjadi jenis makanan yang kurang diminati untuk dikonsumsi, karena memiliki tekstur yang cenderung lengket dan berlendir. Namun di balik penampilannya tersebut, tanaman yang satu ini ternyata menyimpan manfaat yang tidak main-main, terlebih bagi pengidap diabetes. Mengonsumsi okra bisa membantu menurunkan kadar gula darah, yang merupakan “musuh” utama penyakit diabetes. 

Seperti diketahui, diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena naiknya kadar gula dalam darah. Kondisi ini bisa terjadi karena pola hidup tidak sehat, kebiasaan konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula tambahan, hingga faktor keturunan. Kondisi umum pengidap diabetes adalah meningkatnya kadar gula dalam darah jauh dari angka normal. Mengonsumsi okra bisa membantu mengatasi kondisi tersebut dan menormalkan kadar gula darah.

Baca juga: Belum Banyak yang Kenal, Ini Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan

Manfaat Okra untuk Pengidap Diabetes 

Okra banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam tanaman ini banyak ditemukan kandungan berbagai macam mineral, kalium, magnesium, seng, tembaga, fosfor, dan kalsium. Mengonsumsi okra bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah, meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini. 

Manfaat okra untuk menurunkan kadar gula darah bisa didapat dengan cara mengonsumsi biji okra yang dipanggang. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk meminum air bekas rendaman okra. Untuk mendapatkannya, cobalah untuk merendam okra dalam air putih semalaman kemudian minum air bekas rendaman okra pada pagi hari. Selain menurunkan kadar gula darah, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dari konsumsi okra, di antaranya: 

1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Tanaman okra kaya akan kandungan serta. Pengidap diabetes disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serta, sebab kandungan ini disebut bisa membantu mengontrol gula darah. Selain itu, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada pengidap diabetes. 

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa Okra yang Tidak Boleh Dilewati

2. Menurunkan Kolesterol 

Pengidap diabetes juga dianjurkan untuk selalu mengontrol kadar kolesterol. Pasalnya, pengidap penyakit ini umumnya juga memiliki tingkat kolesterol yang tinggi dan bisa berdampak buruk pada tubuh. Sangat pengidap diabetes memiliki kadar kolesterol yang tinggi, buka tidak mungkin dampak buruk dan berbahaya bagi tubuh bisa muncul. Nah, mengonsumsi okra bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan memberi manfaat bagi pengidap diabetes. 

3. Menangkal Stres 

Pengidap diabetes sama sekali tidak disarankan untuk stres, apalagi yang berlangsung dalam jangka waktu panjang. Stres bisa membuat kondisi tubuh semakin memburuk, dan bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula darah. Hal itu sama sekali tidak baik bagi pengidap penyakit diabetes. Sangat penting bagi pengidap penyakit ini untuk selalu mengontrol kadar stres dan memperhatikan kesehatan mental. Mengonsumsi okra disebut bisa membantu mengatasi masalah stres pada tubuh. 

Baca juga: Mengenal Okra, Sayuran yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat okra untuk pengidap diabetes dan pola makan yang dianjurkan untuk penyakit ini dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!