3 Tips Perawatan Wajah Sehari-hari Anti Ribet

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
3 Tips Perawatan Wajah Sehari-hari Anti Ribet

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian besar wanita, dan beberapa pria, merawat wajah menjadi suatu keharusan. Tidak hanya membantu memaksimalkan penampilan, melakukan perawatan pada wajah juga membantu meningkatkan rasa percaya diri. Namun, tidak jarang, orang-orang melakukan perawatan wajah dengan menghabiskan uang yang tidak sedikit jumlahnya. 

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Beberapa orang memiliki kulit normal, yang lainnya memiliki kulit bermiliki kulit kering, dan sisanya memiliki kulit yang sangat sensitif. Mengetahui apa jenis kulit wajahmu memang sangat penting, karena salah menggunakan produk perawatan kulit justru bisa membuat kulit wajah kamu iritasi. 

Perawatan Wajah Sehari-Hari Tanpa Ribet

Dari semua jenis kulit wajah yang ada, kulit sensitif perlu mendapatkan perhatian lebih. Tidak heran, jika pemilik kulit wajah sensitif cenderung melakukan perawatan dari ahli kecantikan. Ini tidak salah, karena menghindari terjadinya iritasi akibat menggunakan produk atau melakukan cara perawatan wajah sehari-hari yang kurang tepat. 

Baca juga: Rawat Kulit dengan Memilih Sabun yang Sesuai Jenis Kulit

Jika kamu termasuk pemilik kulit sensitif, tidak ada salahnya untuk bertanya dahulu pada dokter kulit mengenai perawatan wajah. Menggunakan bahan alami memang lebih baik, tetapi tidak semua cocok untuk jenis kulit. Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter yang ada di aplikasi Halodoc atau langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat.

Sebenarnya, melakukan perawatan wajah sehari-hari itu tidak ribet, kok. Kamu hanya perlu meluangkan sedikit waktu, dan tentu saja, rutin melakukannya. Coba cara ini, dijamin bikin wajah selalu cerah berseri tanpa ribet!

  • Cuci Muka dengan Benar

Ketika kamu memakai make up, semua pulasan harus sepenuhnya bersih dari muka. Bukan tanpa alasan, ini membantu pori-pori wajah terbuka dan memungkinkan kulit untuk bernapas, sehingga jerawat tidak bermunculan. Belum lagi ditambah dengan debu dan kotoran yang menempel di muka ketika kamu beraktivitas di luar ruangan. Supaya lebih aman, coba kenakan masker untuk melindungi kulit wajahmu. 

Baca juga: 6 Tips Perawatan untuk Kulit Wajah Kombinasi

Cuci muka dengan menggunakan produk pembersih yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kamu, ya! Jangan terlalu sering, sehari dua kali sudah cukup, kok, supaya kulit wajah kamu tidak kering. Lalu, keringkan dengan handuk yang lembut secara perlahan. Jangan lupa, sebelum cuci muka, pastikan tangan kamu sudah dalam keadaan bersih, ya!

  • Kombinasi Pelembap, Toner, dan Serum

Kalau kulit masih terasa lembap, lanjutkan perawatan wajah dengan menggunakan toner. Ingat usahakan jangan menggunakan toner yang memiliki kandungan alkohol. Lalu, sapukan serum wajah untuk mempercepat proses regenerasi kulit, mencerahkan kulit sekaligus mencegah munculnya kerutan di wajah. Terakhir, gunakan pelembap. Lagi-lagi, pastikan semua produk ini sesuai dengan jenis kulit wajahmu. 

  • Tabir Surya

Tabir surya memiliki peran utama untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang kian lama kian tidak bersahabat. Paparannya bisa membuat kulit wajah mudah keriput, muncul garis halus serta bintik hitam. Tabir surya bisa kamu pakai setelah mengenakan pelembap, usap secara merata hingga ke leher. Setelahnya, aplikasikan lagi sesuai dengan kebutuhan. 

Baca juga: 7 Minyak Alami untuk Melembapkan Berbagai Tipe Kulit

Supaya perawatan wajah sehari-hari yang kamu lakukan memberikan hasil yang lebih sempurna, hindari kebiasaan buruk seperti minum alkohol atau merokok. Jangan pula begadang untuk aktivitas yang tidak perlu, ya! Hidup sehat itu awal mula dari kulit wajah sehat, kok!



Referensi: 
Healthy Women. Diakses pada 2019. Healthy Skin Do’s and Dont’s.
Healthline. Diakses pada 2019. Skin Types Care.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Skin Care.