31 August 2018

6 Tips Perawatan untuk Kulit Wajah Kombinasi

perawatan untuk kulit wajah kombinasi

Halodoc, Jakarta – Kulit wajah tiap orang berbeda-beda jenisnya. Selain jenis kulit kering dan berminyak, ada juga jenis kulit kombinasi yang merupakan gabungan dari kedua jenis kulit tersebut. Punya kulit wajah kombinasi memang bikin serba salah. Terkadang wajah terasa berminyak, namun juga kering di saat yang bersamaan. Menurut beberapa penelitian, jenis kulit wajah kombinasi justru paling umum dimiliki oleh banyak orang. Buat kamu yang punya jenis kulit wajah kombinasi, berikut tips perawatannya.

1. Pilih Pelembab Khusus Kulit Kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi biasanya memiliki ciri-ciri berminyak di bagian T-zone, sedangkan pada bagian pipi terasa kering. Itulah mengapa kebanyakan orang yang punya jenis kulit ini seringkali bingung ketika memilih pelembab. Pasalnya, pelembab biasanya akan membuat bagian T-zone terasa semakin berminyak, namun dapat melembabkan bagian pipi. Namun kini, beberapa produk kecantikan sudah menyediakan dua jenis produk untuk kulit kombinasi, yang terdiri dari mattifying moisturizer untuk T-zone dan hydrating moisturizer untuk area pipi. Dengan demikian, masalah di masing-masing bagian wajah tersebut bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

2. Bersihkan Wajah dengan Sabun yang Lembut

Saat wajah kamu berjerawat, kamu mungkin tergoda untuk menggunakan sabun berbahan salicylic acid dan benzoyl peroxide yang ampuh mengatasi jerawat. Namun, tahukah kamu bahwa kandungan-kandungan tersebut dapat membuat bagian pipimu semakin kering bahkan iritasi. Jadi, hindarilah memakai sabun berbahan kimia yang keras. Sebaiknya pilih sabun wajah berbahan dasar air yang ringan, bisa berupa gel maupun krim selama sabun tersebut efektif membersihkan wajah kamu tanpa menimbulkan iritasi.

3. Cuci Muka dengan Menggunakan Air Hangat

Selain memilih sabun pembersih wajah yang berbahan ringan, kamu yang punya jenis kulit wajah kombinasi juga disarankan untuk menggunakan air hangat yang tidak terlalu panas ketika mencuci muka. Air hangat bisa menghilangkan minyak alami yang ada di kulit wajah, sehingga area T-zone tidak akan terlalu berminyak. Namun, setelah itu, aplikasikan serum agar kelembaban kulit tetap terjaga ya, khususnya di bagian pipi.

4. Gunakan Toner

Kamu yang punya jenis kulit kombinasi wajib memasukkan toner ke dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Hal ini karena toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit di beberapa bagian wajah yang cenderung berbeda, serta membantu mengecilkan pori-pori yang terbuka lebar. Tapi ingat, pastikan toner yang kamu gunakan bebas alkohol dan tidak membuat kulitmu kering atau memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan minyak berlebih. Gunakan toner setelah kamu mencuci wajah.

5. Melakukan Ekfoliasi adalah Kuncinya

Apapun jenis kulit wajahmu, kamu tetap perlu melakukan eksfoliasi, karena tahapan perawatan ini adalah kunci untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Apalagi bagi kamu yang punya jenis kulit wajah kombinasi. Dengan melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori bisa dihilangkan, sehingga kulit dapat menyerap semua kebaikan produk perawatan yang kamu gunakan secara optimal.

Mel Adams dari Gene Juarez Salon & Spa juga mengungkapkan betapa pentingnya tahapan eksfoliasi karena pipi orang berjenis kulit kombinasi sering terlihat kering dan pecah-pecah namun mereka juga sering berjerawat dan bruntusan. Eksfoliasi dapat membantu kulit dengan masalah tersebut terlihat lebih lembut serta membantu mencegah timbulnya jerawat. Agar kulit bagian pipi yang kering tidak iritasi, lakukanlah eksfoliasi seminggu dua kali.

6. Tetap Gunakan Tabir Surya

Walaupun kulit wajahmu terkadang terasa berminyak, namun menggunakan tabir surya setiap kali kamu akan beraktivitas keluar rumah tetap penting. Kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya non-comedogenic yang tidak akan membuat area T-zone wajah kamu beruntusan.

Itulah beberapa tips perawatan bagi kamu yang punya kulit wajah kombinasi. Bila kulit wajahmu bermasalah atau timbul iritasi bahkan mengelupas, coba tanyakan pada dokter kulit lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: