24 April 2018

Tips Memilih Produk Kecantikan Sesuai Jenis Kulit

Tips Memilih Produk Kecantikan Sesuai Jenis Kulit

Halodoc, Jakarta – Paparan polusi, usia, dan jenis kulit tertentu membuat kita mau tak mau menggunakan produk kecantikan untuk menjaga kesehatannya. Ternyata menggunakan produk kecantikan saja tidak menjamin kalau kulit akan menjadi lebih sehat. Karena efektivitasnya tergantung apakah kamu menggunakan produk kecantikan yang sesuai jenis kulitmu atau tidak.

Kalau selama ini kamu merasa sudah menggunakan produk kecantikan yang tepat. Coba deh cek di sini untuk mengetahui apakah produk kecantikan yang kamu gunakan sudah sesuai atau tidak. (Baca juga: Seperti Ini Prosedur Operasi Plastik di Wajah)

  1. Kulit Iritasi dan Memerah

Kalau kulit kamu mengalami iritasi dan memerah, ini bisa menjadi tanda kalau produk kecantikan yang kamu gunakan tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Pada beberapa kasus, kulit mungkin butuh penyesuaian. Tetapi biasanya tidak sampai memakan waktu lama. Kalau sampai seminggu kulitmu semakin meradang, sebaiknya langsung hentikan penggunaan produk tersebut.

  1. Gatal-gatal

Salah satu tanda lainnya kalau kamu menggunakan produk kecantikan yang tidak sesuai adalah timbul gatal-gatal setelah pengaplikasian produk tersebut. Seharusnya sih, produk kecantikan yang tepat membuat kulitmu merasa lebih baik, nyaman, dan aman saat diaplikasikan di kulit. Kalau kamu justru tidak nyaman dan bahkan timbul rasa gata, bisa dipastikan kalau produk kecantikan tersebut tidak sesuai dengan jenis kulitmu.

  1. Tidak Ada Perubahan

Untuk mengetahui apakah produk yang kamu gunakan sudah tepat atau belum, tidak ada salahnya kamu melakukan selfie sebelum mengaplikasikan produk kecantikan tersebut. Kemudian setelah 10 hari, coba kamu selfie kembali dan bandingkan foto pertama dan kedua, apakah ada perubahan atau tidak. Kalau tidak ada perubahan itu artinya produk tersebut tidak memberikan hasil apa-apa untuk kulitmu.

 

Tips Memilih Produk Kecantikan

Kenapa harus sesuai dengan jenis kulit? Karena tidak semua produk kecantikan bisa diaplikasikan ke semua jenis kulit. Jangan pernah membeli produk kecantikan tanpa mengetahui ulasan produk tersebut. Kemudian ketahui kandungan bahannya apakah ada yang berbahaya atau tidak sesuai dengan jenis kulitmu.

Butuh pilihan yang tepat supaya hasil produk kecantikan di kulitmu bisa maksimal. Bayangkan kalau tipe kulitmu kering, tapi kamu menggunakan produk untuk kulit berminyak. Bukan malah bagus, bisa jadi kulitmu berevolusi menjadi kulit kombinasi, separuh kering dan separuh berminyak.

Jika kamu mempunyai kulit normal, bukan berarti tidak butuh perawatan. Kamu butuh produk kecantikan dengan bahan-bahan seimbang yang mengembalikan kelembapan alami kulitmu. Untuk kulit kering, kamu butuh pH seimbang dan produk kecantikan yang mengandung bahan alami untuk meminimalisir penuaan dini. Hindari juga produk kecantikan berbahan alkohol supaya kulitmu tidak semakin kering.

Untuk pemilik kulit kombinasi, kamu butuh produk kecantikan berbahan gel atau krim. Hindari juga sabun batangan yang akan membuat kulit kering kombinasimu semakin parah. Gunakan produk cleanser yang dapat menyerap minyak sekaligus menghidrasi kulit. Sedangkan untuk kulit berminyak, carilah produk kecantikan yang dapat meresap tanpa memberikan kesan kilau. Mengaplikasikan pelembab di pagi hari dapat mengurangi produksi kadar minyak seharian.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai tips memilih produk kecantikan sesuai dengan jenis kulit, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu hamil. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.