4 Cara Agar Mental Sehat dan Hidup Lebih Lama

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
4 Cara Agar Mental Sehat dan Hidup Lebih Lama

Halodoc, Jakarta – Saat ini, tuntutan hidup yang cukup banyak dapat menyebabkan tekanan pada mental yang mengakibatkan seseorang mengalami stres. Stres yang tidak segera diatasi dapat sebabkan seseorang alami gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah depresi.

Baca juga: 5 Tips Tingkatkan Kesehatan Mental di 2019

Depresi dapat mengakibatkan kesehatan fisik seseorang menjadi tidak stabil. Padahal kesehatan mental berkaitan dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental yang optimal membuat seseorang terhindar dari berbagai gangguan kesehatan fisik dan membuat seseorang bisa hidup lebih panjang. 

Lakukan beberapa cara sederhana agar kesehatan mental tetap terjaga. Tidak ada salahnya juga untuk bertanya langsung pada psikolog apabila kamu ingin tahu tentang pentingnya menjaga kesehatan mental. Kini kamu bisa bertanya langsung kapan saja dan di mana saja, caranya melalui aplikasi Halodoc.

Ingat, hidup yang bahagia dan sehat adalah kunci seseorang dapat menikmati hidup dengan tenang. Selain itu, rasa bahagia juga dapat membuat kamu hidup lebih lama.

1. Konsumsi Makanan Sehat Cegah Gangguan Kesehatan

Sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan yang dikonsumsi menentukan kesehatan kamu ke depannya. Sebaiknya perhatikan nutrisi dan gizi dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya agar kebutuhan nutrisi dan gizi selalu terpenuhi dengan baik. Pastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi gizi dan nutrisi yang seimbang. Hindari kondisi obesitas dengan memerhatikan porsi makan yang dikonsumsi. Memiliki berat badan yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis. Tidak ada salahnya untuk bijak dalam mengonsumsi makanan sehari-hari.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stress

2. Jangan Malas Olahraga

Rutin berolahraga membuat tubuh berusaha untuk membakar kalori yang mengendap dan membuat aliran darah pada tubuh menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, oksigen semakin lancar mengalir dalam tubuh yang membuat organ dalam tubuh dapat berfungsi lebih optimal. Selain itu, tubuh akan terasa lebih bugar.

Tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, rutin berolahraga membantu untuk melepaskan rasa stres. Ketika kamu melakukan olahraga, dalam tubuh akan melepaskan hormon serotonin dan endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia dalam tubuh.

3. Konsumsi Air Putih Cukup 

Tidak hanya olahraga, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari berbagai gangguan penyakit dalam tubuh, salah satunya memenuhi kebutuhan air putih dalam tubuh. Idealnya, dalam satu hari tubuh memerlukan minimal 8 gelas sehari. Hal ini karena 60 persen komposisi tubuh adalah air yang dapat berkurang melalui urine, air keringat, dan setiap kamu bernapas. Memenuhi asupan cairan setiap harinya cara yang paling ampuh untuk menghindari kamu dari kondisi dehidrasi. Seseorang yang alami dehidrasi dapat mengakibatkan gangguan penyakit yang meningkatkan risiko kematian.

Baca juga: 5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

4. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, jangan lupakan untuk penuhi kebutuhan istirahat tubuh kamu sehari-hari. Tubuh yang memiliki waktu istirahat yang cukup nyatanya menjadi pondasi utama untuk memiliki kesehatan fisik dan kesehatan mental yang optimal. Memiliki waktu istirahat yang cukup dapat menghindarkan kamu dari gangguan kesehatan mental.

Ketahui bahwa kurang waktu tidur atau istirahat dapat sebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari hilangnya nafsu makan, perubahan suasana hati yang begitu cepat hingga berkurangnya kekebalan tubuh seseorang. Jadi, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan istirahat mulai dari sekarang!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Healthy Living: Steps to Take Stock of You Health
Healthfully. Diakses pada 2019. How to Improve Yourself Mentally and Physically