5 Tips Tingkatkan Kesehatan Mental di 2019

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
pentingnya kesehatan mental

Halodoc, Jakarta - Saat memasuki tahun baru, mungkin kamu sering membuat resolusi yang berfokus pada kesehatan fisik. Namun, bagaimana kalau kamu juga berfokus pada kesehatan mental di tahun 2019? Di zaman sekarang, banyak faktor yang bisa membuat seseorang mengabaikan kesehatan mentalnya. Mulai dari lingkungan kerja, lingkungan pertemanan, hingga media sosial. Seolah mereka membawa “racun” yang mengganggu kesehatan mental.

Sementara itu, umumnya orang-orang justru sering mengabaikan kesehatan mentalnya. Sebagian ada yang disebabkan oleh stigma terhadap mereka yang menghadapi penyakit mental. Padahal, kesejahteraan emosional adalah prioritas bagi semua orang. Selain itu, 1 dari 4 orang secara global akan mengalami masalah kesehatan mental di beberapa titik dalam hidupnya.

Jika kamu mengalami masalah seperti kecemasan atau depresi, kamu masih bisa menjadikan 2019 sebagai tahun terbaik dengan berfokus pada kesejahteraan mental. Kesehatan mental memengaruhi cara kamu berpikir, merasakan, dan bertindak setiap hari. Terlebih lagi, kesehatan mental juga memengaruhi cara kamu menangani stres, membuat keputusan, dan terhubung dengan orang lain. Berikut beberapa cara mudah untuk menyehatkan mental yang bisa kamu tambahkan pada resolusi 2019:

  1. Diskusikan dengan Dokter Ahli

Langkah awal dari setiap transformasi kesehatan adalah berkonsultasi dengan tenaga ahli mengenai langkah yang tepat untuk diambil. Dokter ahli atau spesialis dapat menawarkan skrining depresi (pada kenyataanya, beberapa bahkan merekomendasikan bahwa mereka harus menjadi persyaratan) dan konsultasi kesehatan mental. Setelah itu, dokter akan menyesuaikan pengobatan dengan kebutuhan spesifik kamu.

  1. Berlatih Bersyukur

Hidup akan terasa lebih baik ketika kamu mengakui sisi baiknya. Penelitian menunjukkan bahwa mengekspresikan apa yang kamu syukuri akan meningkatkan kesehatan mental kamu.

  1. Meditasi

Meditasi bukan lagi cara yang terlalu menakutkan untuk dicoba. Praktik ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari konsentrasi yang lebih baik, hingga peningkatan kesehatan mental. Terdapat beberapa metode meditasi yang menawarkan berbagai tingkat investasi. Coba sediakan waktu lima menit untuk meditasi ketika kamu bangun atau sebelum kamu pergi tidur. Kamu akan memulai atau mengakhiri hari kamu dengan positif.

  1. Menulis Jurnal

Menulis di atas kertas atau buku bisa menjadi pengalaman yang membebaskan pikiran. Cobalah membuat jurnal atau bahkan hanya menuliskan kegelisahaan kamu dan melemparkannya ke tempat sampah. Sebuah studi menemukan bahwa menulis apa yang membuat kamu stres dan kemudian membuangnya secara fisik dapat membantu menjernihkan pikiran kamu. Para ahli juga menyarankan untuk menulis ketika kekhawatiran telah membuat kamu terjaga di malam hari.

  1. Berolahraga Setidaknya Beberapa Kali Seminggu

Harus diakui bahwa endorfin itu sangat bermanfaat. Saat kamu berolahraga, otak kamu melepaskan zat kimia perasaan dan memberi kamu dorongan suasana hati yang instan. Selain itu, cobalah untuk berolahraga di luar ruangan. Berjalan kaki di alam dapat membantu meringankan gejala depresi.

  1. Traveling

Terkadang perubahan mental dan suasana hati juga melibatkan perubahan pemandangan. Banyak orang yang merasakan bahwa keinginan traveling telah mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. Merencanakan liburan dapat meningkatkan kebahagiaan kamu secara menyeluruh saat kamu mengantisipasi perjalanan kamu. Kalau kamu mencari rekomendasi tempat traveling, tempat dengan adanya elemen air mungkin merupakan tempat yang baik untuk memulai. Berada di dekat lautan dapat membuat kamu lebih tenang.

Itulah beberapa beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan mental yang dapat kamu jadikan resolusi di tahun 2019 ini. Jika kamu menginginkan saran dari spesialis, kamu juga bisa berdiskusi pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!