31 July 2018

6 Manfaat Olahraga Bersama Pasangan

manfaat olahraga bersama pasangan

Halodoc, Jakarta – Bila sedang jatuh cinta, melakukan kegiatan apa saja pasti jadi lebih menyenangkan bila dilakukan bersama pasangan. Namun, jangan hanya mengisi waktu kencan dengan nonton film dan makan malam romantis saja. Ada banyak hal positif lain yang bisa kamu lakukan bersama pasangan, salah satunya berolahraga. Selain bisa menambah keharmonisan hubungan, berolahraga bersama pasangan juga dipercaya bisa memberi hasil yang lebih maksimal lho. Ini manfaat olahraga bersama pasangan.

1. Bikin Semakin Jatuh Cinta

Melakukan kegiatan yang itu-itu saja selain membuat hubungan jadi membosankan, kamu dan pasangan juga bisa kehilangan ketertarikan satu sama lain. Nah, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa pasangan yang terlibat dalam kegiatan dengan tantangan yang menarik akan merasakan hubungan yang membahagiakan dibanding pasangan yang melakukan kegiatan membosankan.

Jadi, dengan berolahraga, kamu dan pasangan enggak hanya akan terhindar dari rasa bosan, tapi sebaliknya, kalian berdua akan semakin merasa tertarik satu sama lain. Coba deh buktikan manfaat yang satu ini dengan lari pagi bersama.  

2. Semangat Berolahraga

Kalau kamu selama ini jarang berolahraga karena malas, ajak saja pasangan kamu untuk menemanimu berolahraga. Dijamin kamu pasti akan lebih bersemangat berolahraga. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian di Universitas California Selatan yang melibatkan 117 pasangan. Hasilnya, kebanyakan orang lebih menikmati olahraga bila dilakukan bersama pasangan.

Baca juga: 6 Cara Biar Enggak Malas Berolahraga

3. Bisa Sama-sama Merasakan Manfaatnya

Dengan berolahraga bersama, kamu dan pasangan bisa sama-sama merasakan banyak manfaat baik, antara lain tubuh jadi lebih bugar, stamina meningkat, tidak mudah sakit, dan yang paling penting, menjaga berat badan tetap ideal. Sebuah penelitian di jurnal JAMA Internal Medicine yang melibatkan 3700 pasangan menemukan bahwa pasangan yang berolahraga bersama akan lebih mudah menurunkan berat badannya dan merasa lebih energik dibanding orang yang melakukan olahraga sendirian. Baca juga: Pasangan sedang Diet? Dukung dengan 6 Cara Ini

4. Kehidupan Seks Lebih Bergairah

Enggak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, olahraga juga berperan besar dalam meningkatkan kualitas kehidupan seks kamu dan pasangan. Kegiatan fisik ini bisa meningkatkan peredaran darah, memperkuat stamina, serta melepaskan hormon oksitosin yang membuat kamu lebih rileks dan merasa bergairah. Jadi, jangan malas berolahraga ya agar kamu dan pasangan bisa tetap hot di atas ranjang. Baca juga: Rajin Berolahraga bisa Tingkatkan Gairah Seksual

5. Meningkatkan Performa Olahraga

Adanya pasangan yang ikut berolahraga bersama juga mempengaruhi performa olahraga kamu, lho. Hal tersebut diungkapkan oleh Psychology Today. Jadi, kamu enggak perlu menyewa personal trainer lagi, kamu bisa meminta pasangan untuk membantu “mengawasi” kamu berolahraga. Misalnya, waktu kamu sedang berlatih angkat beban, kamu mungkin ingin berhenti di hitungan ke 10. Namun, dengan adanya pasangan yang menyemangati, kamu mungkin masih mampu melalui hitungan ke 11, 12, dan seterusnya.

6. Meningkatkan Kemesraan

Siapa bilang olahraga bukan kegiatan yang mesra untuk dilakukan bersama pasangan? Melakukan sit-up dengan posisi berhadap-hadapan atau mirror push up, yaitu gerakan push up dimana pria berada di bawah menopang tubuh wanitanya yang berada di atas, juga bisa menimbulkan getaran cinta, lho. Jadi, sering-seringlah berolahraga bersama, ya.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Gunakan saja aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.