27 June 2018

Sinusitis Bikin Kepala Pusing? Atasi dengan Cara Ini

cara mengatasi sinusitis

Halodoc, Jakarta – Gejala yang ditimbulkan sinusitis enggak hanya menyoal hidung tersumbat, hilangnya indra penciuman, atau nyeri pada bagian wajah saja. Penyakit ini juga bisa bikin kepala pusing sehingga dapat mengganggu aktivitasmu, lho.

Sinusitis sendiri disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kira-kira kenapa ya disebut sinusitis? Nah, di belakang dinding tulang pipi dan dahi terdapat rongga yang berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembapan udara sebelum masuk ke dalam paru. Rongga inilah yang disebut dengan rongga sinus.

Kata ahli, biang keladi dari sinusitis pada orang dewasa disebabkan oleh pembengkakan dinding dalam hidung. Pembengkakan ini sendiri sering kali disebabkan virus flu atau pilek yang kemudian disebabkan sinus dari saluran pernapasan atas. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi sinusitis yang bikin kepala pusing?

Konsumsi Obat hingga Operasi

Sebenarnya kasus yang disebabkan oleh virus bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu menemui dokter. Untuk sinusitis sendiri, setidaknya butuh waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk sembuh sepenuhnya. Andaikan kamu mengidap sinusitis ringan, kamu bisa kok mengonsumsi obat pereda rasa sakit dan dekongestan (obat yang menyusutkan selaput hidung yang bengkak) untuk membantu mengurangi gejalanya.

Baca juga: 7 Gangguan Hidung yang Perlu Kamu Ketahui

Namun, bila gejalanya tak kunjung membaik setelah seminggu pengobatan, cobalah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ketika sinustiis semakin parah, enggak menutup kemungkinan kamu akan membutuhkan tindakan operasi untuk meningkatkan fungsi sinus. Kata ahli, tindakan operasi ini hanya akan direkomendasikan bila pengobatan sinusitis gagal memberikan hasil.

Atasi Lewat Cara Alami

Mengatasi gejala sinusitis ringan enggak harus melulu lewat obat-obatan kok. Sebab ada berbagai cara alami yang bisa meredakan gejala sinusitis yang bikin kepala pusing. Nah, berikut beberapa tips menurut ahli seperti dilansir Shape.

1.Konsumsi Makanan Panas

Selain meredakan flu, sup ayam juga bisa meredakan gejala sinusitis. Enggak percaya? Menurut sebuah penelitian dari AS yang dipublikasi di Chest Journal mengatakan, sup ayam mengandung mekanisme antiinflamasi yang bisa memperbaiki kondisi infeksi saluran pernapasan bagian atas.  Kata ahli, makanan panas yang berbasis cairan ini bisa membantu untuk menurunkan jumlah lendir sehingga melegakan tenggorokan.

Baca juga: Musim Hujan Ketahui Penyebab Hidung Meler

2. Jagalah Kebersihan Tangan

Kebiasaan mencuci tangan sering dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal, ketika kamu menyentuh wajah di saat kondisi tangan kotor, hal itu justru akan membuat sinusitis semakin parah. Oleh sebab itu, sering-seringlah mencuci tangan dan menjaga kebersihan lainnya untuk melindungi sinus kamu.

3. Pebanyak Air Putih

Selama sinusitis jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Cobalah untuk perbanyak asupan air putih, sebab hal ini bisa membuat bagian dalam hidung menjadi lebih lembap sehingga tak terlalu kering. Selain itu, cobalah untuk hindari minuman mengandung kafein dan alkohol. Pasalnya, kedua minuman itu hanya akan memperburuk kondisi sinus kamu.

4. Hindari Alergen Penyebab Sinus

Andaikan sinus ini disebabkan oleh alergen, cobalah cari penyebab alergi di sekitar lingkungan rumahmu. Misalnya, mengecek tempat tidur atau tidak mengajak hewan peliharaan untuk tidur bersama. Selain itu, coba pula cek debu-debu yang ada di karpet. Untuk mencegah alergen masuk ke saluran pernapasan, kamu bisa kok menggunakan masker untuk menyaring udara di sekitarmu.

Baca juga: 5 Langkah Mencegah Penurunan Kemampuan Indra Penciuman

Punya masalah dengan sinusitis dan ingin berdiskusi dengan dokter? Kamu bisa lo mendiskusikan masalah tersebut dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!