4 Kebiasaan saat Puasa yang Bisa Bikin Gemuk

4 Kebiasaan saat Puasa yang Bisa Bikin Gemuk

Halodoc, Jakarta - Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh setiap muslim. Pasalnya, bulan tersebut adalah momen yang tepat untuk berburu pahala. Pada bulan tersebut, setiap muslim diwajibkan untuk berpuasa dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam. Saat bulan puasa, tidak sedikit orang yang mempunyai tujuan untuk menurunkan berat badan.

Walau begitu, puasa juga dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih gemuk. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya aktivitas, karena selalu mengeluhkan tubuh yang menjadi lemas. Selain itu, pola makan yang dilakukan ketika berbuka puasa juga sangat berpengaruh ketika seseorang menginginkan untuk menurunkan berat badan, alih-alih berat badannya malah bertambah.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Puasa

Alasan Seseorang Menjadi Lebih Gemuk saat Puasa

Meskipun puasa adalah suatu kegiatan yang dilakukan menahan makan dan minum, ternyata hal tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih gemuk. Berikut adalah beberapa alasan apabila seseorang bertambah gemuk ketika puasa adalah:

  1. Terlalu Banyak Makan Gula

Salah satu terlalu banyak makan gula saat berbuka puasa dapat membuat seseorang lebih gemuk yang merupakan penyebab utama obesitas, diabetes, dan gangguan lainnya. Semakin sedikit gula yang dikonsumsi, maka semakin baik. Namun, hal tersebut akan berdampak buruk bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Ketika kamu banyak mengonsumsi gula, tubuh akan mengeluarkan insulin, yaitu hormon yang menyebabkan lemak disimpan. Kadar insulin sebagian besar ditentukan oleh berapa banyak karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Ketika kamu mengonsumsi makanan manis, insulin akan meningkat dan akibatnya menyimpan lebih banyak lemak.

  1. Kurang Mengonsumsi Makanan Probiotik atau Prebiotik

Tubuh harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik atau prebiotik untuk mencerna makanan dan melindungi kamu dari bakteri, jamur, dan virus yang dapat membahayakan tubuh. Mikroba tersebut juga sangat memengaruhi kecenderungan terhadap pertambahan berat badan. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan probiotik atau prebiotik dapat menjaga kesehatan usus, sehingga mudah untuk mencerna makan gula yang tinggi dan diet terhadap karbohidrat.

Beberapa makanan terbaik untuk usus untuk menyehatkan, yaitu:

  • Sayuran yang segar.

  • Herbal, rempah-rempah, dan teh.

  • Makanan yang mengandung probiotik, seperti yoghurt.

  • Bawang putih dan bawang merah.

  • Minyak kelapa.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Membuat Gemuk

  1. Makan Terlalu Cepat

Saat sahur, kebanyakan orang yang akan berpuasa umumnya makan dengan cepat, karena mengejar batas waktu untuk makan menjelang puasa. Karena hal tersebut, seseorang akan makan dengan berlebihan, sehingga merusak pola diet yang kamu lakukan dan penumpukan makanan yang berlebih. Selain itu, hal tersebut membuat makan terlalu cepat, sehingga tubuh tidak cukup waktu untuk menunjukkan perasaan kenyang.

Hal yang harus kamu lakukan untuk mencegah hal tersebut adalah:

  • Cobalah untuk menelan setiap makanan yang dikunyah sebelum memasukkan lebih banyak makanan ke mulut.

  • Makan berlebihan saat makan adalah salah satu perangkap diet yang dapat terjadi pada bulan Ramadan.

  • Makan kurang dari 1.200 kalori per hari jika ingin menurunkan berat badan.

  1. Porsi makan yang terlalu banyak

Salah satu faktor yang membuat seseorang bertambah gemuk ketika berpuasa adalah ketika porsi makan yang terlalu banyak. Hal yang harus kamu lakukan adalah mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi dalam jumlah yang kecil, serta diisi dengan mengonsumsi makanan tambahan dengan jumlah kalori yang rendah. Cobalah untuk selalu merencanakan menu saat sahur dan berbuka.

Baca Juga: Tidur Siang saat Puasa Bikin Gemuk, Benarkah?

Itulah beberapa hal yang dapat membuat kamu bertambah berat badannya saat puasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal berpuasa, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!