4 Makanan yang Baik untuk Pengidap Tukak Lambung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Makanan yang Baik untuk Pengidap Tukak Lambung

Halodoc, Jakarta - Tukak lambung adalah luka yang terdapat pada lapisan perut akibat asam lambung mulai menggerogoti jaringan yang melapisinya. Infeksi H. pylori atau penggunaan jangka panjang obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen menjadi penyebab umum dari tukak lambung. Pada kondisi ini, pengidap tukak lambung perlu menghindari jenis makanan tertentu agar penyakit tidak memburuk.

Baca Juga: Langkah Penanganan Pertama Ketika Tukak Lambung Menyerang

Pola makan yang tepat dapat meringankan gejala, sehingga pengidap tukak lambung dapat sembuh lebih cepat. Lantas, pola makan seperti apa yang cocok untuk pengidap tukak lambung? Berikut beberapa jenis makanan yang dianjurkan:

1. Makanan yang Mengandung Probiotik

Makanan seperti yogurt, miso, kimchi, dan tempe kaya akan bakteri baik yang disebut probiotik. Jenis makanan tersebut dapat membantu mencegah infeksi H. pylori, sehingga luka bisa sembuh lebih cepat.

2. Makanan Kaya Serat

Apel, pir, oatmeal, dan makanan lain yang tinggi serat bagus untuk pengidap tukak lambung. Serat dapat menurunkan jumlah asam di perut sembari mengurangi rasa kembung dan nyeri. Diet kaya serat juga membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

3. Ubi

Ubi kaya akan vitamin A dan manfaat lainnya, meski dapat menyebabkan perut kembung karena meningkatkan produksi gas usus. Nutrisi yang ada dalam ubi dapat membantu mengurangi nyeri tukak lambung. Makanan tinggi vitamin A lain yang dianjurkan dikonsumsi adalah bayam, wortel, blewah, dan hati sapi.

4. Paprika Merah

Paprika merah tinggi akan vitamin C yang berguna melindungi lapisan perut dari kondisi tukak lambung. Manfaat vitamin C juga berperan penting dalam penyembuhan luka akibat infeksi tukak lambung. Selain paprika merah, vitamin C juga ditemukan dalam buah jeruk, stroberi, kiwi, dan brokoli.

Baca Juga: Kebiasaan yang Dapat Memperparah Gejala Tukak Lambung

Makanan yang Perlu Dihindari

Beberapa makanan juga perlu dihindari agar tukak lambung tidak memburuk. Berikut di antaranya:

1. Susu

Manfaat susu mungkin lebih dikenal untuk kesehatan tulang, tetapi tidak untuk lambung. Perlu diingat bahwa susu tidak bisa mencegah atau meredakan tukak lambung. Faktanya, susu dapat memperburuk keadaan karena mendorong perut untuk memproduksi asam lebih banyak.

2. Alkohol

Pengidap tukak lambung sebaiknya batasi konsumsi alkohol atau hindari sama sekali. Pasalnya minuman beralkohol bisa mengiritasi lambung dan merusak saluran cerna.

3. Makanan Berlemak

Makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga dapat menyebabkan sakit perut dan kembung. Itu mengapa pengidap tukak lambung perlu menghindari segala macam makanan berlemak agar tukak lambung tidak semakin memburuk.

Baca Juga: Jangan Percaya, Ini Mitos Tentang Tukak Lambung

Jika kamu ingin tahu informasi lain tentang penyakit lambung, diskusikan saja dengan dokter Halodoc.  Fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc memudahkan kamu untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!