20 December 2018

Ketahui 7 Makanan yang Ampuh Usir Perut Kembung

Ketahui 7 Makanan yang Ampuh Usir Perut Kembung

Halodoc, Jakarta - Perut kembung adalah hal yang umum terjadi pada semua orang. Pastinya, perasaan ini akan terasa tidak menyenangkan dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, perut yang kembung akan terlihat seperti membuncit dan merusak penampilan. Ketika perut kembung, umumnya akan terasa ingin selalu membuang gas yang berada di dalam perut. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara mengobati perut kembung.

Perut kembung disebabkan oleh tubuh terlalu banyak gas, air, dan zat-zat yang sulit dicerna, sehingga perut terasa kembung dan tampak membuncit. Perut kembung dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda, makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, dan sebagainya. Untuk meredakan masalah pada perut tersebut, kamu harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi.

Cara Mengobati Perut Kembung dengan Konsumsi Makanan Ini

Banyak makanan dengan kandungan alami yang dapat mengatasi atau mengobati perut kembung yang terjadi pada tubuh. Lalu, apa saja makanan yang dapat dikonsumsi agar perut kembung teratasi? Berikut adalah daftar-daftarnya:

  1. Jahe

Mengonsumsi minuman yang mengandung jahe dapat menjadi cara ampuh mengobati perut kembung. Jahe adalah salah satu obat herbal yang mempunyai banyak manfaat. Kandungan anti-inflamasi dalam jahe dapat mengatasi perut kembung yang terjadi karena kelebihan gas di dalam tubuh. Kandungan zingibain pada jahe juga dapat membantu tubuh memecah protein yang bertumpuk.

  1. Timun

Cara mengobati perut kembung lainnya adalah dengan mengonsumsi timun. Kandungan quercetin pada timun dapat menjadi antioksidan yang membuat perut kembung kembali normal. Selain itu, kandungan silika, asam kafeat, dan vitamin C dapat mencegah kekurangan cairan pada tubuh. Lebih praktisnya lagi, timun dapat dikonsumsi langsung tanpa tambahan apapun.

  1. Pisang

Mengonsumsi pisang juga dapat menjadi cara ampuh mengobati perut kembung. Kandungan kalium pada pisang dapat mengurangi kembung yang terjadi pada perut. Pisang yang kaya akan kalium dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan sodium dan air. Walau begitu, efek dari kalium tersebut tidak langsung terasa. Perut kembung akan berkurang secara bertahap.

  1. Lemon

Mengonsumsi lemon juga mampu menjadi cara mengobati perut kembung. Lemon dapat membantu tubuh meredakan kembung dan gangguan pada pencernaan. Cairan yang dihasilkan lemon dapat mengatasi dehidrasi yang terjadi, sekaligus dapat membuat saluran pencernaan menjadi lancar. Dengan begitu pun gas, air, atau zat yang tidak dapat diolah tubuh akan dikeluarkan.

  1. Pepaya

Buah pepaya juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengobati perut kembung. Banyak manfaat yang dapat diberikan pada tubuh dengan mengonsumsi pepaya. Pepaya memiliki kandungan yang dapat membantu mengurai protein pada saluran pencernaan. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan zat anti-inflamasi yang mampu mempercepat atasi perut kembung.

  1. Semangka

Buah semangka juga merupakan salah satu makanan yang ampuh mengatasi perut kembung. Buah ini kaya akan kandungan kalium, sama seperti pada pisang. Selain itu, kandungan diuretik pada semangka dapat mendorong tubuh untuk buang air kecil. Hal ini dapat menghilangkan kembung pada perut yang mengganggu. Buah ini juga kaya akan elektrolit yang dapat mencerna banyak zat.

  1. Yoghurt

Kandungan probiotik pada yoghurt adalah salah satu cara mengobati perut kembung. Kandungan tersebut akan mendorong pertumbuhan bakteri baik, sehingga perut kembung pun dapat teratasi. Selain itu, agar perut kembung lebih cepat teratasi, kamu dapat mengonsumsi yogurt dicampur dengan buah-buahan di atas.

Itulah 7 makanan yang ampuh usir perut kembung. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal perut kembung, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, ibu juga dapat membeli obat yang sedang dibutuhkan dan pesanan akan langsung di antar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download segera di Google Play atau App Store!

Baca juga: